Minggu, 17 Feb 2019 19:42
  • Home
  • Ragam
  • Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

Pemprovsu dorong PARFI filmkan budaya dan daerah wisata Sumut

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 23 Jul 2017 19:43
Dok
Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).
Provinsi Sumut yang multi etnis dan beragam adat istiadat menjadi potensi yang besar untuk meningkatkan industri kreatif terutama di bidang perfilman.

Oleh karenanya, dengan keberadaan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Sumut, maka diharapkan Sumut dapat semakin dikenal hingga ke mancanegara melalui karya dan seni peran yang diproduksi.

"Kami yakin Sumut dengan luasan wilayah 70 ribu Km lebih, keindahan alam dan berbagai adat istiadat serta budayanya dapat menjadi sumber inspirasi yang besar bagi PARFI," ujar Plt Sekda Provsu, Ibnu Hutomo saat menghadiri Pelantikan Pengurus Parfi Sumut priode 2016-2021 di gedung Bina Graha, Sabtu malam (22/7).

Turut hadir, Ketua Umum PB PARFI, Febryan Adhitya, Ketua PARFI Sumut, Murniati Huber Tobing, Direktur Badan Otoritas Danau Toba, Bosar Simanjuntak, Wakil Bupati Taput, Mauliate Simorangkir, beserta pengurus dan anggota PARFI Sumut.  

Lebih lanjut dikatakan Ibnu, Pemprovsu berharap agar Parfi Sumut dapat mengembangkan perfilman di Sumut, sehingga Sumut dapat semakin dikenal masyarakat luas hingga ke mancanegara. Apalagi, saat ini Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, tentunya dapat dikembangkan agar Sumut bisa semakin baik dan paten.

"Sumut memiliki objek wisata yang banyak mulai dari pegunungan, kepulauan dan objek wisata yang tersebar di wilayah pantai barat dan timur. Lokasi ini tentunya kita harapkan dapat menjadi lokasi film yang hasilnya pasti bisa sangat hebat," jelas Ibnu.

Tentunya Ibnu juga berharap, dengan kehadiran Parfi Sumut, maka industry perfilman di Sumut akan semakin berkibar. 

"Kita harapkan Parfi Sumut bisa lebih professional, dan Parfi juga sebaiknya dapat menangkal isu-isu negatif. Di mana selama ini kalangan artis akrab dengan narkoba dan lainnya. Kita berharap PARFI Sumut tidak terlihat dengan hal-hal negatif seperti itu," harap Ibnu.

Ketua Umum PB Parfi, Febryan Adhitya mengatakan, pemerintah telah melakukan program film promosi wisata. Diharapkannya, dengan program ini PARFI Sumut dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Dalam film promosi pariwisata ini, ada seni budaya dan kearifan lokal yang kita angkat, karena tujuannya untuk mempromosikan pariwisata daerah dan meningkatkan PAD daerah, maka diharapkan PARFI di daerah bisa berkoordinasi dengan Pemda setempat. Setidaknya untuk membuat filmnya harus berkoordinasi dengan Disdik, Disbudpar. Sebab, kita ingin hasilnya bukan asal membuat film, tapi mampu mengangkat seni budaya daerah," papar Febryan.

Ketua Parfi Sumut, Murniati Huber Tobing mengatakan, pihaknya siap untuk menggali bakat dan meningkatkan kompetensi SDM untuk menunjang kreativitas film di Sumut. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya telah menargetkan akan membuat film layar lebar. Namun, untuk merealisasikan hal itu, diakuinya pihaknya membutuhkan dukungan terutama dari Pemprovsu dan stakeholder lainnya.

"Selama ini kita sudah berupaya untuk mensosialiasikan dan menggali bakat seni peran ini ke sekolah-sekolah SMA, seperti SMA Negeri 1 Medan, SMAN 2 Medan dan SMAN 4 Medan serta SMA Negeri 1 Samosir. Hal ini kami lakukan karena kami menyadari peningkatan industri perfilman harus dimulai terutama dari generasi muda. Namun, kami tidak bisa sendiri melainkan harus didukung oleh pemerintah dan stakeholder juga," papar Murniati. 

Editor: Sam

T#g:artisFilmPARFIPelantikanWisata
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Feb 2019 10:56

    Wabup Deli Serdang Lantik 303 Pejabat Eselon II, III, IV dan Fungsional

    Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars mengambil sumpah/janji melantik dan serah terima 303 jabatan terdiri dari  jabatan pimpinan tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, Kepala UPT Puskesma

  • Minggu, 10 Feb 2019 11:20

    Viu Indonesia Umumkan Dimulainya Viu Pitching Forum 2019; Penayangan Perdana Pemenang 2018 "Knock Out Girl"

    Viu Pitching Forum menunjukkan komitmen Viu terhadap bangsa Indonesia dalam membangun ekosistem yang memberdayakan industri konten guna berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan ekonomi nasiona

  • Jumat, 18 Jan 2019 13:48

    Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe: Saya Titipkan Amanah Masyarakat Desa Tanjung Harapan

    Saudara Kepala Desa yang baru saya lantik, jangan cepat merasa puas dan bangga diri atas apa yang saudara peroleh sekarang, tanda jabatan yang baru saja disematkan tadi mengandung makna yang sangat me

  • Kamis, 10 Jan 2019 12:50

    Wings Air Terbang Perdana Jogja Menuju Majalengka

    Sudah ke Jogjakarta? Dikenal sebagai pendidikan, budaya dan pusat seni, Yogyakarta yang mudah diucapkan 'Jogja' merupakan destinasi istimewa. Berbagai objek wisata mudah dijumpai di kota ini

  • Rabu, 09 Jan 2019 22:09

    Lion Air Ajak Turis Milenial Jelajahi Majalengka Langsung dari Balikpapan

    Wisatawan yang akan mempersiapkan liburan di kawasan domestik, Balikpapan menawarkan pilihan objek tersendiri dan memukau. Bermaskot satwa langka yaitu beruang madu, salah satu kota di Kalimantan Timu

  • Sabtu, 22 Des 2018 20:22

    Thai Lion Air Resmikan Penerbangan Langsung Bangkok ke Bali

    Liburan ke luar negeri, Thailand masih menjadi primadona bagi wisatawan Indonesia, karena tetap menyimpan berbagai jenis tourism.

  • Rabu, 19 Des 2018 00:19

    Batik Air Luncurkan Rute Penerbangan Baru Jakarta ke Banyuwangi

    Untuk Pengalaman Menarik yang Semakin Tak Terlupakan

  • Minggu, 16 Des 2018 20:16

    Wings Air Membuka Rute Menakjubkan "Tarakan ke Nunukan"

    Destinasi Baru Bagi Turis Milenial dengan Spot Terbaik di Kaltara

  • Sabtu, 15 Des 2018 16:55

    Bupati Humbahas Resmikan Anjungan Danau Toba di Wisata Sipinsur

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE disaksikan Manager CSR Airnav Indonesia Hermawansyah meresmikan anjungan danau Toba yang berada di objek wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupat

  • Sabtu, 15 Des 2018 16:45

    Bupati Deli Serdang Lantik 7 Kepala Desa Antar Waktu

    Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan melantik 7 Kepala Desa Antar Waktu di Aula Cendana Kantor Bupati, Lubuk Pakam, Jumat (14/12/2018).Ketujuh Kepala Desa Antar Waktu yang dilantik Bupati Deli Serda

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak