Jumat, 29 Mar 2024 17:14
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Kementrian ESDM Bagikan 310 Konverter KIT untuk Nelayan Labuhanbatu

Labuhanbatu (utamanews.com)

Oleh: Junaidi

Jumat, 21 Sep 2018 18:31

Junaidi
Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melalui Sekretaris Jendral Dr. Ir Ego Syahrial MSc membagikan 310 paket Konverter Kit yang terdiri dari 310 mesin, 310 longtik, dan 620 tabung gas kepada 310 nelayan kecil di Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Kepala Desa Tanjung Haloban Kacamatan Bilah Hilir, Jum'at (21/9/2018).

Sekretaris Jendral Kementrian ESDM Dr. Ir Ego Syahrial MSc dalam sambutanya mengatakan, penyerahan bantuan paket konventer kit ini telah berjalan selama 3 tahun, dimulai pada tahun 2016. Beliau juga menyampaikan keberhasilan acara pada hari ini tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu. 

"Ini merupakan tahun ke-2 Pemkab Labuhanbatu menerima bantuan dari Kementerian ESDM, tahun lalu menerima sebanyak 168 paket konventer kit, dan tahun tahun ini sebanyak 310 paket. Bantuan ini disalurkan ke seluruh Indonesia, bagi nelayan yang belum menerima bantuan akan dibagikan di tahun depan," sebut Ego Syahrial. 

Pembagian konverter untuk nelayan kecil merupakan upaya Pemerintah untuk mewujudkan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG), untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memberikan energi yang murah dan ramah lingkungan, serta tidak mengakibatkan kerusakan biota laut dan terumbu karang.
Pada kesempatannya, Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu AK. MM. CA berharap, kepada Kementrian ESDM untuk meningkatkan jumlah bantuan paket konverter kit pada tahun-tahun yang akan datang, sehingga seluruh nelayan di Kabupaten Labuhanbatu dapat beralih ke bahan bakar gas sehingga produktifitas para nelayan meningkat. 

"Saya berharap agar Kementrian ESDM dapat meningkatkan jumlah bantuan di tahun yang akan datang, karena masih banyak nelayan yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, bahkan masih ada yang mendayung untuk melaut. Dengan menggunakan bahan bakar gas akan lebih efisien dan ramah lingkungan sehingga pendapatanya juga akan meningkat," ungkap Gus Irawan. 

Lebih lanjut Gus Irawan menginformasikan, bahwa di tahun 2019 anggaran untuk subsidi gas meningkat, sehingga akan memberikan banyak manfaat bagi para nelayan yang menggunakan bahan bakar gas, Pemerintah juga akan menggratiskan pemasangan listrik daya 450 VA kepada masyarakat.

Sementara itu Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensejahterkan masyarakat, khususnya para nelayan di wilayah pantai Kabupaten Labuhanbatu. "Semoga apa yang sudah di berikan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ini adalah upaya pemerintah guna mensejahterahkan para nelayan, semoga tahun depan bantuan yang kita peroleh semakin bertambah, kita juga sudah punya tempat untuk menampung bahan bakar, tinggal menunggi langkah selanjutnya dari pemerintah pusat," ujar Andi Suhaimi.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu Ir. Jumingan menjelaskan Kabupaten Labuhanbatu merupakan salah satu kabupaten dari 55 Kabupaten yang memperoleh alokasi paket bantuan konversi BBM ke BBG pada tahun 2018, di wilayah pantai Labuhanbatu, untuk Kecamatan Panai Hilir tidak mendapat bantuan, dikarenakan para nelayan menggunakan bahan bakar solar.

Adapun syarat nelayan penerima bantuan yanh ditetapkan Kementrian ESDM adalah nelayan yang memiliki kapal di bawah 5 GT (Gross Ton), memiliki mesin di bawah 13 PK, memakai bahan bakar bensin serta belum pernah menerima bantuan sejenis,. Penerima bantuan tersebar di 3 Kecamatan yaitu, Kecamatan Bilah Hilir, Kecamatan Panai Hulu, dan Kecamatan Panai Tengah. 

Untuk mengambil berkah dalam acara penyerahan bantuan tersebut kegiatan juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim/yatim piatu sebanyak 20 orang, kemudian dilanjutkan dengan melakukan peninjauan dan tes atau uji coba mesin hasil bantuan konversi BBM ke BBG di perairan Desa Tanjung Haloban.

Editor: Boraspati

T#g:ESDMNelayan
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 08 Jan 2024 12:38

    Polda Sumut Tangkap 2 Nelayan Bawa Sabu 10 Kg

    Polda Sumut tanpa henti terus melakukan pengungkapan tindak pidana peredaran narkoba dengan menangkap dua nelayan yang membawa sabu seberat 10 kg, Minggu (7/1/2024).Kedua nelayan yang ditangkap itu be

  • Senin, 11 Des 2023 10:51

    Hiu serang nelayan di perairan Lahewa-Nias Utara

    Seorang nelayan bernama Yatani Harefa (34), warga Desa Sifahandro, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, diterkam ikan hiu di perairan Laut Lahewa pada Jumat (8/12/2023). Meskipun mengalami luka


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️