Rabu, 28 Jul 2021 00:53
  • Home
  • Ragam
  • Desa Bakkal Gajah Dairi Siap Bersaing di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Bakkal Gajah Dairi Siap Bersaing di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Jumat, 18 Jun 2021 18:28
Istimewa
Desa Bakkal Gajah, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi siap bersaing menjadi desa terbaik pada lomba desa tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu diketahui setelah tim penilaian lomba desa dari Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Ketua tim Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bayu Tampubolon datang ke Dairi melakukan penilaian, Kamis (17/6/2021).

Kedatangan tim penilaian lomba desa dari Provinsi Sumatera Utara ke Desa Bakal Gajah disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Dairi Leonardus Sihotang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Desa Bakkal Gajah Humitar Sitorus dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bakkal Gajah Ny Donna Humitar Sitorus.

Sekda Dairi Leonardus Sihotang dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan pengembangan desa ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan merupakan hal yang baik untuk mengukur tingkat pengembangan desa.

Dengan adanya penilaian desa ini, pemerintah berharap kegiatan harus di maknai sebagai langkah untuk membangun desa yang mandiri dari segi masyarakat, ekonomi, sosialnya.

"Dimana Desa Bakkal Gajah juga memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yakni Bumdes Gajah Mandiri," kata Leonardus.

Lebih lanjut disampaikan Sekda, Bumdes gajah mandiri merupakan Bumdes dengan kriteria baik yang memiliki dua unit usaha dan tercatat di kementerian sebagai salah satu yang baik. 

Pemkab Dairi berharap ke depannya bukan hanya desa Bakal Gajah, tetapi juga desa yang lain di Dairi agar dapat mendukung perekonomian setiap desanya masing-masing.

"Kepada tim penilai Lomba Desa Provinsi Sumatera Utara, kita sampaikan selamat melaksanakan tugas, kita berharap paparan yang akan disampaikan oleh Kepala Desa Bakkal Gajah dapat menjadi bahan penilaian, sehingga dapat bersaing nantinya di tingkat provinsi," ujarnya.

Sementara Bayu Tampubolon menyampaikan, bahwa pelaksanaan penilaian desa/kelurahan terbaik se-Sumatera Utara tahun 2021 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/kelurahan setiap tahunnya. 

Ini juga dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan desa/kelurahan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.

"Tujuannya untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah desa/kelurahan serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang," terangnya.

Bayu berharap lomba desa ini agar tidak dijadikan sebagai beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Dengan pelaksanaan lomba desa ini, menurutnya efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan dapat terwujud, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan daya saing desa/kelurahan dalam upaya membangun desa dan menata kota menuju Sumut yang bermartabat.

Selanjutnya, Camat Silima Pungga Pungga Horas Pardede mengatakan, Desa Bakkal Gajah sebagai yang terbaik untuk diikutsertakan dalam lomba desa tingkat provinsi dikarenakan beberapa faktor, antara lain Desa Bakkal Gajah ini adalah desa paling tanggap terkait dengan surat, instruksi, respon yang sangat cepat.

"Kami juga menamakan desa ini sebagai kampung tangguh, sebab kami melihat gugus tugas Covid-19 bekerja sangat baik, dan sampai saat ini tidak ada terkonfirmasi juga kontak erat," ujar Horas.

Ketua TP PKK Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu menyampaikan apresiasi terhadap Kepala Desa Bakkal Gajah Humitar Sitorus dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Bakkal Gajah Ny Donna Humitar Sitorus atas paparan yang disampaikan.

"Kami sangat bangga, paparan tadi luar biasa. Kita harapan Desa Bakkal Gajah dapat bersaing dan menang di tingkat provinsi, sehingga bisa menjadi perwakilan Kabupaten Dairi di tingkat nasional," harapnya.
Editor: Ivan

T#g:Bakkal GajahDairilomba
Berita Terkait
  • Selasa, 27 Jul 2021 22:07

    KontraS Sumatera Utara Gelar Diskusi HAM Bersama Jurnalis Dairi

    Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan (KontraS) Sumatera Utara bekerjasama dengan DPC GMNI Dairi menggelar diskusi dengan para jurnalis Dairi. Forum diskusi terbatas yang dilaksan

  • Kamis, 22 Jul 2021 22:02

    Percut Sei Tuan Untuk Indonesia, "Ayo Anak Bangsa Tunjukkan Prestasimu"

    Di tengah masa Pandemik Covid19 ini tak menutup bakat dan kreatifitas anak bangsa dalam mewujudkan prestasi mereka. Dalam menyambut hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 76, Kapolresta Me

  • Sabtu, 17 Jul 2021 21:57

    Warga Pematangsiantar Terkonfirmasi Covid-19 Saat Dilakukan Swab Antigen di Pos Penyekatan PPKM Polres Dairi

    Seorang warga Pematangsiantar terkonfirmasi Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan Swab antigen oleh petugas kesehatan di  Pos Penyekatan PPKM Mikro Ops Yustisi Polres Dairi. Untuk menghindari penye

  • Jumat, 16 Jul 2021 22:06

    Kapolres Dairi Pimpin Apel Pendistribusian Bansos TNI-Polri Untuk Warga Terkonfirmasi Covid-19

    Polres Dairi gelar apel bersama pendistribusian bantuan sosial (Bansos) TNI-Polri kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan apel yang dipimpin Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH d

  • Kamis, 15 Jul 2021 10:35

    Ribuan Warga Dairi menolak Adendum ANDAL RKL-RPL Tipe A PT.DPM

    Ribuan warga yang tinggal di desa sekitar dan hilir tambang PT. Dairi Prima Mineral (DPM) sangat mengkhawatirkan akan potensi resiko kehadiran tambang timah dan seng tersebut, karena Dairi berada di z

  • Rabu, 14 Jul 2021 19:54

    Satlantas Polres Dairi Imbau Masyarakat Tidak Melakukan Perjalanan Ke Kota Medan Selama PPKM Darurat

    Satlantas Polres Dairi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Dairi untuk tidak memasuki Kota Medan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan, yang dimulai dari ta

  • Rabu, 14 Jul 2021 17:54

    Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi Bantu Sembako Ke Warga Isolasi Mandiri

    Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Dairi berikan bantuan sembako kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Bantuan yang diserahkan langsung Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu selaku Ketua Satgas Pen

  • Minggu, 11 Jul 2021 21:51

    SMAN 1 Tanjungbalai Raih Juara II LCC BI Pematang Siantar, Diikuti 88 SMA/SMK Sederajat

    Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar menggelar kegiatan lomba cerdas cermat (LCC) generasi millenial tingkat SMA/SMK sederajat di wilayah kerjanya yang disebut Sisi Batas Labuhan

  • Rabu, 07 Jul 2021 06:27

    Bupati Dairi Terima Kunjungan Pengurus PABPDSI

    Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan dari pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Pusat, Pengurus Provinsi dan pengurus Kabupaten Dairi

  • Senin, 05 Jul 2021 18:35

    Geruduk Rapat Paripurna DPRD, Mahasiswa Minta Bupati Copot Camat Silima Pungga-Pungga

    Sampaikan aspirasi, mahasiswa Dairi yang tergabung dalam kelompok Cipayung plus, yakni DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indon

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak