Jumat, 03 Jul 2020 21:13
  • Home
  • Ragam
  • Melalui Inovasi dan Kolaborasi Balitbang/ Dinas Pertanian, Petani Padi Bisa Panen 2 atau 3 Kali Dalam Setahun

Plt Bupati Labuhanbatu :

Melalui Inovasi dan Kolaborasi Balitbang/ Dinas Pertanian, Petani Padi Bisa Panen 2 atau 3 Kali Dalam Setahun

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Selasa, 13 Agu 2019 09:43
Junaidi
Plt Bupati Labuhanbatu didampingi Kadis Pertanian, Kadis Kominfo dan Camat Panai Tengah meninjau lahan pertanian di Desa Selat Beting.
Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam kunjungannya ke Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah, Senin (12/8/2019) pagi, mengungkapkan bahwa masyarakat atau petani yang bercocok tanam padi dalam setahun hanya 1 kali panen, sekarang melalui inovasi dan kolaborasi yang dilakukan Balitbang dan Dinas Pertanian,  masyarakat/petani bisa panen 2 atau 3 kali dalam setahun.

"Kita datang kesini untuk mengunjungi masyarakat Selat Beting, khususnya masalah pertanian padi dan ini adalah salah satu inovasi yang dibuat oleh Litbang dan Dinas Pertanian, yang selama ini masyarakat bercocok tanam satu tahun sekali dan Alhamdulillah ini bisa kita kolaborasikan 2 kali selama setahun dan insya Allah kedepannya nanti bisa sampai 3 kali setahun", kata Andi Suhaimi.

Dijelaskannya, inilah salah satu Litbang ada di Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang penuh inovasi-inovasi kedepan. "Kemudian tadi saya sudah menyampaikan kepada masyarakat bahwasanya hari ini kita terus akan memperhatikan masyarakat dan keinginan kita melalui Kepala Desa Selat Beting bahwasanya gabah yang akan dihasilkan oleh petani-petani ini tidak kita import lagi keluar tetapi kita kelola, yang mana hasil dari gabah ini bisa kita buat berupa beras dan kita akan memberikan pada masyarakat bahwasanya dari gabah bisa menjadi beras dan bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu", tambahnya.


"Upaya pemerintah mengatasi kekeringan, Alhamdulillah kita sudah melakukan salahsatu yang dilakukan oleh Litbang bersama Dinas Pertanian, Kepala Desa maupun Camat, sebenarnya ini tidak ada masalah lagi karena 2 atau 3 hari lagi kita akan melaksanakan panen, walaupun airnya sudah mulai mengering, saya rasa tidak ada masalah dan Alhamdulillah. Saya tadi sudah sampaikan kepada masyarakat, ini hasil cukup meningkat, yang selama ini satu hektar itu bisa menghasilkan 5 ton, kini bisa menghasilkan 6 atau 7 ton", kata Plt. Bupati Labuhanbatu ini.

Menurutnya, Ini salah satu kemajuan kita, bibit yang baik dan hasil yang baik, ini  digunakan oleh masyarakat  dan dinikmati oleh masyarakat kita, salah satunya pertanian di selat Beting ini, dan kita kedepan akan membuat umbung-umbung atau penampungan air, ini akan dilakukan Dinas Pertanian, alat yang hari ini ada akan bisa kita gunakan kesini dan kita akan memohon kepada pusat kiranya alat-alat pertanian ini bisa lagi ditambah ke Kabupaten Labuhanbatu yang sama-sama kita ketahui tadi keinginan masyarakat banyak masalah alat-alat tersebut yang belum memadai. Insya Allah, kedepan Pemerintah akan terus memperhatikan pertanian masyarakat yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.


Pada kesempatan itu Andi Suhaimi berpesan kepada petani khususnya yang ada di Selat Beting ini, supaya semangat untuk ber-inovasi kedepan. "Hari ini 2 kali setahun, insya Allah kedepan bisa 3 kali panen dalam setahun di Kabupaten Labuhanbatu dan kami dari Pemerintah terus memberikan yang terbaik buat masyarakat dan buat petani-petani yang ada di Kabupaten Labuhanbatu khususnya yang ada di selat Beting ini, yang tadi sudah memberikan masukan-masukan kepada kami akan kita realisasikan semampu dan secepat mungkin untuk bisa digunakan oleh masyarakat", tegas Andi.

Sebelumnya, Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT banyak menerima masukan dari masyarakat, petani, Kelompok Tani dan Kepala Desa, masukan tersebut antara lain adalah masalah kebutuhan Pengairan atau saluran irigasi pertanian untuk mengantisipasi musim kemarau, kemudian mengenai Pengerasan Jalan lebih kurang 4 Km, Pengadaan Mesin Pompa Air, Lampu Penerangan Jalan dan masalah Pembangunan sekolah SMA yang sudah ada pertapakannya dihibahkan oleh masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut Plt. Bupati Labuhanbatu turut didampingi Kaban Litbang Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM, Kadis Pangan, Safaruddin, SP, Kadis Pertanian Agussalim Ritonga, SP dan Kadis Kominfo Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap, ST, Camat Panai Tengah dan Kepala Desa.
Editor: Budi

T#g:padiPanen
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jun 2020 17:06

    Ketum Dharma Pertiwi Hadiri Panen Raya di Mako Puspomal

    Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri panen raya sayuran dan ikan Patin dalam rangka HUT Ke-74 Jalasenastri di Mako Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Jl. Bo

  • Selasa, 02 Jun 2020 23:22

    Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Panen Semangka Bersama Warga Perbatasan Sota

    Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, melaksanakan kegiatan panen buah Semangka, hasil kebun bersama warga masyarakat Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua.

  • Jumat, 29 Mei 2020 22:29

    Wabup Sergai Panen Semangka Bersama Gapoktan Seiya Sekata

    Wabup H Darma Wijaya SE memuji Gapoktan Seiya Sekata yang telah berhasil memanfaatkan lahan tak terpakai (nganggur) usai panen padi dan menyulapnya menjadi lahan yang menguntungkan.

  • Selasa, 28 Apr 2020 16:28

    Bantu Panen Warga Papua, Satgas 411 Kostrad Jaga Ketersediaan Pangan Di Tengah Corona

    Dalam rangka meringankan beban dan memastikan tersedianya bahan pangan di tengah pandemi virus corona, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membantu panen padi di sawah warga binaan bertempat di Kampung Kuler.

  • Selasa, 14 Apr 2020 21:34

    Panen Raya di Desa Batu 13, Bupati Soekirman Minta Petani Tetap Kerja Siapkan Logistik Untuk Masa Darurat Covid-19

    Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melaksanakan Panen Raya di Desa Batu 13 Kecamatan Dolok Masihul, sekaligus mengikuti video konferensi dengan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.H., Selasa (14/4).

  • Selasa, 14 Apr 2020 16:54

    Prajurit Kostrad Bantu Petani Warga Binaan Panen Padi

    Prajurit Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu petani warga binaan melaksanakan panen padi di Kampung Sipias, Distrik Eligobel, Kab. Merauke, Provinsi Papua, Senin (13/4/2020).

  • Selasa, 07 Apr 2020 08:17

    Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah Rambutan di Kampung

  • Minggu, 22 Mar 2020 05:22

    Personel Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Binaan Menumbuk Padi

    Guna meringankan beban warga binaan sekaligus mempererat tali silaturahmi, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo, membantu Mama Rosiana Banggu (32 th) menumbuk padi agar menjadi beras.

  • Kamis, 13 Feb 2020 13:13

    Prajurit Kostrad di Perbatasan Ajak Warga Panen Kacang Tanah Bersama

    Setelah sukses memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun, sebagai wujud ungkapan rasa syukur para prajurit Kostrad di perbatasan yakni Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad mengajak warga panen

  • Selasa, 11 Feb 2020 17:21

    Prajurit Kostrad Bantu Warga di Tapal Batas Panen Sagu

    Indonesia menyimpan keberagaman pangan lokal di berbagai daerah, salah satunya adalah sagu. Di beberapa daerah sagu dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras serta sebagai bahan pangan lainnya.S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak