Kamis, 29 Jul 2021 00:27
  • Home
  • Ragam
  • Edy Rahmayadi Sambut Baik Dirjen Adwil Bantu Selesaikan Permasalahan Batas Daerah

Edy Rahmayadi Sambut Baik Dirjen Adwil Bantu Selesaikan Permasalahan Batas Daerah

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 07 Mei 2021 13:07
Istimewa
Edy Rahmayadi menerima kunjungan rombongan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Medan, Kamis (6/5/2021).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan rombongan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (6/5). Percepatan penegasan batas wilayah daerah menjadi salah satu dibahas dalam pertemuan tersebut.

Hadir di antaranya Plh Dirjen Adwil Kemendagri Suhajar Diantoro, Direktur Toponimi Adwil  Sugiarto, Kasubdit Sarpras dan Informasi Kebakaran Evan Nur Setya Hadi, dan Kasubdit  Fasilitasi Pelayanan Umum Halomoan Pakpahan, serta lainnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih atas bantuan Kemendagri untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah di daerah ini. Menurutnya, permasalahan batas wilayah ini muncul karena banyaknya pemekaran daerah, dibandingkan dengan provinsi lain.


"Saya sangat monitor ini, dan syukurlah ini selesai, tinggal beberapa daerah lagi. Namun tahap selanjutnya saya menginginkan Kota Medan untuk diperluas wilayahnya. Dan ini bisa untuk dibahas selanjutnya," ucap Edy Rahmayadi, didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Afifi Lubis dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar.

Sebelumnya, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Afifi Lubis dalam laporannya mengenai progres perbatasan daerah ini mengatakan, sesuai penegasan Mendagri mengenai percepatan batas daerah, ada beberapa penekanan dimana di Sumut merupakan peringkat ketiga di Indonesia mengenai masalah batas daerah.

Namun, menurutnya, saat ini sudah terselesaikan, di antaranya perbatasan Aceh, Riau dan Sumbar dengan terbitnya Permendagri mengenai batas wilayah tersebut. Sedangkan untuk 31 daerah kabupaten/kota, dilaporkan Afifi sudah 29 batas daerah yang selesai penandatangan, untuk selanjutnya diterbitkan Permendagri.


"Kami sangat berterima kasih pada Dirjen dan kami berharap ada hal lain yang dapat kita selesaikan," katanya.

Sementara itu, Plh Dirjen Adwil Kemendagri Suhajar Diantoro menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan ini untuk mendiskusikan dengan Gubernur mengenai batas daerah. Sebagai mana diterangkan dalam UU Cipta Kerja, yang diturunkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 43/2021 tentang Penyelesaian Ketidaksesuaian Tata Ruang, Kawasan Hutan, Izin dan/atau Hak Atas Tanah, diamanatkan tata ruang di Indonesia harus segera diselesaikan perkabupaten berbasis provinsi.

Dijelaskannya, permasalaham tata ruang ini bermula karena adanya pemekaran tahun 2000, setelah reformasi di beberapa wilayah di provinsi yang mewariskan beberapa permasalahan bekas batas wilayah yang tidak tertata dengan baik.


"Untuk itu saya datang menemui Bapak, untuk mendiskusikan ini. Masalah terwariskan yang harus segara kita selesaikan. Perintah Presiden sampai 2 Agustus 2021 semua batas wilayah harus sudah terselesaikan. Karena kalau tidak selesai juga akan berdampak pada investasi dimana pengusaha tidak akan melirik bila tataruang ini tidak diselesaikan," katanya.

Provinsi sendiri memiliki tenggat waktu sampai  2 Juli 2021 harus segera menyelesaikan batas wilayahnya dan kemudian data tersebut akan masuk ke Kementerian, selanjutnya diserahkan ke Presiden.

Dengan pertemuan ini, diharapkan Suhajar, nantinya akan membangun sinergi dengan tim penegasan batas daerah (PBD) pusat, dalam percepatan penegasan batas daerah. Kemendagri telah menurunkan tim untuk fasilitas penegasan batas daerah dan kemudian akan dilakukan rapat analisa dan evaluasi percepatan penegasan batas daerah secara periodik setiap hari.
Editor: Herda

T#g:perbatasan
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Jul 2021 18:03

    Pemasangan Batu Kiri-Kanan Badan Jalan TMMD Terus Dikebut Satgas Kodim 0204/DS

    Pemasangan batu koral sebagai pembatas kiri-kanan badan jalan TMMD terus dikebut personel Satgas Kodim 0204/Deliserdang.Pekerjaan ini ikut dibantu warga sekitar Dusun VIII Pagar Gunung, Desa Mabar, Ke

  • Jumat, 02 Jul 2021 22:22

    TNI Beri Motivasi Dan Bangkitkan Semangat Belajar Anak-Anak Perbatasan Papua

    Menghadapi masa pandemi Virus Covid-19 yang tak kunjung usai, Pos Wembi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY berinisiatif untuk mengajak anak-anak belajar bersama di Kampung Wembi, Distrik Mannem

  • Rabu, 30 Jun 2021 11:50

    Bersama Pemerintah, Satgas Yonif 512/QY Tekan Angka penyebaran Covid-19 Di Tapal Batas Papua

    Dalam rangka menekan angka penyebaran Virus Covid-19 di wilayah perbatasan Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY bersama dengan aparat TNI-Polri dan Pemda Kabupaten Keerom melakukan sweepin

  • Jumat, 25 Jun 2021 19:25

    Kapusjianstra TNI : Wilayah Perbatasan Sangat Penting Karena Menyangkut Kedaulatan Negara

    Pengelolaan wilayah perbatasan adalah hal yang sangat penting, karena menyangkut kedaulatan negara. Terdapat kencenderungan wilayah perbatasan menjadi daerah rawan degradasi kedaulatan, karena pendudu

  • Sabtu, 29 Mei 2021 14:29

    Koramil Selakau Laksanakan Pengawasan Di Posko Penyekatan

    Berlokasi di Desa Semelagi Besar, Kecamatan Selakau tepatnya di perbatasan Sambas - Singkawang, anggota satuan Koramil 06/Selakau  menggelar operasi penyekatan dan pengawasan penanganan Covid-19 Kabupaten Sambas, Jumat (28/5/2021).

  • Rabu, 12 Mei 2021 11:42

    Dir Lantas Polda Sumut Cek 7 Pos Penyekatan di Perbatasan

    Guna mendukung Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta himbauan larang mudik, Direktur Dit Lantas Polda Sumut Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda SH SIK memantau 7 pos penyekatan di Wilayah perbatasan Provinsi ini.

  • Sabtu, 01 Mei 2021 14:01

    Ramadhan di Perbatasan, Satgas Yonif 642/Kapuas Laksanakan Ibadah Bersama Warga

    Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Pos Sei Tengah, membaur bersama masyarakat melaksanakan tadarus Al Qur'an bersama selepas ibadah Tarawih di Masjid Nurul Iman, Dusun Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas, Kalbar, Kamis (29/04/2021) malam.

  • Jumat, 23 Apr 2021 19:43

    Cegah Kegiatan Ilegal Di Perbatasan Papua, Satgas Yonif 512 Gelar Sweeping

    Guna mencegah terjadinya kegiatan ilegal di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, anggota Pos Workwana Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY menggelar kegiatan Sweeping di jalan po

  • Kamis, 22 Apr 2021 02:22

    Satgas Yonif 512 berbagi kasih dengan masyarakat perbatasan Papua

    Dalam nuansa bulan suci ramadhan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY berbagi kasih kepada masyarakat perbatasan dengan membagikan sembako kepada warga Kampung Yuwainda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

  • Jumat, 16 Apr 2021 07:16

    Satgas Yonif 512 Ajak Masyarakat Perbatasan Jaga Keutuhan NKRI

    Di sela-sela kegiatan anjangsana ke kampung binaan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Waris mengajak masyarakat perbatasan Papua untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI di Kampu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak