Selasa, 18 Des 2018 19:07
  • Home
  • Ragam
  • Hasil Sidang Ke-2 Philindo MC Tahun 2018 Berikan Andil Besar Bernilai Strategis

Hasil Sidang Ke-2 Philindo MC Tahun 2018 Berikan Andil Besar Bernilai Strategis

Filipina (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Rabu, 05 Des 2018 09:05
Puspen TNI
Hasil Sidang ke-2 Philippines-Indonesia Military Cooperation (Philindo MC) tahun 2018 akan memberikan andil besar yang bernilai strategis pada perwujudan kawasan ASEAN yang lebih aman, damai dan sejahtera.

Demikian sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI  Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., pada saat memimpin bersama Sidang ke-2 Philindo MC Tahun 2018 dengan Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Carlito G. Galvez Jr. yang diwakili oleh Deputy Chief of Staff AFP VADM Gaudencio C. Colloado Jr. di  Taal Vista Hotel, Filipina, Selasa (4/12/2018).

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan bahwa mencermati dinamika lingkungan strategis saat ini, baik pada skala global maupun regional, dapat diprediksi berbagai tantangan dan ancaman yang patut diperhatikan dengan seksama serta memerlukan kewaspadaan bersama.

Selanjutnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menuturkan bahwa dalam mengantisipasi situasi keamanan di wilayah kawasan ASEAN maka Indonesia dan Filipina perlu bekerja sama secara sinergi dalam suatu kerangka kerja sama yang saling menguntungkan dalam berbagai bentuk interaksi kegiatan guna meningkatkan kapasitas kedua angkatan bersenjata dan keamanan kawasan perbatasan serta kerja sama dengan negara sekitarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan bahwa forum strategis Philindo MC telah menimbulkan dorongan dan keinginan kuat dari kedua belah pihak untuk memulai pembahasan Terms Of Reference (TOR) dari masing-masing sub-komite di bawah Philindo MC.

Dalam kesempatan yang sama Pangab Filipina Jenderal Carlito G. Galvez JR, AFP yang diwakili oleh Deputy Chief of Staff AFP VADM Gaudencio C. Colloado Jr. menyampaikan bahwa kerja sama yang dimiliki oleh kedua Angkatan Bersenjata sebagai bentuk dedikasi dan komitmen yang tak terukur pada peningkatan hubungan kedua negara.

Selanjutnya Pangab Filipina Jenderal Carlito G. Galvez Jr. menyampaikan bahwa sidang ke-2 Philindo MC dapat meningkatkan hubungan melalui perencanaan dan kolaborasi sebagai bentuk kerjasama untuk dimasa yang akan datang.

Delegasi Filipina yang hadir pada Philindo MC diantaranya Commander Eastmincon Letjen Benjamin Madrigal Jr., Deputy Chief of Staff for Intelligence Mayjen Fernando T. Trinidad, AFP, Deputy Chief of Staff for Operations Mayjen Isidro L. Purisima, AFP, Deputy Chief of Staff for Plans Mayjen Restituto Padilla Jr. AFP dan Deputy Chief of Staff for Education and Training Mayjen Elvin B. Velasco, AFP.

Turut hadir delegasi Indonesia Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Aslog Panglima TNI Laksda TNI Dr. Ir. Bambang Nariyono, M.M., Waasintel Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) R. Widad P Ajie, M.B.A., Grad. Dip. S.S., Waasops Panglima TNI Marsma TNI M. Khairil Lubis dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han).

Sidang ke-2 Philindo MC diakhiri dengan penandatanganan Minutes of Meeting (dokumen hasil sidang) dan penandatangananTerm of Reference (TOR) Joint Education and Training Sub Committee (JETSC).

Editor: Erickson

T#g:Filipina
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 04 Des 2018 18:04

    Kasum TNI Laksanakan Courtesy Call dengan Pangab Filipina

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI  Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan courtesy call kepada Deputy Chief of Staff AFP

  • Selasa, 04 Des 2018 02:04

    Kasum TNI Tiba di Villamor Air Force Base Filipina

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI  Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S

  • Rabu, 29 Agu 2018 19:29

    Bakamla RI Ikuti Pelatihan SEACAT ke-17 di Singapura dan Manila

    Sejumlah personel Bakamla mengikuti pelatihan 17th annual Southeast Asia Cooperation and Training (SEACAT) bersama peserta dari 7 negara lainnya sejak 27 Agustus 2018 dan akan berlangsung hingga beber

  • Sabtu, 16 Jun 2018 10:16

    Malam Takbir, Bakamla Amankan 11 Rumpon Philipina

    Meskipun dalam suasana cuti hari raya Idul Fitri 1439 H, penjaga keamanan di laut tetap menjalankan tugasnya.

  • Minggu, 12 Nov 2017 16:12

    Tiba di Filipina, Presiden Hadiri KTT ASEAN di Manila

    Tarian massal yang diikuti ratusan penari sambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Bandar Udara Clark Pampanga, Filipina, Minggu, (12/11/2017). Info diperoleh dari B

  • Minggu, 12 Nov 2017 15:22

    Bakamla RI Tangkap Satu Kapal Pencuri Ikan dan Angkat 12 Rumpon Philipina

    Patroli Keamanan Laut Bakamla RI mengamankan 1 Kapal pencuri ikan asal Philipina dan mengangkat 12 ponton atau rumpon liar nelayan Philipina di area perbatasan ZEE Laut Sulawesi, kemudian mengawal kap

  • Jumat, 13 Okt 2017 13:13

    Lakukan Comparative Study, Bakamla RI Kunjungi Philippine Coast Guard

    Delegasi Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Latihan Bakamla RI, Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si (Han) melakukan kunjungan kerja ke Philippine Coast Guard (PCG), di Manila, Filipina, beberapa

  • Rabu, 12 Jul 2017 21:32

    Panglima TNI: Pembangunan Nasional dan Satuan TNI di Perbatasan Perlu Sinkronisasi

    Wilayah kedaulatan Republik Indonesia terdapat beberapa perbatasan dengan negara lain, dan Pemerintah RI juga sudah mencanangkan sinkronisasi pilar pembangunan nasional dan satuan TNI. Oleh karena itu

  • Senin, 10 Jul 2017 09:10

    ISIS resmi dikalahkan dan diusir dari Mosul, Irak

    Setelah hampir 9 (sembilan) bulan terlibat dalam perang kota, akhirnya pasukan militer Irak berhasil melepaskan Mosul dari cengkeraman ISIS.

  • Kamis, 29 Jun 2017 23:49

    Militer Filipina Temukan 5 Warga Sipil Terpancung di Marawi

    Pihak Militer Filipina merilis bahwa Rabu, (28/6), pihaknya telah menemukan 5 (lima) warga sipil yang kepalanya dalam keadaan terpenggal di Kota Marawi yang dikuasai kelompok pemberontak berkedok agama.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak