Kamis, 29 Okt 2020 03:23
  • Home
  • Ragam
  • Pemprov Sumut Mulai Renovasi Museum Negeri Sumut

Tingkatkan Kelas dan Kapasitas

Pemprov Sumut Mulai Renovasi Museum Negeri Sumut

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 17 Sep 2020 23:17
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mulai merenovasi Museum Negeri Sumut. Tujuannya untuk meningkatkan fasilitas dan kapasitas museum agar mampu memperlihatkan kepada masyarakat seluruh koleksi yang ada di tempat ini.

Museum Negeri Sumut memiliki lebih kurang 7.000 koleksi terkait sejarah Sumut, namun sebagian besar koleksi tersebut disimpan di dalam gudang karena kurangnya tempat untuk memamerkan koleksi. Padahal menurut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sejarah merupakan bagian penting dalam kemajuan sebuah bangsa.

"Bangsa yang ingin maju itu harus menghargai sejarahnya, kita harus belajar dari sejarah. Bila ada yang salah dari generasi sebelum kita jangan diulang lagi saat ini. Kita juga bisa belajar pengetahuan atau ilmu dari generasi sebelum kita untuk diadopsi dan diimplementasikan di masa sekarang. Jadi, museum ini memiliki posisi penting bagi kemajuan sebuah bangsa sehingga perlu dikembangkan," kata Edy Rahmayadi saat di wawancara usai membuka secara resmi Festival Museum 2020 Sumut di Museum Negeri Sumut, Jalan HM Joni Nomor 51, Kamis (17/9)



Menurut Edy, dari 33 kabupaten/kota ada lima daerah yang tidak memiliki dan tidak peduli dengan museum yang dimilikinya. Dia berharap lima kabupaten/kota tersebut lebih menghargai sejarah demi kemajuan wilayahnya.

"Jangan menganggap ini tidak penting, hargailah sejarah, banyak ilmu dan pengetahuan di sana yang bisa menjadi bekal kita sekarang sesuai dengan tema Festival Museum kali ini Masa Lalu, Masa Kini dan Masa yang akan Datang," terang Edy Rahmayadi.

Edy berharap pembangunan Museum Negeri Sumut bisa cepat selesai sehingga masyarakat merasa nyaman, lebih tertarik untuk datang dan representatif sebagai wajah Sumut. "Ketika orang luar negeri bertanya di mana saya bisa melihat gambaran awal Sumut, saya bingung mau membawanya ke mana. Bila museum ini lengkap, fasilitasnya bagus tentu saya akan ajak dia kemari karena ketika saya berkunjung ke luar negeri saya juga diajak ke museum mereka untuk memberikan gambaran awal masyarakat setempat," pungkas Edy.

Renovasi Museum Negeri Sumut sendiri berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Sumut Ria Telaumbanua akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai berbarengan dengan pembukaan Festival Museum 2020 Sumut dan tahap kedua akan dimulai di awal tahun 2021.



"Karena kita saat ini di situasi wabah Covid-19 maka renovasi dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama tentu kita akan renovasi bagian-bagian yang mampu meningkatkan kapasitas museum dan juga tentu tampilan serta fasilitasnya agar lebih banyak menarik perhatian masyarakat. Tahap kedua nanti kita akan sempurnakan agar museum ini menjadi museum berkelas internasional," terang Ria.

Festival Museum Sumut 2020

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka secara resmi Festival Museum Sumut Tahun 2020. Edy Rahmayadi yang didampingi Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi berharap festival ini bisa menghidupkan gairah masyarakat agar mau mengunjungi museum.

"Melalui festival ini saya harap masyarakat lebih bergairah lagi untuk datang ke museum, lebih mengenal museum dan mau belajar dari sejarah kita di sini," kata Edy Rahmayadi.

Festival Museum Sumut tahun 2020 diselenggarakan berbeda dengan festival sebelumnya. Di buka selama 3 hari (17 September 19 September) festival ini diikuti hanya lima museum yang ada di Sumut. Namun, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Sumut tetap menggelar festival yang baru diselenggaran dua kali ini di tengah wabah Covid-19.

"Wabah Covid-19 memang banyak membatasi even-even yang sudah kita rancang, tetapi kita tetap menyelenggarakan festival ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Kita tentu berharap banyak yang datang ke festival ini, tetapi bila nantinya ada penumpukan massa mau tidak mau kita harus melerainya, bila sudah terlalu ramai kita juga batasi yang masuk," kata Ria.

Selain keikutsertaan 5 museum di Sumut, Festival Museum Sumut 2020 juga menyajikan pameran dari berbagai kelompok dan komunitas seperti Ikatan Perupa Tanah Melayu, Komunitas Peduli Museum dan Sejarah dan Corak Karo. Selain itu juga ada perlombaan mengenai Aksara Batak yang saat ini mulai dilupakan sebagain besar orang di Sumut. "Kami berharap ini mampu meningkatkan informasi dan pengenalan museum kepada masyarakat, terutama terkait kearifan lokal," tambah Ria.

Turut hadir pada pembukaan festival ini Plt Kadis Kominfo Pemprov Sumut Irman Oemar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Rektor UISU Yanhar Jamaluddin, Kepala UPT Museum Negeri Deny Elfriansyah, Forkopimda, tokoh masyarakat, agama dan pegiat budaya serta sejarah.
Editor: Yaya

T#g:MuseumRenovasi
Berita Terkait
  • Selasa, 31 Des 2019 20:31

    Kapusjarah TNI Launching Film Genta "Ayo Ke Museum"

    Kapusjarah TNI Brigjen TNI Prantara Santosa, S.Sos. M.Si. M.Tr.(Han) launching sebuah film berjudul Genta "Ayo Ke Museum", yang merupakan hasil produksi Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusja

  • Kamis, 21 Nov 2019 22:21

    Komandan Kodim 0824 Jember Kunjungi Rutilahu Bersama Konsultan

    Pelaksanaan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Wilayah Koramil 0824/25 Jenggawah, Koramil 0824/23 Wuluhan dan Wilayah Koramil 0824/22 Balung mendapatkan kunjungan Komandan Kodim 0824/Jember

  • Jumat, 21 Sep 2018 07:21

    Taruna Akademi TNI Wajib Ketahui Sejarah Perjuangan Jenderal Soedirman

    Taruna Akademi TNI selaku generasi penerus, wajib melaksanakan kunjungan ke Museum Sasmitaloka agar dapat mengetahui dan belajar tentang sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Demikian

  • Minggu, 29 Jul 2018 15:49

    Pecinta Seni Indonesia Ramai Kunjungi Museum Macan

    Masyarakat masih ramai mengunjungi Museum Macan Modern and Contemporary Art in Nusantara, di AKR Tower Jalan Kebun Jeruk Jakarta Barat yang dibuka dari tanggal 12 Mei sampai dengan 9 September nanti.T

  • Senin, 13 Nov 2017 23:53

    Tengku Erry Minta Museum Negeri Sumut Berbenah

     Gubsu Tengku H T Erry Nuradi meminta Dinas Pariwisata Sumut selaku pengelola Museum Negeri Sumatera Utara melakukan berbagai perubahan dan inovasi. Tujuannya agar museum bisa menjadi salah satu

  • Minggu, 05 Nov 2017 15:05

    Museum Pusaka Nias terbuka gratis peringati HUT ke-22

    Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-22 pada Jumat, 10 November 2017 ini, Museum Pusaka Nias (MPN) akan dibuka secara gratis bagi masyarakat atau pengunjung.Selain buka gratis, pengunjung jug

  • Minggu, 29 Okt 2017 19:09

    Pangkostrad Kunjungi Museum Pusaka Nias

    Pada lawatannya ke Kota Gunung Sitoli, Nias, Pangkostrad Letnan Jenderal Edy Rahmayadi menyempatkan diri untuk mengunjungi Museum Pusaka Nias di jalan Yos Soedarso, Nomor 34 Iraonogeba Sabtu (28/10/20

  • Jumat, 20 Okt 2017 14:30

    HUT Zeni Ke-72, Satgas Garuda Laksanakan Renovasi Markas Tentara Kongo

    Dalam rangka HUT Zeni TNI AD ke-72, Prajurit TNI misi perdamaian PBB yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco (Mission de L'Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en

  • Senin, 28 Agu 2017 11:18

    Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa di Museum Negeri Sumut, 29 Agustus-29 September 2017

    Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara akan menggelar Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa, Semangat Persatuan Rakyat Sumatera Utara dalam mencapai dan mempertahankan Kemerdekaan RI di Sumut dengan tema "

  • Selasa, 16 Des 2014 07:53

    Peringatan Peristiwa 13 Desember dan Peresmian Museum Kota Tebingtinggi

    Tebingtinggi, (Utama News) Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Nyonya Hj Sri Kurnianingsih dan Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar usai pelaksanaan kegiatan upacara bendera

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak