Jumat, 14 Mei 2021 10:10
  • Home
  • Ragam
  • MUI Binjai: Terima Vaksin Tidak Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan

MUI Binjai: Terima Vaksin Tidak Membatalkan Ibadah Puasa Ramadan

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Selasa, 06 Apr 2021 16:06
Istimewa
Lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia, yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa penyuntikan vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak membatalkan ibadah puasa Ramadan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Kota Binjai, DR HM Jamil Siahaan, melalui Ketua Komisi Fatwa, H Zulkarnain Asri Lc MA, saat ditemui wartawan di kediamannya, Selasa (6/4).

"Sesuai fatwa MUI Pusat, masalah suntik vaksin Covid-19 saat puasa Ramadhan, hal itu tidak membatalkan puasa kita," ungkapnya, didampingi Sekretaris dan Anggota Komisi Fatwa MUI Kota Binjai, H Armaya Azmi MHI dan H Zainul Bahri.


Zulkarnain menyebut, penyuntikan vaksin diperbolehkan saat puasa dikarenakan tindakan tersebut bersifat injeksi dan dilakukan sebagai bagian dari mekanisme pengobatan.

Apalagi menurutnya, cairan vaksin dimasukkan ke dalam tubuh melalui pori pori, bukan melalui lubang tubuh yang lumrah untuk memasukkan makanan dan minuman, ataupun benda dan zat lainnya yang dapat membatalkan puasa.

"Tapi sebelum disuntik vaksin, mohon dicek dulu kesehatan kita. Kalau memang kondisi tubuh kita sedang tidak fit, lebih baik jangan. Lebih baik lagi menjalani suntik vaksin Covid-19 pada saat malam hari," ujarnya.


Secara khusus Zulkarnain menyatakan, vaksin Covid-19 jenis Sinovac ini hukumnya halal dan aman untuk digunakan. Hal ini berpedoman pada Fatwa MUI Nomor : 02 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Science Co. LTD China dan PT Bio Farma (Persero).

Sebaliknya, untuk vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca hukumnya haram. Namun vaksin ini tetap dapat digunakan saat kondisi darurat, yakni ketika vaksin yang halal tidak lagi tersedia, atau karena suatu pertimbangan tertentu.

"Pada dasarnya, kita dari MUI Kota Binjai sepenuhnya mengikuti keputusan MUI Pusat. Apalagi kita ketahui bersama, MUI Pusat memiliki lebih banyak ahli, serta sarana dan prasarana yang lengkap dan canggih," seru Zulkarnain.
Editor: Herda

T#g:MUIvaksinasiPuasa
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 22:12

    Cegah Covid-19, Ketua MUI Kabupaten Deli Serdang Larang Takbiran Keliling

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang DR Arifin Marpaung MA mengimbau warganya agar tidak melakukan takbiran keliling.

  • Minggu, 02 Mei 2021 14:01

    Edy Rahmayadi Terus Pertahankan Tradisi Buka Puasa dengan Tahfiz dan Anak Yatim

    Bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Sebagian besar dari orang bahkan memiliki tradisi yang dipercaya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Kamis, 29 Apr 2021 11:29

    Di Tengah Bulan Penuh Berkah, TNI Lakukan Pengobatan Keliling Di Wilayah Perbatasan Papua

    Dalam rangka menjaga kondisi kesehatan masyarakat perbatasan di bulan Ramadhan, anggota Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melakukan pengecekan kesehatan dan pengobatan keliling di Ka

  • Selasa, 27 Apr 2021 18:07

    Kahiyang Ayu hadiri vaksinasi Lansia yang digelar TP PKK Provinsi Sumut

    Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution berharap seluruh masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di kota Medan bersedia untuk divaksin Covid-19.

  • Kamis, 22 Apr 2021 17:32

    Sanni Abdul Fattah: Himbauan MUI Tempat Maksiat Ditutup Selama Ramadhan

    Maraknya permainan judi jenis tembak ikan dan lainnya yang ada di Kampung Tanjung dan beberapa tempat lainnya yang ada di Kota Binjai yang masih terus beroperasi di Bulan Suci Ramadhan, membuat beber

  • Rabu, 21 Apr 2021 20:51

    Edy Rahmayadi Apresiasi MUI Sumut Bantu Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut yang turut serta membantu pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi, yakni dengan kegiatan Desa Wisata Ra

  • Minggu, 18 Apr 2021 08:18

    Bersama Masyarakat, Walikota Tebing Tinggi dan Peserta Latsitardanus XLI 2021 Berbuka Puasa Bersama

    Dalam rangka integrasi dan silaturahmi dengan masyarakat, Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Zunaidi Hasibuan, M.M dengan Peserta Latsitardanus berbuka puasa bersama di Mesjid Al-A' Raf Haramain Jl. G

  • Rabu, 14 Apr 2021 11:04

    Bupati Darma Wijaya & Wakil Bupati Adlin Tambunan Resmikan Kampung Ramadan Sergai

    Kampung Ramadan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ini bertujuan untuk membantu mempromosikan UMKM dan di kemas dalam stand-stand yang terlihat lebih menarik, kata Bupati Sergai H. Darma Wijaya didamp

  • Selasa, 13 Apr 2021 10:13

    Banjir melanda kota Binjai, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah sanak keluarga

    Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Senin (12/4) sekira Pukul 22.00 Wib, hingga Selasa (13/4) dinihari, mengakibatkan beberapa daerah yang ada di Kota Binjai mengalami kebanjiran.Aki

  • Senin, 12 Apr 2021 23:32

    Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Kogabwilhan I

    Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak