Jumat, 03 Jul 2020 20:00
  • Home
  • Ragam
  • Panglima TNI Saksikan Penerjunan Prajurit di Bumi Papua

Panglima TNI Saksikan Penerjunan Prajurit di Bumi Papua

Papua (utamanews.com)
Oleh: Tommy/rls
Sabtu, 30 Nov 2019 03:40
Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyaksikan langsung penerjunan statis yang dilakukan oleh prajurit TNI dengan menggunakan pesawat Hercules dalam rangka melaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Operasi di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua, Jumat (29/11/2019).

Di hadapan awak media, Panglima TNI menyampaikan bahwa aksi penerjunan oleh prajurit merupakan rangkaian Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, karena masing-masing Kotama memiliki rencana-rencana latihan dalam bentuk LKO. "Kenapa  harus ada LKO, karena setiap Kotama memiliki rencana kontinjensi dan LKO digunakan adalah dalam rangka melaksanakan uji Rencana Operasi (RO)," katanya.

Dalam kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasi ini, seluruh peterjun setelah mendarat menggunakan topi sinterklas dan mendekati rakyat serta membagikan topi sinterklas dan hadiah Natal. "Sebentar lagi kita semuanya, khususnya adalah masyarakat yang ada di Papua akan melaksanakan perayaan Natal dan Tahun Baru. Kita bisa saksikan, masyarakat berduyun-duyun menyambut prajurit TNI membagikan hadiah Natal tersebut," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.


Panglima TNI menegaskan bahwa pada dasarnya TNI dan Polri tetap menjaga stabilitas keamanan khususnya saat ini adalah menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru nanti bisa dilaksanakan dengan aman dan damai. "Tugas dari TNI dan Polri adalah memberikan rasa aman," ucapnya.

Panglima TNI menjelaskan bahwa latihan ini dilaksanakan hampir di seluruh Indonesia, dimana beberapa bulan yang lalu TNI juga melaksanakan latihan penerjunan di Jayapura, pada waktu itu adalah konteksnya Latihan PPRC TNI. Kemudian beberapa waktu yang lalu juga melaksanakan penerjunan di Selaru, Morotai dan Timika. "Jadi kegiatan-kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasi dilaksanakan di Kotama di seluruh Indonesia," katanya.

Turut serta menyaksikan penerjunan diantaranya Mendagri Jenderal Pol (Purn) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D, Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si., Kepala BIN Jenderal Pol Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., Pangkoopsau III Marsda TNI Andyawan Martono P., S.I.P., M.Tr.(Han), Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Aslog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI George E. Supit, S.Sos. dan Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, M.A.
Editor: Herda

T#g:PapuaTerjun Payung
Berita Terkait
  • Rabu, 24 Jun 2020 20:24

    Kasdim 0824/Jember Lepas Personel Berangkat Tugas Apter Di Wilayah Papua

    Pasukan Kodim 0824 sebagai bagian dari prajurit TNI memiliki tugas, hak dan kewajiban yang sama sebagai TNI AD, baik dalam pembinaan, pendidikan maupun penugasan, menyesuaikan dengan kebijakan TNI AD.

  • Kamis, 18 Jun 2020 00:58

    DPD Pemuda LIRA Kota Medan Dukung 'Percepatan Pembangunan' Di Papua

    DPD Pemuda LIRA Kota Medan melalui aplikasi Zoom, melaksanakan Webinar dengan tema "Percepatan Pembangunan Papua Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Pembangunan Infrastruktur dan Sumbe

  • Minggu, 17 Mei 2020 18:07

    Kapolda Sumut Hadiri Pemberangkatan TNI Satgas Pemtas RI - PNG di Belawan

    Kapolda Sumut hadiri Upacara Pemberangkatan Satgas Yonif 125/SMB Satgas Pemtas RI - PNG di Sektor Selatan bertempat di Pelabuhan Ujung Baru, Belawan. Minggu (17/05/20) pukul 09.00 WibDalam kesempatan

  • Sabtu, 09 Mei 2020 22:09

    Koramil 1707-17 dan Polsek Bupul Bantu Pengendara Terjebak Banjir di Trans Papua

    Komandan Koramil (Danramil) 1707-17/Elikobel Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Beben Bima Putra S. bersama anggota Koramil 1707-17 dan Polsek Bupul serta masyarakat setempat, membantu pengendara yang terj

  • Jumat, 24 Apr 2020 20:24

    Polsek Medan Baru Bantu Mahasiswa Papua Hadapi Covid-19

    Polsek Medan Baru- Polrestabes Medan, menyalurkan bantuan sosial dalam situasi pandemi Covid-19 kepada mahasiswa Papua, di Asrama Putra Universitas Sumatera Utara (USU), pada Kamis tanggal 24 April 2020.

  • Jumat, 24 Apr 2020 15:34

    Mahasiswa Papua di Medan Apresiasi Kapolda Irjen Martuani Sormin Atas Bantuannya

    Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si., menyalurkan bantuan sosial di situasi pandemik Covid-19 ini kepada keluarga besar Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Sumut, pada Kamis, tanggal

  • Selasa, 21 Apr 2020 16:51

    Ikatan Mahasiswa Papua di Medan Terima Bantuan Tan Wie Long Karnan Yohanis

    Ikatan Mahasiswa Papua di Medan, Sumatera Utara, banyak mengucapkan terima kasih atas bantuan bama (sembako) dari anggota DPR Papua Tan Wie Long Karnan Yohanis, yang diterima pada Selasa, tanggal 21 April 2020.

  • Sabtu, 18 Apr 2020 11:48

    Anggota TNI sekaligus Komite SMKN 2 Jember, Ismianto Peduli Terhadap Pelajar Asal Papua

    Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat sekarang ini mengundang kepedulian dari berbagai pihak, terutama terhadap pelajar dan mahasiswa dari luar kota, dengan adanya prosedur karantina, sebagian dari

  • Senin, 13 Apr 2020 10:23

    Tiga Anak Asuh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Disunat

    Tiga orang anak yatim piatu yang diasuh oleh Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad, dikhitan atau disunat.

  • Kamis, 26 Mar 2020 22:36

    Peduli Mahasiwa Papua, GMKI Medan latih dan berikan handsanitizer serta disinfektan pencegah penularan Corona

    Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) mendapat pelatihan pembuatan handsanitizer dan disinfektan dari GMKI Cabang Medan, Kamis sore (26/3/2020).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak