Jumat, 24 Sep 2021 22:26
  • Home
  • Ragam
  • Ilyas Sitorus: Melalui SIPLah Membantu Negara Menghimpun Pajak

Ilyas Sitorus: Melalui SIPLah Membantu Negara Menghimpun Pajak

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 18 Jun 2021 22:18
Istimewa
SIPLah membuka peluang usaha bagi UMKM dan penyedia lokal menjadi lebih berkembang, disamping itu juga SIPLah meningkatkan kualitas belanja satuan pendidikan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pemanfaatan Aplikasi RKAL dan SIPLah BOP bertempat di Aula Singapore City Land Hotel Sei Balai Batu Bara, Kamis (17/06/2021).

Zahir juga mengucapkan terimakasih kepada pengelola TK/PAUD Sejenis dan PKBM yang telah banyak membantu pemerintah dalam menyiapkan anak melalui kegitan bermain sambil belajar sekaligus menanamkan pendidikan karakter sejak usia dini, papar Politisi PDI Perjuangan. 

Lanjut Bupati dengan SIPLah Sekolah/Lembaga akan mendapatkan barang yang sesuai dengan yang di pesan dan juga membuka kesempatan bagi pelaku usaha dan juga banyak manfaat yang dapat dengan menggunakan SIPLah, diantaranya Penguatan tatakelola keuangan sekolah sehingga proses pengendalian dan pemantauan (monitoring) data transaksi menjadi lebih mudah dan dapat meminimalisir modus pengadaan fiktif. 

Kemudian akan ada efisiensi anggaran dengan tingkat harga keseluruhan lebih rendah dan opsi penyedia yang lebih banyak dan beragam sehingga setiap sekolah memiliki lebih banyak alternatif untuk pelaksanan belanja, sertab SIPLah membuka kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah, termasuk toko-toko yang berada di sekitar sekolah, papar Zahir. 

Sementara Kadisdik Ilyas Sitorus mengatakan peserta sosialisasi ini berjumlah 277 lembaga dibagi dalam dua gelombang dan di dukung oleh mitra kerja dari Penerbit Pt. Erlangga 

Menurut Ilyas kegiatan ini penting dan sangat perlu bagi sekolah/lembaga TK Paud sejenis maupun PKBM, karena lembaga akan mendapatkan pengetahuan terkait Aplikasi RKAS/L dan juga SIPLah. 

Peserta mendapatkan pembelajaran bagaimana cara belanja melalui SIPLah sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Kemendikbud RI Nomor 8 Tahun 2020 tanggal 11 September 2020 Tentang Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Satuan Pendidikan Melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah). 

Tak sampai disitu Mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan pengadaan barang/jasa di satuan pendidikan melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah/Lembaga Pendidikan (SIPLah) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa oleh Satuan pendidikan (Permendikbud Nomor 14 Tahun 2020), Ilyas memaparkan apa dan bagaimana itu SIPLah, termasuk manfaatnya bagi sekolah dan negara. 

Ilyas juga menyampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan penyempurnaan SIPLah sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pengadaan barang/jasa di satuan pendidikan antara lain terkait dengan perluasan pengguna, perluasan sumber dana, menghilangkan batasan nilai transaksi, penyederhanaan proses dan memberikan akses bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan usahanya di bidang pendidikan, terang Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara. 

Mitra kerja dalam mendukung kegiatan Sosialisasi Arfan Nasution dari Penerbit Buku PT. Erlangga dan Ucok Regar dari CV. Nurindo Raya serta CV. Rafka Karya sengaja ikut serta berpartisipasi dalam mendukung kegiatan Sisialisasi ini. Menurut mereka ini perlu diketahui sekolah atau lembaga pendidikan. Jadi kami hadir bersana dinas pendidikan, papar Arfan di dampingi Ucok Regar. 

Masih menurut Arfan bahwa mereka bertiga hadir dan mendukung kegiatan ini selain berbagi cara belanja dengan cara SIPLah juga memperkenalkan produk mereka melalui perusahaan masing-masing yang juga menyediakan berbagai macam keperluan baik untuk sekolah, pemerintahan maupun umum. 

Terkait RKAS/L yang akan di terapkan di Lembaga TK/PAUD dan PKBM, Ilyas mengatakan penggunaan dan pemanfaatan dana BOP di Batu Bara akan cepat dan tepat dalam hal pelaporan karena setiap terjadi transaksi langsung terhubung ke sistem Aplikasi Simpel BOP yang sebelumnya ada sekolah yang melakukan transaksi hari ini tetapi pencatatannya bisa dilakukan setelahnya bahkan sampai menjelang dana BOP tahap selanjutnya akan diterima. Kalau dengan sistem aplikasi yang dibangun ini tidak demikian lagi, terang Ilyas. 

Ilyas juga berharap sebaik apapun sebuah sistem kalau tidak dikerjakan sesuai ketentuan akan sia sia. oleh karenanya Ilyas menekankan perlu taat azas dan taat aturan dari pengelola dana BOP di sekolah/Lembaga agar Aplikasi ini manfaatnya bisa di dapat sekolah/Lembaga yang membutuhkan. 

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut selain Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, Kabid Dikdas GTK Nurbaya, Kabid PNFI Yusmaini, Camat Sei Balai Hanafi, Kasi dilingkungan bidang PNFI ( Safrial, Ahmadi, Fauziah dan staf teknis), Ketua Himpaudi Kabupaten Noveri dan Kecamatan, Kepala Sekolah/Pengelola Lembaga Paud, PKBM serta awak media cetak dan elektronik serta online yang berkesempatan hadir.
Editor: Budi

T#g:Ilyas SitorusZahir
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Jul 2021 17:41

    Ilyas: Ibadah Qurban Adalah Amal Kebaikan yang Disukai Allah

    Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dalam setiap kesempatan menghimbau kepada OPD agar didalam suasana pandemi seperti sekarang ini, dapat selalu berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.Hal tersebut di

  • Jumat, 21 Mei 2021 07:21

    Ilyas Sitorus: Disdik Batu Bara Prioritaskan Layanan Publik

    Dinas Pendidikan sebagai salah satu OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara sebagai penyelenggara pelayanan publik. Pelayanan tentu ada serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai

  • Minggu, 02 Mei 2021 18:32

    Ilyas Sitorus: Akan Segera Ditindak Lanjuti Hasil Audensi Apkasi

    Guna peningkatan mutu dan kualitas dalam bidang pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara memfasilitasi kegiatan Audensi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia melalui Program Unggula

  • Sabtu, 01 Mei 2021 16:01

    Ilyas Sitorus: Diklat Cakep Ini Membangun Komitmen Calon Kepala Sekolah Menuju 8 SNP

    Pendidikan dan pelatihan In Cervise Training 2 ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepala sekolahan sehingga siap untuk memangku jabatan kepala sekolah secara profesional

  • Senin, 19 Apr 2021 20:59

    Ilyas Sitorus: Pelantikan Pokja Bunda Paud Merupakan Gerakan Menciptakan Generasi Cerdas

    Tantangan yang dihadapi para tenaga pendidik dalam era transformasi cukup berat sehingga nilai-nilai agama, akhlak, peradaban dan etika perlu ditanamkan sejak usia dini. Pendidikan Taman Kanak-Kanan (

  • Kamis, 15 Apr 2021 19:15

    Ilyas Sitorus: Kemendikbud, GIZ, Disdik Lakukan Workshop Manajemen Sekolah

    Fungsi manusia dalam hal ini fungsi guru tidak bisa digantikan sepenuhnya dengan teknologi, tatap muka harus dilakukan agar terjalin hubungan emosional antara peserta didik dan guru dengan tetap meng

  • Jumat, 09 Apr 2021 05:09

    Ilyas: Satu Aplikasi bisa banyak membantu keperluan sekolah

    Bupati Batu Bara, Ir, H. Zahir, M. AP mengatakan bahwa Dunia pendidikan adalah ruang pintu pertama yang harus mengadopsi perkembangan global, karenanya dunia pendidikanlah yang menjadi baro-meternya.

  • Jumat, 09 Apr 2021 06:09

    Bupati Zahir Minta Para Pelaku UMKM Batu Bara Hadiri Acara Digital Entrepreneur Academy

    Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar, SH, meminta dan sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk menghadiri acara Digital Entrepre

  • Selasa, 30 Mar 2021 09:30

    Ilyas Sitorus: Sepeda Motor ini sebagai penambah penyemangat Korwil dan Korwas dalam tugas

    Pendidikan harus tetap berjalan walaupun dalam suasana Pandemik ini, pembelajaran tetap berlangsung, jadi pendidikan bukan libur.Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Ir Zahir didampingi Kadisdik

  • Senin, 29 Mar 2021 23:09

    Bupati Zahir Buka Rapat Koordinasi FKDM Batu Bara

    Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, M.AP pimpin sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) dalam upaya peningkatan kapasitas anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kabupaten Batu Ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak