Sabtu, 24 Agu 2019 17:05
  • Home
  • Ragam
  • Kasum TNI: Kegiatan Teritorial TNI Pengabdian Tanpa Batas

Kasum TNI: Kegiatan Teritorial TNI Pengabdian Tanpa Batas

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Kamis, 14 Feb 2019 13:14
Puspen TNI
Kasum TNI
Hingga saat ini, tingkat kepercayaan publik pada Tentara Nasional Indonesia (TNI), menjadikan TNI sebagai institusi yang paling dipercaya. Hal ini disebabkan oleh kegiatan teritorial yang dilakukan TNI merupakan pengabdian tanpa batas atau tanpa pamrih.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto pada saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Teritorial (Rakorter) TNI Tahun 2019 yang diikuti 180 peserta, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019). "Kegiatan pembinaan teritorial TNI, dilaksanakan melalui kegiatan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI untuk membangun kemanunggalan TNI-Rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi sosial juang yang tangguh", tuturnya.

Menurut Mayjen TNI Joni Supriyanto, setiap aparat teritorial harus dapat menyikapi kondisi lingkungan strategis dan perubahan dinamis yang terjadi pada tata kehidupan masyarakat Indonesia. "Untuk itu dalam penerapan Pembinaan Teritorial (Binter) memerlukan improvisasi dan inovasi yang selalu dinamis mengikuti perkembangan kondisi dan sinergitas dengan komponen bangsa lainnya serta kemanunggalan dengan rakyat", jelasnya.

Kasum TNI mengatakan bahwa tujuan pembinaan teritorial diantaranya memberdayakan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan, baik secara fisik maupun non fisik.

Menurutnya, hal ini sangat sesuai dengan tema Rakorter yang diangkat "Melalui Rakorter TNI Kita Wujudkan TNI Yang Profesional, Loyal, Manunggal Dengan Rakyat Dan Siap Mendukung Tugas Pokok TNI."

Pelaksanaan Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan baik Satkowil maupun non-Satkowil telah mampu menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan. "Hal ini sangat berdampak positif terhadap peningkatan citra TNI serta mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat di seluruh pelosok tanah air", ujarnya.

Kasum TNI mengingatkan bahwa penyelenggaraan pembinaan teritorial agar dilaksanakan secara optimal dan berhasil guna. "Setiap kegiatan harus didasari oleh profesionalitas dan loyalitas yang tinggi serta dilaksanakan dengan keterpaduan dan sinergitas dengan seluruh komponen bangsa", katanya.
Editor: Budi

T#g:rakornis
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Mar 2019 20:22

    Binjas dan Permildas Miliki Peran Penting Dukung Tugas Pokok TNI

    Pembinaan Bidang Jasmani (Binjas) dan Peraturan Militer Dasar (Permildas) memiliki peran penting guna mendukung keberhasilan tugas pokok TNI, sehingga penyelenggaraan pembinaan tersebut harus dan dila

  • Kamis, 29 Mar 2018 16:29

    Kapuskersin TNI membuka Rakornis Kerjasama Internasional

    Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E.,M.Tr. (Han) mewakili Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P mem

  • Kamis, 25 Feb 2016 10:34

    Panglima TNI beri pembekalan pada 238 peserta Rakornis POM TNI

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan pembekalan kepada 238 peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) POM TNI Tahun 2016 yang terdiri dari 6 personel Mabes TNI, 10 personel POM TNI, 66

  • Rabu, 24 Feb 2016 16:13

    238 Personel TNI dan Polri Ikuti Rakornis POM TNI

    Sebanyak 238 personel TNI dari jajaran Polisi Militer TNI dan Propam Polda Mabes TNI, terdiri dari 6 personel Mabes TNI, 10 personel POM TNI, 66 personel Pomad, 82 personel Pomal, 63 personel Pomau da

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak