Rabu, 14 Nov 2018 04:17
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Ragam
  • Pangdam I/BB: Kita adalah Pahlawan Bagi Indonesia

Pangdam I/BB: Kita adalah Pahlawan Bagi Indonesia

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Sabtu, 10 Nov 2018 20:30
Pendam I/BB
Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, menjadi momentum penting dalam upaya menggelorakan semangat bahwa "Kita adalah Pahlawan bagi Indonesia."

Hal ini disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah dalam pidato yang disampaikan Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, bertempat di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018).

Dalam pidatonya, Pangdam I/BB mengutip kalimat Bung Karno yang pernah mengatakan, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya". Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Ungkapan Bung Karno ini, lanjut Pangdam I/BB, juga mengandung maksud untuk membangkitkan jiwa dan karakter kepahlawanan kepada segenap komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk bersatu di dalam perbedaan dan mengajak generasi bangsa untuk lebih mencintai bangsa.

Dalam rangkaian perjuangan kepahlawanan Indonesia, sebut Pangdam I/BB, generasi muda dapat mengambil pelajaran dari semangat perjuangan yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua, yakni semangat persatuan Indonesia dalam melawan musuh bangsa saat ini, yaitu kelompok-kelompok yang gemar melontarkan ujaran kebencian, bersikap intoleransi, dan penganut aliran radikalisme, narkoba, seks bebas, terorisme dan korupsi.

"Selaku Pangdam I/BB dan pribadi, saya menyambut  baik diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengenang dan menghargai kembali perjuangan para pahlawan. Kita harus membangun visi bahwa kita adalah pahlawan bagi Indonesia (We Are Heroes for Indonesia), dengan misi menjangkau seluruh masyarakat agar bersatu, berdoa dan bangkit untuk kebaikan bangsa Indonesia," ucapnya, seraya menambahkan, ketika kita bisa berbuat sesuatu yang terbaik untuk bangsa, maka saat itulah kita disebut sebagai Pahlawan Bangsa.

Pangdam I/BB mengaku, hal ini penting dalam menggali nilai-nilai dan etos kepahlawanan dalam meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme yang dikhawatirkan memudar dan tergerus oleh zaman dan globalisasi, terutama yang dialami oleh generasi muda.

"Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 ini, kita tingkatkan rasa kecintaan pada Tanah Air dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," pungkas Pangdam I/BB.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 yang dilaksanakan serentak di 17 Kota di Indonesia, mengusung tema "Pesta Para Pahlawan untuk Membangun Patriotisme dan Nasionalisme bagi Generasi Muda di Seluruh Indonesia".

Acara yang digelar di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan Medan, Sabtu (10/11/2018), diawali dengan pelepasan marching band Kodam I/BB dan karnaval kendaraan hias dari jajaran Kodam I/BB, Pemko Medan, serta barisan pecinta jeep wills, sepeda ontel, pelajar pembawa bendera Merah Putih sepanjang 50 meter, dan ditutup oleh marching band MAN 1 Medan.

Sebelumnya, dilakukan pelepasan peserta karnaval kendaraan hias oleh Pangdam I/BB diwakili Kasdam I/BB, Gubsu Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi diwakili Asisten Ekbangkes Setdaprovsu, Ir Ibnu Sri Hutomo, Kapoldasu diwakili Karoops Kombes Pol Imam Prakoso, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh A Setyawibawa, Anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba, dan Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution.

Usai pelepasan peserta karnaval, acara dilanjutkan dengan penampilan solo Marching Band Kodam I/BB yang bermaterikan personel Yon Zipur 1/DD, Yonif Raider 100/PS, Yon Armed 2/105 KS, Yonkav 6/NK, dan Yon Arhanud 11/WBY.

Di kesempatan ini, Kasdam I/BB bersama unsur FKPD Provsu dan Kota Medan menyempatkan diri mengikuti tarian Ahoi yang dibawakan belasan pasangan pemuda-pemudi berpakaian adat dari seluruh etnis Sumut, para pelajar, ASN, dan prajurit TNI-Polri.

Di acara ini, Kasdam I/BB juga menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada para veteran dan pejuang perintis Kemerdekaan RI, serta pelepasan balon ke udara yang dilakukan bersama dengan unsur FKPD Sumut dan Kota Medan.

Kemeriahan peringatan Hari Pahlawan ini semakin semarak dengan digelarnya panggung hiburan rakyat oleh band-band lokal, serta bazaar.

Editor: Erickson

T#g:Kodam I/BBKodam I BBPahlawan
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 12 Nov 2018 20:12

    Pasukan Perdamaian Indobatt Upacara Hari Pahlawan di Lebanon

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) misi Pasukan Perdamaian Dunia di bawah naungan Perserikatan Bang

  • Senin, 12 Nov 2018 10:12

    Dandim 0824: Kita Mewarisi Semangat dan Nilai-nilai Perjuangan Para Pahlawan

    Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, pada Sabtu (10/11/2018), dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif dan dilaksanakan di

  • Minggu, 11 Nov 2018 17:11

    Pangdam I/BB: Bangsa Besar adalah Bangsa yang Mengingat Jasa Pahlawan

    Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018 di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan, Pada Sabtu (10/11/2018).Ziarah Na

  • Minggu, 11 Nov 2018 05:11

    Panglima TNI Upacara dan Ziarah Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D. mengikuti Upacara Hari Pahlawan dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir.H. Joko Widodo, bert

  • Sabtu, 10 Nov 2018 20:10

    Peringatan Hari Pahlawan Di Rantauparapat, Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menteri Sosial RI

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT, bertindak sebagai Inspektur dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan tahun 2018, dengan tema "Semangat Pahlawan Di

  • Sabtu, 20 Okt 2018 07:20

    Kodam I/BB & Persit KCK PD I/BB Kembali Kirim 4 Truk Bantuan ke Palu-Donggala

    Kodam I/Bukit Barisan bersama Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah I/Bukit Barisan, Jumat (19/10/2018) pagi, kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu, S

  • Rabu, 10 Okt 2018 09:10

    Tingkatkan Minat Baca Anak, Satgas Yonif 121/MK Sumbang Buku Bacaan Sekolah

    Membaca tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan, dan membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa mulai di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dalam proses belajar

  • Selasa, 09 Okt 2018 00:09

    Kodam I/BB Peduli Palu-Donggala

    Akibat Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala juga mendapat perhatian serius dari Pangdam I/BB.Kodam I/BB telah mengirimkan tim ahli medis yg berjumlah 8 orang bertepatan dengan HUT TNI k

  • Rabu, 03 Okt 2018 10:03

    Peringati HUT Ke-73 TNI Pecahkan Rekor Muri Membatik dengan Chanting

    Kegiatan membatik dengan chanting dilaksanakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dan sekaligus memeriahkan rangkaian HUT Ke-73 TNI Tahun 2018. Bertempat

  • Selasa, 02 Okt 2018 19:42

    Pangdam I/BB Pimpin Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat Pamen

    Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhillah pimpin pelaksanaan laporan korps kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2018, yakni sebanyak 33 orang Perwira Menengah Kodam I/BB Wilayah Medan dan Dansat BS, yang te

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak