Senin, 23 Sep 2019 19:02
  • Home
  • Ragam
  • H-20 Lebaran, Kondisi Jalan Provsu di Palas Kian Ancam Keselamatan Pemudik

H-20 Lebaran, Kondisi Jalan Provsu di Palas Kian Ancam Keselamatan Pemudik

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Kamis, 16 Mei 2019 14:16
Maulana Syafii
Sejumlah titik kerusakan dan berlubang dalam pada badan jalan lintas provinsi di Kabupaten Palas yang kian ancam keselamatan pemudik jelang lebaran.
Hingga memasuki H-20 menuju perayaan lebaran Idul Fitri 1440 hijryah tahun 2019, sejumlah titik kerusakan berat, rusak sedang hingga rusak ringan, yang banyak terdapat di sepanjang badan jalan lintas provinsi di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), belum terlihat adanya tanda-tanda perbaikan jalan dari instansi terkait.

Berbagai pihak sangat mengkhawatirkan, dengan banyaknya titik kerusakan pada badan jalan provinsi yang tersebar di daerah Palas ini, kian mengancam keselamatan pemudik saat melintas di jalan yang rusak dan berlubang tersebut.

Pantauan wartawan, Kamis (16/05/2019) di sepanjang jalan mulai perbatasan Palas-Rohul di Desa Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) sampai ke Kota Sibuhuan, Kecamatan Barumun sepanjang sekitar 50-an kilometer, masih banyak ditemui kondisi badan jalan provinsi yang masih rusak parah dan berlubang dalam serta lebar, hingga menyerupai kubangan kerbau ataupun kubangan Kuda Nil.

Secara runut, sedikitnya terdapat puluhan titik-titik kerusakan badan jalan sepanjang sekitar 50-an kilometer mulai dari perbatasan Palas-Rohul hingga ke Kota Sibuhuan itu, yang harus diwaspadai oleh pengendara, agar terhindar dari kecelakaan.


Kerusakan badan jalan sudah ditemui mulai di perbatasan pada jembatan di Desa Sungai Korang, di titik jalan amblas di Desa Huragi, jembatan Pasar Panyabungan, turunan Puskesmas Huragi di titik Sungai Durian, jembatan dekat SPBU Mananti hingga Simpang Aliaga.

Kemudian, kubangan lewat Simpang Aliaga, terus turunan-tanjakan dekat Masjid Aliaga, kubangan jalan di lapangan perbatasan Desa Aliaga dengan Desa Pagaran Dolok dan turunan Desa Pagaran Dolok.

Selanjutnya, lubang besar di atas gorong-gorong Desa Parmainan yang pernah longsor, terus Kubangan Kuda Nil depan MDA NU Desa Parmainan, terus jalan rusak di sepanjang Desa Sibodak Sosa Jae sampai di jembatan Sialang Rindang, Desa Lubuk Bunut perbatan Kecamatan Huragi dengan Kecamatan Sosa.

Dari mulai Kecamatan Sosa hingga Kecamatan Barumun, beberapa titik kerusakan badan jalan yang dirilis yakni, mulai tikungan jembatan Desa Aek Tinga, tikungan jalan Desa Aek Tinga Bawah, terus Simpang PT KAS, di Desa Gunung Baringin, depan rumah Kepala Desa Janji Raja.


Kemudian, tikungan depan masjid Desa Tanjung Bale hingga ke arah kereng dan Desa Ampolu dan banyak titik kerusakan badan jalan sampai SD Desa Pasir Julu. Selanjutnya, badan jalan yang bergelombang di tanjakan dan turunan Si Mandi Angin hingga dekat PKS PT SH. Terus ke jalan trek lurus Bunut sampai jembatan Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun.

Saat ditanyai wartawan, Lukman, satu pengendara dari Pasir Pangaraian, Rohul menyatakan, keadaan jalan lintas provinsi di daerah Palas sangat mengesalkan dan tidak nyaman untuk dilalui berkenderaan.

"Tidak nyaman lah kita melintas di jalan raya daerah Palas ini. Badan jalannya kecil, banyak sekali kerusakan jalan, belum lagi lubang yang dalam dan besar di tengah badan jalan. Tidak jarang saya temui lubang di badan jalan yang dalamnya 50-70 sentimeter dan lebar lubang hingga 6 sampai 7 meter," ujarnya.

"Kami dari warga Rohul, Riau sangat berharap kiranya pemerintah di Provinsi Sumut dapat segera memperbaiki jalan lintas di Palas ini, karena kami sering melewati jalan ini," sebut Lukman yang mengaku baru pulang dari Gunung Tua hendak ke Pasir Pengaraian, Rohul.


Senada itu, Suherman satu warga Desa Aliaga dan Kumpul Hasibuan, Kepala Desa Parmainan kepada wartawan menegaskan, sudah banyak korban jiwa akibat terjadinya lakalantas di jalan yang rusak dan berlubang.

"Di sekitar jalan yang rusak dan berlubang dalam sampai 70 sentimeter itu, gak ada lampu penerangan jalan. Lubang di jalan tergenang air, saat ada kenderaan roda dua terperosok, terjatuhlah dia," ucap Kumpul.

"Sudah seharusnya pemerintah secepatnya dan sesegera mungkin memperbaiki kondisi jalan lintas provinsi yang rusak dan berlubang dalam ini, agar tidak lebih banyak lagi jatuh korban jiwa. Apalagi ini udah menjelang lebaran, tentu akan banyak jumlah kenderaan yang melintasi jalan lintas provinsi di Palas ini," ujarnya.
Editor: Adjie

T#g:InfrastrukturPalasramadhan
Berita Terkait
  • Senin, 23 Sep 2019 15:03

    Tolak Bencana Kabut Asap di Palas, Pemkab dan MUI Akan Gelar Istighosah

    Dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia selama beberapa minggu terakhir, berdampak pada menebalnya kabut asap yang menyelimuti sejumlah daerah kecamatan yang ters

  • Sabtu, 31 Agu 2019 16:01

    4 Hari menjelang "Sail Nias", Masyarakat ragukan perbaikan infrastruktur jalan

    Event internasional "Sail Nias 2019" akan segera digelar, namun jalan menuju lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut, tepatnya di pantai Tagaule Onolimbu, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Uta

  • Jumat, 30 Agu 2019 13:40

    Jalan Protokol Ajumu Rusak, Provsu Diminta Tegur Perusahaan Pembawa Muatan Melebihi Tonase

    Potret jalan protokol Ajamu yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Mulai dari sepanjang jalan Sei Pinang hingga jalan menuju simpang Ajamu kondisi jalan tampak dengan kasat mata kondisinya be

  • Kamis, 29 Agu 2019 06:49

    Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan dan Jembatan, Edy Rahmayadi Minta Dinas Bina Marga Bentuk Pokja

    Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan yang ada di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta Dinas Bina Marga segera membentuk kelompok kerja (Pokja) dengan me

  • Selasa, 27 Agu 2019 13:47

    100 Desa di Palas Ikut Pilkades Serentak

    Sebanyak 100 dari 303 desa yang tersebar di 12 kecamatan di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019, yang akan digelar se

  • Senin, 26 Agu 2019 17:06

    Tapal Batas Desa di Palas Ditata

    Untuk memastikan titik tapal batas desa, agar pembangunan dana desa tidak bersinggungan dengan desa tetangga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas (Palas), menggelar sos

  • Senin, 26 Agu 2019 15:26

    Diskanak Palas Genjot Program Peternakan ke Masyarakat

    Tahun ini, pihak Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Padang Lawas (Diskanak Palas) kembali menggenjot program peternakan, yang bersumber dari dana APBD Provinsi Sumut tahun anggaran 2019, dengan

  • Rabu, 21 Agu 2019 17:51

    Gubernur Ingatkan Arsitek Jangan Ikut Jadi Penipu

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan agar para arsitek jangan menjadi penipu atau ikut saling menutupi penipuannya.

  • Kamis, 15 Agu 2019 20:55

    54 Anggota Paskibraka Palas 2019 Dikukuhkan Wabup Palas

    Sebanyak 54 anggota pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang akan bertugas dalam menaikkan dan menurunkan bendera merah putih, dalam acara detik-detik peringatan Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2

  • Rabu, 14 Agu 2019 09:44

    Gubsu Berikan Perhatian Terhadap Indeks Kemiskinan di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi sangat memberi perhatian penuh terhadap Indeks kemiskinan penduduk Provinsi Sumatera Utara yang dianggapnya masih tinggi saat menyampaikan 5 indikator mak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak