Jumat, 18 Jun 2021 09:26
  • Home
  • Ragam
  • MUI Binjai: Terima Vaksin Tidak Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan

MUI Binjai: Terima Vaksin Tidak Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 06 Apr 2021 16:06
Istimewa
Lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia, yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa penyuntikan vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak membatalkan ibadah puasa Ramadan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Binjai, DR HM Jamil Siahaan, melalui Ketua Komisi Fatwa, H Zulkarnain Asri Lc MA, saat ditemui wartawan di kediamannya, Selasa (6/4).

"Sesuai fatwa MUI Pusat, masalah suntik vaksin Covid-19 saat puasa Ramadhan, hal itu tidak membatalkan puasa kita," ungkapnya, didampingi Sekretaris dan Anggota Komisi Fatwa MUI Kota Binjai, H Armaya Azmi MHI dan H Zainul Bahri.


Zulkarnain menyebut, penyuntikan vaksin diperbolehkan saat puasa dikarenakan tindakan tersebut bersifat injeksi dan dilakukan sebagai bagian dari mekanisme pengobatan.

Apalagi menurutnya, cairan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh melalui pori pori, bukan melalui lubang tubuh yang lumrah untuk memasukkan makanan dan minuman, ataupun benda dan zat lainnya yang dapat membatalkan puasa.

"Tapi sebelum disuntik vaksin, mohon dicek dulu kesehatan kita. Kalau memang kondisi tubuh kita sedang tidak fit, lebih baik jangan. Lebih baik lagi menjalani suntik vaksin Covid-19 pada saat malam hari," ujarnya.


Secara khusus Zulkarnain menyatakan, vaksin Covid-19 jenis Sinovac ini hukumnya halal dan aman untuk digunakan. Hal ini berpedoman pada Fatwa MUI Nomor : 02 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero).

Sebaliknya, untuk vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca hukumnya haram. Namun vaksin ini tetap dapat digunakan saat kondisi darurat, yakni ketika vaksin yang halal tidak lagi tersedia, atau karena suatu pertimbangan tertentu.

"Pada dasarnya, kita dari MUI Kota Binjai sepenuhnya mengikuti keputusan MUI Pusat. Apalagi kita ketahui bersama, MUI Pusat memiliki lebih banyak ahli, serta sarana dan prasarana yang lengkap dan canggih," seru Zulkarnain.
Editor: Herda

T#g:MUIvaksinasiPuasa
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Jun 2021 15:17

    Panglima TNI: TNI-Polri Dukung Program Vaksinasi Nasional, 1 Juta Vaksin Perhari

    Melonjaknya kasus positif Covid-19 yang saat ini melanda di Indonesia, tentunya memerlukan keseriusan dari setiap pihak untuk segera memutus mata rantai Covid-19 di tanah air, dengan mendukung Pr

  • Kamis, 17 Jun 2021 10:47

    Kapolresta Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Masal Sinovac di Kabupaten Deli Serdang

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pencegahan virus covid-19 di P3UD Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.Dengan didampingi Waka Polr

  • Selasa, 15 Jun 2021 21:05

    Pemkab Sergai Gelar Vaksinasi Massal dengan Target 25.000 Peserta

    Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi Lansia, kali ini Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) berkolaborasi dengan Polres Sergai, Polres Tebing Tinggi dan Forkopimd

  • Sabtu, 12 Jun 2021 20:32

    Bobby Nasution Hadiri Rakerda MUI Kota Medan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap MUI Kota Medan dapat menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan Pemko Medan guna mendukung dan mewujudkan Program Prioritas Kota Medan.Deng

  • Jumat, 04 Jun 2021 21:44

    Wakapolda Sumut Kunjungan Kerja Ke Paluta Peninjauan Vaksinasi Massal Untuk Lansia

    Wakapolda Sumut kunjungan Kerja ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dalam rangka peninjauan vaksinasi massal Covid-19 bagi Lansia di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan, Jumat (04/06/2021).

  • Jumat, 04 Jun 2021 17:04

    MUI Minta Polresta Deli Serdang Tutup Lokasi Judi Tembak Ikan di Lubuk Pakam

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang mendukung sepenuhnya program Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dan DPRD Deli Serdang dalam menciptakan suasana religius di Kabupaten Deli Serdang.

  • Sabtu, 29 Mei 2021 19:29

    Kapoldasu dan Pangdam I/BB Hadiri Vaksinasi Massal 6 Ribu Lansia di Sergai

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi bersama Pangdam I /BB Mayjen TNI Hassanudin SIP MM menghadiri kegiatan Gebyar Vaksinasi Massal 6 ribu Lansia di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dalam

  • Kamis, 27 Mei 2021 23:17

    300 Tokoh Lintas Agama Mendapat Vaksin, Wujud Kepedulian Polda Sumut

    Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara terus mempercepat proses vaksinasi Covid-19 dalam upaya pemulihan kesehatan nasional yang dicanangkan pemerintah.

  • Selasa, 25 Mei 2021 20:45

    360 Guru Sekolah Dasar Kota Tanjung Balai Divaksin Covid-19

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H. Waris Thalib meninjau penyuntikan vaksin bagi 360 guru sekolah dasar (SD) yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan di Gedung Serbaguna Wira Satya, Polres Tanjungbalai, Senin (24/5/2021).

  • Minggu, 23 Mei 2021 16:03

    Presiden Jokowi Dorong Langkah Nyata Atasi Kesenjangan Vaksin Antarnegara

    Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa pandemi Covid-19 hanya dapat ditangani secara global apabila seluruh negara dapat pulih sepenuhnya dari penyebaran pandemi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak