Minggu, 25 Agu 2019 04:21
  • Home
  • Ragam
  • Diresmikan Presiden, Tol Pandaan- Malang Sementara Gratis

Diresmikan Presiden, Tol Pandaan- Malang Sementara Gratis

Jatim (utamanews.com)
Oleh: Dito
Senin, 13 Mei 2019 12:53
Biro Pers Istana
Gubernur Jatim dan Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan beroperasinya Seksi 1-3 Ruas Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur, Senin (13/5) ini. Ruas tol sepanjang 30,6 kilometer (km) itu sudah selesai dan siap dioperasikan.

"Mudah-mudahan keseluruhan ruas tol Pandaan-Malang bisa selesai lebih cepat. Mulai besok kita akan operasikan Seksi 1 sampai 3. Apabila seksi 4-5 selesai bisa langsung dioperasikan saja (tidak perlu diresmikan lagi)," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau persiapan peresmian Tol Pandaan-Malang yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol (GT) Singosari, Minggu (12/5).

Jalan Tol Pandaan- Malang memiliki total panjang 38,488 km. Saat ini pembangunan Seksi 4 sepanjang 4,8 km telah mencapai progres 87%, sementara untuk Seksi 5 sepanjang 3,1 km sempat tertunda karena ditemukannya situs budaya sehingga dilakukan pergeseran trase sejauh 17 meter dari trase awal.

Mengenai tarif, Menteri PUPR mengatakan tarif belum diberlakukan sepanjang masa sosialisasi kepada masyarakat. "Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya, termasuk untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019," ujar Basuki.



Dibuka Fungsional

Sementara Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengatakan untuk Tol Pandaan-Malang Seksi 4 sepanjang 4,8 km menuju Kota Malang dapat dibuka fungsional pada saat mudik. "Progresnya sudah 87% namun bisa kita fungsikan untuk membantu kelancaran mudik. Hanya saja gerbang keluarnya di Pakis tidak terlalu besar sehingga akan diatur sebagian bisa keluar di Pakis sebagian keluar di Singosari," jelas Sugiyartanto.

Pada exit Singosari juga tengah dikerjakan pembangunan Underpass Karanglo yang berfungsi memecah arus lalu lintas dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya, dengan kendaraan yang keluar Singosari menuju Batu sehingga tidak menimbulkan kemacetan.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan, Underpass Karanglo dilengkapi drainase yang mengalirkan air secara gravitasi ke Sungai Bodo yang lebih rendah elevasinya melalui dua pipa HDPE berukuran 60 cm. Ditambah tersedianya pompa submersible untuk mengalirkan air saat hujan hingga Sungai Bodo. Pembangunan Underpass Karanglo merupakan bagian dari pekerjaan pembangunan Tol Pandaan-Malang Seksi 3.

Konstruksi Tol Pandaan-Malang Seksi 5 sepanjang 3,1 km sempat tertunda karena ditemukannya situs budaya sehingga dilakukan pergeseran trase sejauh 17 meter dari trase awal.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Biaya investasi sebesar Rp5,9 triliun.


Beroperasinya Tol Pandaan-Malang mempercepat waktu tempuh dan biaya mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Jalan tol juga diharapkan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari, dan kawasan wisata Batu. Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Pengguna jalan tol Pandaan-Malang akan disuguhi pemandangan alam pegunungan salah satunya di gerbang tol Lawang yang memiliki pemandangan menawan dari Gunung Arjuno.
Editor: Tommy

T#g:Jalan tolJatimmalang
Berita Terkait
  • Kamis, 08 Agu 2019 18:48

    Gubsu: Proyek Jalan Tol di bantaran sungai Deli, bukan kepentingan Aguan dan Benny Basri

    Mimpi besar Gubsu Edy Rahmayadi untuk membangun jalan Tol di atas bantaran sungai, ternyata ada juga yang mempertanyakannya. Disebutkan, kalau proyek tersebut diduga dibangun untuk kepentingan Aguan d

  • Jumat, 07 Jun 2019 03:07

    Pembangunan Infrastruktur, Upaya Konkrit Antispasi Kemacetan Saat Mudik

    Keputusan yang diambil Jokowi memang tidak terbebas dari kritikan yang ada di kubu sebelahnya, apalagi jika keputusan tersebu dibuat menjelang pemilihan dirinya yang kedua saat itu, sudah pasti jika p

  • Minggu, 03 Mar 2019 18:03

    Panglima TNI Silaturahmi dengan Aremania di Kota Malang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. berkunjung ke tanah kelahirannya, Kota Malang, Jawa Timur, dalam rangka bersilaturahmi dengan Aremania (Arema FC) dan masyarakat Malang Raya pada acara

  • Rabu, 06 Feb 2019 03:06

    Forum Kiai Jawa Timur Deklarasikan Dukungan Kepada Jokowi-Ma'ruf

    Sebanyak 200 kiai yang tergabung dalam Forum Kiai Bersatu Jatim (FKBJ) mendeklarasikan dukungan untuk pemenangan pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

  • Jumat, 04 Jan 2019 10:04

    Panglima TNI: Perkuat Komitmen Persatuan dan Kesatuan Bangsa

    Di masa mendatang persaingan dengan negara-negara lain akan semakin meningkat, namun demikian hanya negara dengan sumber daya manusia unggulan yang akan menjadi pemenang. Oleh sebab itu, negara yang p

  • Senin, 31 Des 2018 20:21

    Panglima TNI Silaturahmi dan Doa Bersama di Pondok Pesantren UNIQ Malang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H. mewakili Kapolrimelaksanakan silaturahmi dan doa bersama mengakhiri tahun 2018 di Yayasan Pon

  • Kamis, 29 Nov 2018 03:29

    Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Jawa Timur

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. dan Pangkostrad Jenderal TNI Andika Perkasa S.E., M.A., M.Sc., M.Phi

  • Senin, 17 Sep 2018 06:17

    Dandim 0824 Ikut Undi Hadiah Bank Jatim

    Bertempat di Alun-alun Jember pada Sabtu (15/09/2018) malam, dilaksanakan acara Malam Gebyar Undian Bank Jatim dalam rangka HUT Bank Jatim tahun 2018 dengan hiburan orkes dangdut Lagista dan Bintang T

  • Senin, 16 Jul 2018 04:16

    Jokowi Minta Rest Area Jalan Tol Diisi Brand Lokal, Setop Starbucks

    Presiden Jokowi mempersilakan bupati, wali kota untuk bekerja sama dengan pengelola, dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mengelola jalan tol."Semua produk tidak hanya makanan dan minuman, prod

  • Senin, 11 Jun 2018 19:11

    Gubernur: Jalan Tol Gratis Kado Lebaran Masyarakat Sumut

    Gubsu Dr Ir HT Erry Nuradi meresmikan operasional ruas jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Seksi 1 Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 Km, Senin (11/6/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak