Minggu, 13 Jun 2021 04:12
  • Home
  • Ragam
  • Pasca Teror Bom di Makassar, Bupati dan Wabup Sergai Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan

Pasca Teror Bom di Makassar, Bupati dan Wabup Sergai Ajak Masyarakat Perkuat Persatuan

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Erick Yoma
Minggu, 28 Mar 2021 22:48
Istimewa
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengecam keras aksi bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan Minggu (28/03/2021).

Dalam pernyataannya, Darma Wijaya menyebut tindakan oknum ekstrimis di Makassar tersebut sebagai aksi pengecut dan tidak bermoral.

"Tindakan ini sungguh tidak bertanggungjawab dan merusak karena saat ini Indonesia sedang fokus berjuang melewati tantangan pandemi Covid-19. Kami mengutuk keras apapun motivasi pelakunya", sebut Bupati di sela-sela kegiatannya.

Bukan hanya mengakibatkan korban luka dan kerugian materil, kejadian ini sebut Bupati rawan  memicu terjadinya gesekan horizontal di tengah masyarakat yang majemuk, padahal kondisi kerukunan kelompok-kelompok masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Sergai sudah terjalin baik.


"Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat dapat bergandengan tangan memperkuat toleransi, menjaga kerukunan antar lintas identitas, baik suku, agama, ras dan antargolongan", ucap Bupati.

Sebagai respons kejadian ini, Darma Wijaya menyebut Pemkab Sergai juga akan menjalin koordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam menjaga serta mempertahankan kerukunan di tengah masyarakat. Selain itu deteksi dini terhadap ancaman kelompok ekstrimis dan radikal juga akan selalu ditingkatkan untuk mencegah kejadian yang sama tidak terjadi di bumi Sergai.

Senada dengan Darma Wijaya, Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, menekankan pentingnya literasi dalam menerima informasi yang beredar. Pihaknya pun meminta agar masyarakat jangan terprovokasi informasi yang mungkin saja bersumber dari pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kesempatan untuk memecah belah persatuan.


"Mari kita bijak dalam memilah dan mengkaji informasi yang berseliweran, terutama di media sosial. Kenali sumber terpercaya dan abaikan setiap hasutan yang mencoba memperkeruh suasana. Sergai adalah daerah yang plural dan menjunjung tinggi kebhinekaan", ucapnya.

Aksi teror ini, lanjutnya, jangan sampai merusak hal baik yang sudah terjaga di tengah masyarakat, malah justru ini adalah momentum bagi semua pihak untuk saling menguatkan dan menjaga."Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang, fokus kita adalah untuk memulihkan perekonomian dan kesehatan masyarakat. Kita percaya, aparat keamanan dan pihak terkait akan berusaha keras mencegah hal serupa terulang," tutupnya.

Editor: Donini Ari Rajagukguk

T#g:Bupati Sergaimakassar
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Mei 2021 13:26

    Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Yonmarhanlan VI Laksanakan Latihan Jurit Tangkas

    Prajurit Sarang Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar melaksanakan Latihan Jurit Tangkas Tri Wulan (TW) II Tahun 2021, Selasa (25/05/2021).

  • Senin, 24 Mei 2021 22:34

    Camat dan Sekcam Sipispis Tidak Berada Di Tempat Saat Sidak, Bupati Kecewa

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya lakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Camat Sipispis, Senin (24/5/2021), pukul 10.00 wib. Dalam Sidak tersebut Camat dan Sekcam tidak berada di tempat.

  • Jumat, 14 Mei 2021 09:24

    Kapolda Sulsel Pantau Pengamanan Gereja pada Perayaan Kenaikan Isa Al-Masih

    Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam menyambangi Gereja GPIB Immanuel Makassar Jl. Arief Rate dan Gereja YKI Jl Andalas, Makassar, untuk memantau pengamanan Perayaan Kenaikan Isa Al-Masih, Kamis (13/05/2021).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:44

    Bupati Sergai Lepas Tim Safari Ramadan 1442 Hijriah

    Di penghujung Ramadan 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Safari Ramadan dengan mengunjungi Masjid di 17 kecamatan se-Sergai.

  • Minggu, 02 Mei 2021 23:02

    Pemkab Sergai Ikuti Upacara Hardiknas dan Serahkan Beasiswa Pendidikan

    Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Minggu (02/05/2021), diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dengan mengikuti upacara secara virtual di Aula Sulta

  • Selasa, 20 Apr 2021 15:40

    Lantik 54 Pejabat Administrator, Bupati: Wujudkan Visi Kab. Serdang Bedagai Mandiri, Sejahtera dan Religius

    Mutasi dan rotasi dalam suatu organisasi pemerintahan adalah suatu hal yang lumrah dilaksanakan dan merupakan kebutuhan organisasi sebagai upaya yang dilakukan untuk menempatkan aparatur yang mempunya

  • Senin, 05 Apr 2021 17:35

    Bupati dan Wabup Sergai Tinjau Pelaksanaan Ujian SMP

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya meninjau pelaksanaan ujian bagi siswa/siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara tatap muka (luar jaringan) bertempat di SMPN 1 Sei Rampah, Senin (5/4/2021).

  • Sabtu, 03 Apr 2021 11:03

    Bersama Unsur Forkopimda, Bupati Sergai Tinjau Pelaksanaan Ibadah Jumat Agung Umat Kristiani

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama unsur Forkopimda melakukan peninjaun pelaksanaan Ibadah Jumat Agung Umat Kristiani di beberapa tempat ibadah, Jumat (2/4/2021).

  • Jumat, 02 Apr 2021 19:32

    Tak Hanya Jakarta, Panglima TNI Terbang ke Makassar Untuk Pastikan Paskah 2021 Aman

    "Sebagaimana ditekankan oleh Presiden bahwa tidak ada tempat bagi terorisme di tanah air, sehingga kita harus bahu-membahu untuk memerangi ideologi kekerasan di Indonesia." Hal tersebut diatas di

  • Selasa, 30 Mar 2021 21:10

    Komandan Lanal TBA Laksanakan Courtesy Call Kepada Bupati Serdang Bedagai

    Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan (TBA) Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E. kunjungan kerja ke Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya yang disambut hangat, bertempat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak