Kamis, 27 Feb 2020 10:58
  • Home
  • Ragam
  • H-20 Lebaran, Kondisi Jalan Provsu di Palas Kian Ancam Keselamatan Pemudik

H-20 Lebaran, Kondisi Jalan Provsu di Palas Kian Ancam Keselamatan Pemudik

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Kamis, 16 Mei 2019 14:16
Maulana Syafii
Sejumlah titik kerusakan dan berlubang dalam pada badan jalan lintas provinsi di Kabupaten Palas yang kian ancam keselamatan pemudik jelang lebaran.
Hingga memasuki H-20 menuju perayaan lebaran Idul Fitri 1440 hijryah tahun 2019, sejumlah titik kerusakan berat, rusak sedang hingga rusak ringan, yang banyak terdapat di sepanjang badan jalan lintas provinsi di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), belum terlihat adanya tanda-tanda perbaikan jalan dari instansi terkait.

Berbagai pihak sangat mengkhawatirkan, dengan banyaknya titik kerusakan pada badan jalan provinsi yang tersebar di daerah Palas ini, kian mengancam keselamatan pemudik saat melintas di jalan yang rusak dan berlubang tersebut.

Pantauan wartawan, Kamis (16/05/2019) di sepanjang jalan mulai perbatasan Palas-Rohul di Desa Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) sampai ke Kota Sibuhuan, Kecamatan Barumun sepanjang sekitar 50-an kilometer, masih banyak ditemui kondisi badan jalan provinsi yang masih rusak parah dan berlubang dalam serta lebar, hingga menyerupai kubangan kerbau ataupun kubangan Kuda Nil.

Secara runut, sedikitnya terdapat puluhan titik-titik kerusakan badan jalan sepanjang sekitar 50-an kilometer mulai dari perbatasan Palas-Rohul hingga ke Kota Sibuhuan itu, yang harus diwaspadai oleh pengendara, agar terhindar dari kecelakaan.


Kerusakan badan jalan sudah ditemui mulai di perbatasan pada jembatan di Desa Sungai Korang, di titik jalan amblas di Desa Huragi, jembatan Pasar Panyabungan, turunan Puskesmas Huragi di titik Sungai Durian, jembatan dekat SPBU Mananti hingga Simpang Aliaga.

Kemudian, kubangan lewat Simpang Aliaga, terus turunan-tanjakan dekat Masjid Aliaga, kubangan jalan di lapangan perbatasan Desa Aliaga dengan Desa Pagaran Dolok dan turunan Desa Pagaran Dolok.

Selanjutnya, lubang besar di atas gorong-gorong Desa Parmainan yang pernah longsor, terus Kubangan Kuda Nil depan MDA NU Desa Parmainan, terus jalan rusak di sepanjang Desa Sibodak Sosa Jae sampai di jembatan Sialang Rindang, Desa Lubuk Bunut perbatan Kecamatan Huragi dengan Kecamatan Sosa.

Dari mulai Kecamatan Sosa hingga Kecamatan Barumun, beberapa titik kerusakan badan jalan yang dirilis yakni, mulai tikungan jembatan Desa Aek Tinga, tikungan jalan Desa Aek Tinga Bawah, terus Simpang PT KAS, di Desa Gunung Baringin, depan rumah Kepala Desa Janji Raja.


Kemudian, tikungan depan masjid Desa Tanjung Bale hingga ke arah kereng dan Desa Ampolu dan banyak titik kerusakan badan jalan sampai SD Desa Pasir Julu. Selanjutnya, badan jalan yang bergelombang di tanjakan dan turunan Si Mandi Angin hingga dekat PKS PT SH. Terus ke jalan trek lurus Bunut sampai jembatan Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun.

Saat ditanyai wartawan, Lukman, satu pengendara dari Pasir Pangaraian, Rohul menyatakan, keadaan jalan lintas provinsi di daerah Palas sangat mengesalkan dan tidak nyaman untuk dilalui berkenderaan.

"Tidak nyaman lah kita melintas di jalan raya daerah Palas ini. Badan jalannya kecil, banyak sekali kerusakan jalan, belum lagi lubang yang dalam dan besar di tengah badan jalan. Tidak jarang saya temui lubang di badan jalan yang dalamnya 50-70 sentimeter dan lebar lubang hingga 6 sampai 7 meter," ujarnya.

"Kami dari warga Rohul, Riau sangat berharap kiranya pemerintah di Provinsi Sumut dapat segera memperbaiki jalan lintas di Palas ini, karena kami sering melewati jalan ini," sebut Lukman yang mengaku baru pulang dari Gunung Tua hendak ke Pasir Pengaraian, Rohul.


Senada itu, Suherman satu warga Desa Aliaga dan Kumpul Hasibuan, Kepala Desa Parmainan kepada wartawan menegaskan, sudah banyak korban jiwa akibat terjadinya lakalantas di jalan yang rusak dan berlubang.

"Di sekitar jalan yang rusak dan berlubang dalam sampai 70 sentimeter itu, gak ada lampu penerangan jalan. Lubang di jalan tergenang air, saat ada kenderaan roda dua terperosok, terjatuhlah dia," ucap Kumpul.

"Sudah seharusnya pemerintah secepatnya dan sesegera mungkin memperbaiki kondisi jalan lintas provinsi yang rusak dan berlubang dalam ini, agar tidak lebih banyak lagi jatuh korban jiwa. Apalagi ini udah menjelang lebaran, tentu akan banyak jumlah kenderaan yang melintasi jalan lintas provinsi di Palas ini," ujarnya.
Editor: Adjie

T#g:InfrastrukturPalasramadhan
Berita Terkait
  • Kamis, 27 Feb 2020 09:27

    Ketua DPRD Sergai Salut Kapolres Turun Langsung Pimpin Penggerebekan Judi & Narkoba

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE mengapresiasi dan mendukung kinerja Kapolres Sergai AKBP Robinson  Simatupan

  • Senin, 03 Feb 2020 19:03

    Banjir Bandang Putus Jalan Desa, Dandim 0824/Jember Bersama Forkopimda Turun Ke Lapangan

    Cuaca ekstrim yang berpotensi turunnya hujan dengan intensitas curah hujan yang relatif tinggi mulai berdampak di Jember, mengakibatkan aliran kali dengan hulu di lereng Gunung Argopuro tepatnya di wi

  • Kamis, 23 Jan 2020 20:03

    Inilah Kondisi Jalan Utama Di Kecamatan Ujung Batu, Paluta

    Masyarakat Menanti, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Padang Lawas Utara, kesal dan kecewa akibat harus melintasi jalan yang sangat memprihatinkan, di jalan antara Desa Mananti dan Desa ManareTua, di ke

  • Minggu, 19 Jan 2020 11:19

    Babinsa Curah Kalong Bantu Masyarakat Kerjabakti Lebarkan Jalan Desa

    Salah satu sarana untuk mendukung rutinitas warga masyarakat Desa Sumberkalong Kec Bangsalsari Kab Jember, adalah tersedianya jalan desa yang memadai. Kondisi jalan desa yang menghubungkan Dusun Sumbe

  • Rabu, 15 Jan 2020 17:15

    Satgas Yonif 755 Kostrad Bersama Masyarakat Perbaiki Jalan Papan di Kampung Senggo Papua

    Personel Satgas Yonif 755/Yalet/20/3 Kostrad bersama-sama dengan Koramil dan masyarakat memperbaiki jalan papan yang berada di Kampung Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, Rabu (15/1/2

  • Rabu, 08 Jan 2020 14:28

    Sertijab 48 Kades, Camat Dolok: Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

    Serah terima jabatan (Sertijab) 48 orang Kepala Desa (Kades) Se-Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang dihadiri Assisten II Pemkab Paluta selaku perwakilan dari Bupati Paluta Andar

  • Kamis, 02 Jan 2020 14:12

    Masyarakat Ingatkan Gubernur Sumut Untuk Perbaiki Jalinsum di Sinabongan

    Jalan lintas provinsi Sumut, di ruas jalan Hutaimbaru ke Sipiongot, tepatnya di desa Sinabongan sampai ke desa Pasar Sipiongot cenderung semakin rusak. Banyak titik berlobang dan digenangi air yang te

  • Senin, 06 Jan 2020 03:06

    Mendukung Prioritas Proyek Infrastruktur Pemerintah

    Pemerintahan Jokowi-MA'ruf terus berkomitmen melanjutkan Pembangunan infrastruktur. Selama tahun 2019, Pemerintah telah meresmikan sederet mega proyek infrastruktur guna menunjang daya saing bang

  • Sabtu, 28 Des 2019 03:28

    Mengapresiasi Keberhasilan Pemerintah Membangun Infrastruktur

    Pembangunan merupakan salah satu program prioritas pemerintah saat ini. Atas keberhasilan pembangunan baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya, tentu wajar jika Jokowi terpilih kembali untuk m

  • Sabtu, 07 Des 2019 19:37

    Kondisi Jalan Di Sigompulon, Paluta Ini Sangat Memprihatinkan

    Jalan Poros Pasar Simundol-Sayur Matinggi Kecamatan Dolok Sigompulon Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sulit untuk dilalui dan sangat memprihatinkan.Lokasi jalan yang rusak parah itu terlihat pers

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak