Jumat, 19 Apr 2024 10:36
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Kerajaan Swaziland Diubah Jadi eSwatini

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Rachel

Minggu, 29 Apr 2018 16:49

@FaktaNew5
Raja eSwatini
RAJA Mswati III dari SwaziIand, sebuah negara monarki absolut terakhir dan satu-satunya di Afrika modern secara resmi mengumumkan penggantian nama negaranya menjadi Kerajaan eSwatini.

Deklarasi perubahan nama itu bertepatan pada perayaan Kemerdekaan Swazi yang ke-50 tahun dan dirgahayu Raja Mswati III yang turut memasuki usia kepala lima.

Pada beberapa kesempatan sebelumnya, sang raja telah merujuk Swaziland dengan nama 'eSwatini' atau 'tanah Swazi' dalam bahasa Swati, termasuk dalam Sidang Majelis Umum PBB pada tahun 2017 silam. Nama Swaziland sendiri merupakan cara penyebutan 'tanah Swazi' dalam Bahasa Inggris, yang digunakan sejak Britania Raya melakukan kolonosasi pada tahun 1968.

Oleh karenanya, menurut raja Mswati, berubah itu menandai pengembalian nama resmi negara Swaziland ke aslinya, eSwati, serta menyimbolkan akhir dari kolonosasi Inggris.

Raja Mswati III mengumumkan perubahan nama tersebut dalam perayaan hari kemerdekaan di sebuah stadion olahraga di kota terbesar kedua Manzini pada Pekan lalu.

"Saya ingin mengumumkan bahwa  Swaziland kini kembali ke nama aslinya," jelas sang raja, mengenakan seragam militer merah. 

"Negara-negara Afrika setelah merdeka kembali ke nama kuno mereka sebelum mereka dijajah. Jadi mulai sekarang di negara ini akan secara resmi dikenal sebagai Kerajaan eSwatini," tandasnya dikutip kantor berita AFP.

eSwatini yang berarti "tempat Swazi" merupakan nama bahasa Swazi untuk negara kecil yang terkurung daratan antara Afrika selatan dan Mozambik itu.

Tidak seperti beberapa negara lain yang mengubah nama setelah kemerdekaan, seperti Rhodesia menjadi Zimbabwe dan Nyasalan menjadi Borswana, Swaziland tidak mengubah namanya ketika merdeka tahun 1968 setelah menjadi protektorat Inggris selama lebih dari 60 tahun.

Nama Swaziland menyulut amarah sebagian warga karena merupakan perpaduan dari Swazi dan Inggris.

Langkah tersebut sudah menjadi perdebatan selama beberapa tahun, dengan anggota parlemen mempertimbangkan masalah itu pada 2015. Msawti lll telah menggunakan nama baru itu dalam pidato kenegaraan sebelumnya.

Raja yang mewarisi takhta tahun 1986 pada usia 18 tahun itu memerintah berdasarkan dekrit dan sering dikritik karena gaya hidup yang mewah sementara  warganya mengalami kemiskinan.

Partai-partai politik dilarang ambil bagian dalam pemilihan umum dan hanya kandidat yang disetujui setia kepada raja yang bisa mengikutinya di kerajaan berpenduduk 1,3 juta jiwa yang menghadapi tingkat penularan HIV tertinggi di dunia dengan 27 persen orang dewasa terinveksi virus tersebut.

Editor: Yaya

T#g:artikelragam
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️