Minggu, 13 Jun 2021 04:30
  • Home
  • Ragam
  • Pemprov Terus Dorong Peningkatan Jumlah KLA di Sumut

Pemprov Terus Dorong Peningkatan Jumlah KLA di Sumut

Medan (utamanews.com)
Oleh: Salman
Jumat, 23 Apr 2021 10:23
Diskominfo Sumut/ Fahmi Aulia
Penguatan Jejaring Antar-Lembaga Penyedia Layanan Peningkatan Kukalitas Hidup Anak Kewenangan Provinsi dan Lintas Daerah Kabupaten/Kota Dalam Bentuk Monitoring Hasil Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak Provinsi Sumut Tahun 2021, Kamis (22/04).
Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meneguhkan diri sebagai Provinsi Layak Anak, setelah berhasil meraih penghargaan sebagai Provinsi Penggerak Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019. Antara lain dengan mendorong seluruh kabupaten/kota menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut terus bergerak melakukan penguatan jejaring antarlembaga penyedia layanan, dan peningkatan kualitas hidup anak Kewenangan Provinsi dan Lintas Daerah Kabupaten/Kota dalam bentuk monitoring hasil evaluasi KLA di Provinsi Sumut Tahun 2021.


Acara monitoring dan evaluasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis, di Hotel Grandhika Setiabudi, Jalan Dr Mansyur Medan, Kamis (22/4). Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh perwakilan DInas PPPA dari Kabupaten/Kota se-Sumut.

"Hari ini kita berkumpul dari berbagai pihak yang peduli dan intens kepada layanan terbaik buat anak, para pelaku kebijakan bertemu untuk membahas dan mengupas tuntas segala permasalahan yang ada, demi terlindunginya sang pemilik usia emas untuk menjamin kualitas hidup sesuai yang diharapkan," ujar Nawal, dalam sambutannya.

Nawal mengatakan, program KLA merupakan satu langkah strategis dalam menyediakan ruang bagi anak untuk menikmati dan menjalani fase kehidupanya. Untuk itu pemerintah daerah harus mampu memastikan secara analisa database, sudah sejauh mana tingkat penyediaan layanan pada anak di tingkat rumah tangga.


Kegiatan monitoring ini, lanjut Nawal, dapat dijadikan alat ukur untuk mengetahui tingkat kelemahan dan kekuatan satu program. "Segala daya upaya yang dilakukan harus mencapai tahap maksimal, agar bisa melewati proses verifikasi administrasi oleh tim independen," tambahnya.

Kepala Dinas PPPA Sumut Nurlela mengatakan bahwa acara tersebut juga merupakan pelatihan agar bagaimana kinerja substansi di kabupaten/kota bisa melampaui indikator pencapaian skor, dan juga untuk mengetahui bagaimana komitmen dari tiap tiap kepala daerah untuk mewujudkan KLA.

"Hari ini kita melakukan pelatihan yang dihadiri seluruh kabupaten/kota, yang sudah atau pun belum mencapai skor indikator menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak, dimana saat ini sudah ada 23 kabupaten/kota di Sumut yang sudah mencapai skor 500 untuk meraih KLA," ujarnya.

Untuk mencapai skor tersebut, menurut Nurlela, yang menjadi kendala adalah Sumber Daya Manusia (SDM), dimana acap kali dilakukan pergantian personel yang sudah ikut pelatihan dan mengetahui subtansi apa saja yang dibutuhkan kabupaten/kota tersebut menuju KLA, dan tidak mempersiapkan penerus penggantinya dengan baik.

"Yang sudah dilatih dipindahkan ke dinas lainya, sehingga tidak ada warisan yang meneruskan, padahal kita buat pelatihan bukan sekedar seremonial, hasil dari pelatihan ini juga kita sampaikan kepada masing-masing kepala daerah," tambahnya.
Editor: Herda

T#g:anak
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Jun 2021 00:08

    Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

    Pemprov Sumut berkomitmen dan sangat serius untuk menurunkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Antara lain dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

  • Sabtu, 05 Jun 2021 09:35

    Bobby Berharap Medan Dapat Menjadi Kota Layak Anak tahun 2021

    Tim Verifikasi Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak tahun 2021 di Kota Medan, Jumat (4/6/2021).

  • Jumat, 21 Mei 2021 16:21

    Hilang selama 3 hari, Balita ini ditemukan di semak-semak di Batam

    Setelah anaknya hilang selama tiga hari empat malam, orang tua dari Rasyid membuat Laporan ke Polsek Sagulung. Beruntung akhirnya Balita malang tersebut berhasil ditemukan oleh buruh bangunan bernama Supriyadi di semak-semak pertokoan Cipta Grand City, Ko

  • Minggu, 16 Mei 2021 19:26

    Jaga Kebugaran, Pangdam XII/Tpr Laksanakan Fun Bike

    Mengisi hari libur serta menjaga kebugaran tubuh, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan para pejabat utama serta para goweser dari Tanjungpura Cycling Club (TCC) melaksana

  • Selasa, 20 Apr 2021 16:10

    Satgas Yonif 512 jalin keakraban dengan kunjungi anak-anak di perbatasan Papua

    Agar tercipta keakraban antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat wilayah perbatasan,  Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Karang mengunjungi anak-anak di Kampung Yuwainda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom.

  • Sabtu, 10 Apr 2021 16:30

    Bawa Sabu-Sabu, Anak Usia 17 Tahun Diringkus Polres Pematang Siantar

    Seorang anak yang masih dibawah umur bernama Jago (Nama samaran) (17) warga Narumonda Bawah, diringkus Personil Satresnarkoba Polres Pematang Siantar kedapatan membawa Narkotika jenis sabu-sabu, Kamis

  • Jumat, 02 Apr 2021 00:32

    Pemprov Sumut Tetap Komitmen Dalam Upaya Perlindungan Perempuan dan Anak

    Kemajuan bangsa bergantung pada bagaimana peran pemerintah dalam hal perlindungan perempuan dan anak. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) tetap komitmen dalam upaya perlin

  • Sabtu, 27 Mar 2021 11:47

    Mohon Bantuan, Anak Ini Tersesat, Mengaku Dari Desa Bunga Tanjung, Telawi, Batubara

    Seorang anak berjenis kelamin Pria, yang mengaku berasal dari Kabupaten Batubara, tersesat di Kota Binjai. Menurut pengakuan sang anak, ia bermaksud untuk mencari keluarganya yang ada di Kota Binjai.M

  • Rabu, 24 Mar 2021 08:24

    Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti Hibur Anak-Anak Papua Dengan Atraksi Sulap

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti Pos Koya Kosso menghibur anak-anak di SD Negeri 14 Kampung Koya, Distrik Abepura, Jayapura, Papua, dengan atraksi sulap. Atraksi ini ditampilkan langsung ole

  • Selasa, 16 Mar 2021 13:16

    Prajurit TNI Mengajar Ngaji Anak- Anak Desa Pematang Di Lokasi TMMD 110

    Prajurit satgas TMMD 110 Kodim 0209/LB mengajar ngaji anak-anak di Masjid Al Istqomah Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara, Senin malam (15/03/2021).Kegiatan tersebut sudah ruti

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak