Jumat, 24 Sep 2021 22:44
  • Home
  • Ragam
  • Infrastruktur di Nias Utara dan Barat Perlu Pembenahan, Edy: Saya akan Segera Berbuat

Infrastruktur di Nias Utara dan Barat Perlu Pembenahan, Edy: Saya akan Segera Berbuat

Nias (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 01 Jul 2021 01:01
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Menempuh perjalanan puluhan kilometer dari Kota Gunungsitoli menuju Nias Utara dan Nias Barat, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengakui kondisi infrastruktur jalan provinsi rusak cukup parah dan perlu pembenahan. Jalur tersebut pun akan dimasukkan ke dalam perencanaan, agar akses menjadi lebih mudah.

Medan yang sulit, membuat Gubernur Edy Rahmayadi kerap kali berhenti dan turun dari kendaraan untuk melihat langsung kondisi jalan tersebut. Ia juga menapaki beberapa titik jalur yang melintasi puluhan rumah, permukiman warga, sambil memantau keadaan, serta berinteraksi dengan Bupati Nias Utara Amazaro Waruwu dan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu.

Dari pembicaraannya, Edy Rahmayadi mengakui bahwa pembangunan jalan provinsi menjadi tanggungjawabnya sebagai Gubernur. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan menjadikan jalur ini dalam perencanaan pembangunan infrastruktur. Mengingat potensi yang dimiliki daerah kepulauan ini sangat besar.

"Baru ini saya datang ke kabupaten yang sulit medannya. Kondisinya (infrastruktur) cukup parah, saya akan segera berbuat," ujar Gubernur saat berada di Aula Kantor Bupati Nias Utara, di Kecamatan Lotu, Rabu (30/6).

Di lokasi, juga berlangsung pertemuan bersama dengan seluruh unsur Forkopimda setempat, serta para pejabat, camat, kepala desa dan lurah. Ikut dalam rombongan Gubernur, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.

Dalam pertemuan di Kantor Bupati Nias Utara, Gubernur menyampaikan bahwa kehadirannya dalam rangka kunjungan kerja, baru akan dilakukan September mendatang. Namun permintaan dari Bupati kepadanya dianggap sebagai ajakan agar berkenan hadir di kabupaten yang tergolong terpencil ini.

"Saya diminta Bupati (Nias Utara) datang kemari. Saya sudah tahu, pasti diajak ke tempat yang tak enak. Tetapi itulah pemimpin yang cerdas. Jadi memang ini tanggung jawab saya, kita bagi tugas. Saya akan perbaiki infrastruktur, lalu bupati, camat dan kepala desa, kalian bangun daerah, fokus. Karena saya lihat banyak lahan yang belum dikelola dengan baik," jelas Edy Rahmayadi.

Selanjutnya, Edy bersama rombongan juga melihat kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Nias Barat. Dari sana, medan yang ditempuh tidak kalah sulit. Kawasan perbukitan dengan kondisi struktur tanah yang tidak stabil, membuat sejumlah titik ruas jalan provinsi ambrol. Termasuk jembatan yang dalam keadaan kurang baik.

"Ya, secepatnya ini akan kita bangun (jembatan). Tetapi nanti kita manfaatkan bahannya dari sungai ini. Kan banyak pasir dan batu di sini. Jadi tidak usah jauh-jauh bahannya, biar lebih murah," katanya.

Sementara Bupati Nias Utara Amazaro Waruwu mengatakan, sarana dan prasarana jalan menjadi permohonan utama kepada Gubernur. Jika bisa, diharapkan agar dialokasikan segera anggaran pemeliharaan jalan.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang sudah datang kemari, dan mau melihat kondisi daerah ini. Apalagi tadi beliau turun langsung melihat kondisi infrastruktur di kabupaten ini," sebut Amazaro.

Rasa bangga juga disampaikan Bupati atas sikap Gubernur yang selama ini menurutnya berwatak keras. Namun setelah bertemu dan turun ke daerahnya, Amazaro justru menyebut Edy Rahmayadi sebagai sosok yang humanis dan romantis.

"Kami bangga, karena beliau mau turun dari mobilnya, berulang kali untuk menyapa warga. Beliau begitu peduli, sehingga mau menyapa langsung. Itu juga kenapa kami lama sampai ke kantor Bupati Nias Barat," jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu. Sebagai daerah yang terbelakang dibandingkan empat kabupaten/kota se-Kepulauan Nias, dirinya mengaku sedih melihat pembangunan yang ada. Karena itu, ia sempat meneteskan air mata, karena menurutnya seorang Gubernur mau melihat langsung jembatan yang rusak dan berkomitmen memperbaikinya.

"Sepanjang jalan tadi dari Gunungsitoli kemari, saya terharu karena saat di jembatan, Gubernur langsung mengatakan akan membangun (memperbaiki) jembatan yang ada. Beliau langsung memerintahkan pejabatnya, agar tahun depan (2022) bisa diwujudkan," kata Khenoki.

Dengan kehadiran dan komitmen itu, Khenoki pun menyampaikan hal yang sama untuk melakukan yang terbaik sesuai arahan Gubernur, saat menyambut kedatangan Edy Rahmayadi di Aula Kantor Bupati Nias Barat, di Lahomi.
Editor: Yaya

T#g:nias
Berita Terkait
  • Jumat, 24 Sep 2021 20:14

    Terus Jalin Sinergitas, Kapolda Sumut Menyapa Kodim 0213 Nias

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi dan Ketua Bhayangkari Daerah Sumut serta Pejabat Utama Polda singgah di Kodim 0213 Nias, Jumat (24/09/21).Dalam kunjungan kerja ke kepulauan Nias Kapol

  • Rabu, 30 Jun 2021 10:20

    Edy ingin Nias seperti Hawai, jauh tapi orang senang kesana

    Temui Kepala SMA/SMK se-Kepulaian Nias, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan para kepala sekolah (Kepsek) untuk memberikan teladan menanamkan akhlak/budi pekerti kepada para sisw

  • Selasa, 29 Jun 2021 22:29

    Edy Rahmayadi Resmikan Renovasi 91 Sekolah se-Kepulauan Nias

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan proyek renovasi dan rehabilitasi 91 sekolah tingkat SD dan SMP se-Kepulauan Nias, di halaman Sekolah Dasar Negeri Dahana, Desa Hiliganohita, Ke

  • Senin, 28 Jun 2021 22:58

    Kapolresta Deli Serdang Paparkan Dua Pelaku Curat Terhadap Kalinus Zai

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi memimpin konferensi pers terkait penangkapan kedua pelaku pembunuhan terhadap Kalinus Zai alias ama Willy (40), penjaga toko elektronik UD Lau Kawar, di

  • Jumat, 11 Jun 2021 03:11

    Gubernur Edy Rahmayadi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Nias

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Yaatulo Gulo dan Arota Lase, sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Nias, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut Jala

  • Rabu, 31 Mar 2021 11:31

    Brigjen TNI Jhon Sihombing Pimpin Penutupan TMMD ke 110 di Wilayah Kodim 0213/Nias

    Kegiatan Penutupan TMMD ke 110 tahun 2021 di wilayah Kodim 0213/Nias, dilaksanakan secara sederhana di Aula Samaeri Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Rabu (31/3/21).Terpantau oleh awak media, ke

  • Senin, 29 Mar 2021 05:29

    Karya TMMD 110 Bangkitkan Asa Warga di Pelosok Nias

    Dalam sebulan terakhir, terjadi perubahan drastis kehidupan warga di tiga desa pada dua kecamatan di Kota Gunungsitoli. Anggapan bahwa terus tinggal di desa tidak akan bisa merubah kehidupan, kini ter

  • Kamis, 25 Mar 2021 22:15

    Pengurus KONI Kabupaten Nias Periode 2020-2024, Resmi Dilantik

    Pemda Nias resmi melantik pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Nias Periode 2020-2024, Kamis (25/03/2021).

  • Rabu, 17 Mar 2021 16:07

    Pemkot Gunungsitoli dan masyarakat Apresiasi Pelaksanaan TMMD ke 110/2021 Kodim 0213/Nias

    Asisten II Pemko Gunungsitoli menyambut meriah seluruh tim Wasev TMMD ke 110/2021 di Desa Loloana'a Lolomoyo dan menyampaikan terimakasih serta apresiasi atas pelaksanaan kegiatan terutama dalam

  • Selasa, 16 Mar 2021 22:56

    Kunker Wasev Mabes TNI, Dandim 0214/Nias Paparkan Kegiatan TMMD ke 110/2021

    Komandan Kodim, Letkol Inf TP. Lobuan Simbolon selaku Dansatgas TMMD menyampaikan paparan saat kunjungan kerja pengawasan dan evaluasi (Wasev) Mabes TNI dari Staf Teritorial TNI AD yang dilaksanakan d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak