Jumat, 05 Jun 2020 19:57
  • Home
  • Ragam
  • Gubernur Sumut Dukung Langkah Strategis dan Inovasi Pemkab Labuhanbatu

Gubernur Sumut Dukung Langkah Strategis dan Inovasi Pemkab Labuhanbatu

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Jumat, 26 Apr 2019 09:06
Junaidi
Saya mendukung langkah-langkah strategis yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah melalui peningkatan kualitas dan intenitas kegiatan Litbang di berbagai lini yang dapat menumbuhkan inovasi dalam berbagai sektor urusan seperti misalnya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang telah memberikan peran kepada Lembaga Litbang Daerahnya untuk melakukan inovasi dalam berbagai program dan kegiatan mendukung Perangkat daerah lainnya untuk menginisiasi dan mengkoordinasi kebutuhan dan mengimplementasikan E-Government dalam sistem pemerintahannya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Selasa (23/4/2019), dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubsu Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nouval Makhyar, SH dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 di Hotel Grand Antares Medan.

"Saya mengapresiasi kebijakan ini dan mendukung kepada Pemerintah Daerah lainnya di Sumatera Utara yang juga telah melaksanakan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Oleh karenanya peran Lembaga Litbang dalam upaya membangun kemampuan inovasi di daerah diharapkan dapat menjadi penyokong utama terbentuknya inovasi-inovasi oleh perangkat daerah lainnya yang berkualitas dan memberi manfaat disegala bidang dan sektor pembangunan di daerah", jelas Gubsu.


Gubsu dalam sambutan tertulisnya mengharapkan Rakorda hari ini dapat memberikan informasi dan gambaran apa yang bisa kita siapkan kedepan, baik strategi ataupun kebijakan dengan melihat berbagai langkah yang telah disusun oleh Pemerintah Pusat melalui informasi narasumber dari Kemenristek Dikti dan Balitbang Kemendagri serta upaya yang sudah dilaksanakan salah satu Pemerintah Daerah di Sumatera utara dan sinergi atau koloborasinya dengan Perguruan Tinggi.

Dalam acara Rakorda Litbang Provsu Tahun 2019 yang bertemakan "Peran Lembaga Litbang Dalam Membangun Jejaring Inovasi Kelitbangan Di Era Revolusi Industri 4.0" ini, Plt. Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe diwakili Kepala Balitbang Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM bertindak sebagai salah satu narasumber dengan visi "Menuju Sejahtera 2021, Labuhanbatu Semakin Hebat Lebih Berdaya", dengan strategi Sukses mengarungi era industri 4.0 dengan membangun jejaring inovasi daerah.


Selain visi, dalam paparannya Kepala Balitbang Kabupaten Labuhanbatu ini menyampaikan misi dengan "Kata Kunci" Pemerintahan Bersih, Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian dan Infrastruktur yang tertuang dalam visi dan misi RPJMD 2016-2021.

Hobol Zulkifli Rangkuti menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Labuhanbatu telah membangun kerjasama melalui penandatanganan kerjasama, pada tahun 2017 dengan Provinsi Sumatera Utara (Kelitbangan dan Inovasi), kemudian dengan Politeknik Negeri Medan (Rantauprapat Smart City), selanjutnya pada tahun 2018 menjalin kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Pusat Jejaring Inovasi Daerah), Balitbang Provinsi Sumatera Utara (Kelitbangan dan Inovasi), Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara (Pertanian) dan Fakultas Perikanan Universitas Riau (Perikanan dan Kelautan/Nelayan).

Selanjutnya Program Kelitbangan di awal 2019 yaitu Laboratorium Inovasi (kerjasama dengan LAN-RI), FGD Triple Helix (Akademisi Usahawan- Pemkab Labuhanbatu), Denfarm Peningkatan Indeks Pertanaman pada lahan tadah hujan dan pada awal tahun 2019 tersebut, Pemkab Labuhanbatu telah menjalin dan menandatangani MoU atau Kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negera Republik Indonesia (LAN-RI), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Medan (ITM), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Medan Area (UMA), Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Sumatera Utara, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumatera Utara dan Ikatan Alumni ITB Sumatera Utara.

Dalam acara Rakorda tersebut, turut dihadiri Kepala Balitbang Kemendagri yang diwakili Kepala Bagian Perencanaan Muhammad Noval, ST, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi DR H. Mhd Isa Indrawan, SE, MM, Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Sumatera Utara Prof. DR. Ir. Harmein Nasution, MSIE, Kepala Urusan Penelitian Kelapa Sawit DR. Eka Nuryanto dan Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Utara.
Editor: Budi

T#g:LabuhanbatuMedan
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Jun 2020 21:54

    Di Taman Adipura Rantauprapat, Dandim 0209/LB Sosialisasikan Pentingnya Melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19

    Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso yang juga sebagai wakil ketua I Gugus Tugas penanganan covid-19 Kabupaten Labuhanbatu memimpin sosialisasi protokol kesehatan yang dilaksanakan di Taman Adipura Rantauprapat, Kamis (4/6/2020).

  • Kamis, 04 Jun 2020 12:24

    Pemko Medan Akan Beri Bantuan Pada Perguruan Swasta

    Surat Edaran (SE) Wali Kota Medan No.429/3481 tanggal 14 Mei 2020 tentang Keringanan Biaya Pendidikan Pada Perguruan Swasta mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), SD dan

  • Selasa, 02 Jun 2020 18:12

    Jelang Berakhirnya Kontrak BOT, Akhyar Tinjau Medan Mall

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau Medan Mall di Jalan MT Haryono No 8, Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Selasa (2/6/2020).

  • Senin, 01 Jun 2020 16:31

    Mengintip Nuansa Pedesaan Di Pekarangan Belakang Rumah Dinas Dandim 0209/LB

    Pekarangan belakang rumah dinas Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso yang tidak begitu luas, mencerminkan nuansa pedesaan dengan dipenuhi tanaman buah- buahan dan sayuran lengkap dengan kolam ikan mas yang terlihat asri dan nyaman.

  • Sabtu, 30 Mei 2020 16:10

    Penyaluran Bantuan Tahap 2, Akhyar Minta Warga Dilayani Dengan Baik

    Proses penyaluran bantuan tahap kedua dari Pemko Medan kepada warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Lingkungan VI dan XII, Kelurahan Pasar Merah, Kecamatan Medan Area berlangsun

  • Jumat, 29 Mei 2020 18:29

    Pemko Medan Lakukan Persiapan Laksanakan New Normal

    Pemko Medan saat ini tengah mempersiapkan segala sesuatu untuk menuju tatanan kehidupan baru yakni new normal. Persiapan yang dilakukan itu meliputi infrastruktur, kultur serta kesiapan masyarakat dar

  • Kamis, 28 Mei 2020 17:08

    Plt Walikota Akhyar Nasution Kunjungi Nursima, Warga Bromo, Medan Denai

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengunjungi salah satu warga yang bernama Nursima (63) di kediamannya, di Jalan Bromo Gang Satya lingkungan 12 Kelurahan Binjai Kecamatan

  • Jumat, 22 Mei 2020 14:12

    Babinsa Koramil 01/AK Sambangi Rumah Warga Kurang Mampu Bagikan Paket Sembako

    Koramil 01/AK Kodim 0209/LB melalui Babinsa di tengah wabah Virus Corona di penghujung bulan puasa Ramadhan 1441 H/2020 M, membagikan paket sembako ke warga kurang mampu yang terdampak Pandemi Covid-1

  • Selasa, 19 Mei 2020 21:49

    Akhyar: Seluruh Pimpinan OPD Harus Tingkatkan Kinerja

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan rekomendasi dan masukan yang disampaikan DPRD Medan akan menjadi acuan bagi Pemko Medan dalam mewujudkan suksesnya pembangunan kota.

  • Selasa, 19 Mei 2020 17:49

    Gebrakan Awal Kasat Narkoba Polres Labuhanbatu AKP Martualesi Sitepu, Sikat Pelaku Kurir Narkoba

    AKP Martualesi Sitepu, SH.MH baru saja menjabat sebagai Kasat Narkoba di Polres Labuhanbatu mengantikan pejabat lama AKP I Kadek Heri Cahyadi. Di awal tugasnya sudah melakukan gebrakan dalam pemberant

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak