Rabu, 18 Sep 2019 03:07
  • Home
  • Ragam
  • Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

Pemko Medan Gelar Pelatihan Penyusunan SOP-AP

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 20 Agu 2019 06:20
Istimewa
Asiten Umum Setdako Medan Renward Parapat
Dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas apratur, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang semakin baik dan berkualitas, Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD & PSDM) Kota Medan menggelar Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah (SOP-AP) di lingkungan Pemko Medan di Swissbell Inn Hotel Jalan Gajah Mada, Medan, Senin (19/8).

Pelatihan berlangsung selama 5 hari diikuti 60 orang peserta yang dibagi dalam 2 angkatan. Para peserta akan mengikuti pembelajaran  mulai pukul 08.00-17.00 WIB dengan tenaga pengajar dari Kedeputian Kelembagaan dan Tata Laksana Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Regormasi Birokrasi Kemenpan RB) RI serta Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asiten Umum Setdako Medan Renward Parapat yang membuka pelatihan mengatakan, pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai apratur  pemerintah sering dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan, baik yang berdampak positif maupun negatif.

Selain itu imbuh Renward, dinamika dan tuntutan masyarakat yang terus berkembang  khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas, cepat dan tidak berbebelit-belit. "Tuntutan ini mengharuskan kita sebagai apratur pelayan masyarakat harus terus berupaya memperbaiki kompetensi dan kinerja agar semakin baik," kata Renward.


Dikatakan Renward, salah satu kebijakan efektif untuk mendukung hal tersebut dengan membuat standar operasional prosedur (SOP). Dengan adanya SOP, Renward berharap seluruh aparatur pemerintah dapat melaksanakan aktifitas rutinnya secara baik dan terstandar, sehingga menghasilkan output yang optimal serta dapat terhindar dari kesalahan.

Di samping itu terang Renward lagi, bila mengacu pada tujuan reformasi birokrasi, ada 8 area perubahan utama pada instansi pemerintah di pusat dan daerah yang meliputi organisasi, tata laksana, peraturan perundangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, mind set dan culture set.

"Dari 8 area perubahan ini, perubahan ketatalaksanaan menjadi salah satu satu fokus kita pada pelatihan ini yaitu bagaimana suatu business proceas yang diwujudkan dalam bentuk penyusunan dan implementasi SOP," ungkapnya.

Mengingat begitu besarnya manfaat yang diperoleh dalam penyusunan SOP, Renward mengingatkan diperlukannya partisipasi penuh dari seluruh unsur apratur yang ada dalam institusi pemerintah. Sebab, pegawailah yang paling tahu kondisi di lingkungan kerja masing-masing dan yang akan langsung terkena dampak dari perubahan tersebut.


Sekaitan itulah Renward menilai pelatihan ini memiliki arti dan peranan yang sangat penting, sebagai pembekalan pengetahuan bagi seluruh apratur di lingkungan Pemko Medan dalam menyusun dan melaksanakan SOP yang benar.

"Untuk itu saya minta kepada seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sampai selesai. "Manfaatkan kehadiran Nara sumber untuk bertanya seluas-luasnya mengenai proses penyusunan dan implementasinya," pesannya.

Renward selanjutnya berharap agar pelatihan ini dapat menjadi sumber daya manusia yang semakin kompeten, kemudian mampu bekerja dengan benar sesuai dengan peraturan dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik serta berkualitas lagi sebagaimana diharapkan masyarakat.

Sebelumnya Kabid Pengembangan SDM Adrian Saleh dalam laporannya menjelaskan, tujuan pelatihan dilaksanakan guna membantu apratur pemerintah dalam penyusunan dan pembuatan SOP AP secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas pokok serta fungsi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Dalam pelatihan itu, jelas Saleh, para peserta akan diberi pembelajaran sejumlah materi diantaranya kebijakan penyusunan SOp-AP, pedoman penyusunan SOP-AP, jenis-jenis SOP-AP, format umum SOP-Ap, teknik penyusunan SOP-AP serta pemaparan hasil penyusunan SOP-AP.

Editor: Herda

T#g:ASN
Berita Terkait
  • Rabu, 19 Jun 2019 11:29

    Plt. Bupati Labuhanbatu Ingatkan ASN Untuk Meningkatkan Disiplin

    Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe pada upacara Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Diklat BKPP Kabupaten Labuhanbatu, Senin (17/6/2019) mengingatkan para ASN (Aparatur

  • Senin, 10 Jun 2019 16:50

    Apel Hari Pertama Kerja, Plt Bupati Labuhanbatu Ajak ASN Tingkatkan Disiplin

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe mengajak seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk meningkatkan disiplin kerja di tempat

  • Selasa, 26 Mar 2019 16:26

    Jokowi Meresmikan Kenaikan Gaji ASN

    Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali mendapatkan angin segar. Pasalnya, Presiden Jokowi telah resmi menandatangani aturan tentang kenaikan gaji PNS tahun 2019 rata- rata 5 persen. Kenaikan gaji apa

  • Selasa, 19 Feb 2019 06:49

    Terkait Video Asusila NA, Penyidik Masih Mengumpulkan Bukti Tambahan

    Kasus video asusila yang melibatkan oknum PNS di Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, berinisial NA masih dalam tahap proses penyidikan pihak Polres Nias.Kasus asusila tersebut telah

  • Jumat, 25 Jan 2019 10:35

    Melalui PPPK, Kementerian PANRB: Non PNS Bisa Jabat Eselon I

    Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Utama, JPT Madya, dan Jabatan Fungsional (JF) bisa diduduki oleh b

  • Rabu, 16 Jan 2019 17:46

    Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu Dibobol Maling, Pelakunya PNS Satpol PP Masih Bebas Berkeliaran

    Petugas Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) kabupaten Labuhanbatu, diduga melakukan pencurian properti asset rumah dinas Bupati Labuhanbatu non aktif Pango

  • Selasa, 15 Jan 2019 18:05

    Ricuh, Mahasiswa PMII dan Pegawai PU Langkat Nyaris Baku Hantam

    Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Langkat-Binjai mengelar aksi unjuk rasa ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Langkat. Mahasiswa datang berorasi, membawa bend

  • Selasa, 01 Jan 2019 15:31

    Setdakab Labuhanbatu: ASN Agar Meningkatkan Disiplin Kerja dan Keteladanan

    Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM pada upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung, Senin (31/12/2018)

  • Senin, 17 Des 2018 17:07

    Sidak Kantor Dinas, Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe: Disiplin Jadi Tolak Ukur Keberhasilan OPD

    Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi dengan berjalan kaki melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Senin (17/12/18).Dalam s

  • Senin, 12 Nov 2018 11:52

    Plt Bupati Labuhanbatu: Seluruh Kepala OPD agar melakukan penilaian dan prestasi kerja PNS

    Aplikasi E-Lapkin adalah aplikasi yang digunakan untuk menginput laporan kinerja individu tahunan yang dilakukan oleh instansi masing-masing. Untuk melaksanakan hal tersebut, saya minta kepada seluruh

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak