Minggu, 13 Jun 2021 03:46
  • Home
  • Ragam
  • Cegah Covid-19, Ketua MUI Kabupaten Deli Serdang Larang Takbiran Keliling

Cegah Covid-19, Ketua MUI Kabupaten Deli Serdang Larang Takbiran Keliling

Deli Serdang (utamanews.com)
Oleh: Iyus
Rabu, 12 Mei 2021 22:12
Istimewa
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang DR Arifin Marpaung MA mengimbau warganya agar tidak melakukan takbiran keliling.

Himbauan itu sejalan dengan instruksi Kementerian Agama melalui Surat Edaran No 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid-19.

Ketua MUI Kabupaten Deli Serdang, DR Arifin Marpaung MA mengatakan imbauan itu semata-mata untuk menghindari kerumunan perayaan Idul Fitri supaya tidak menimbulkan kluster baru penularan Covid-19.

"Dalam menyambut 1 syawal malam Idul Fitri 1442 H, hendaklah kita tidak melaksanakan takbiran keliling dan untuk kegiatan Sholat idul fitri cukup dilakukan di masjid saja dengan tetap mentaati protokol kesehatan, ini semua demi memutus rantai penyebaran wabah covid-19," jelasnya, Rabu (12/05/2021).


DR Arifin Marpaung MA juga menyampaikan himbauan langsung dari MUI Provinsi Sumatera Utara yang telah mengeluarkan beberapa imbauan, antara lain:

Kepada umat Islam agar mempercepat untuk menunaikan zakat fitrah dan fidyah tanpa harus menunggu malam Idul fitri dan zakat harta (mall) jika sudah tercapai nisab-nya tanpa harus menunggu haul-nya selama satu tahun penuh.

"Hal ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19," ungkapnya.

Kepada orang yang berzakat (Muzakki) hendaknya tidak mengumpulkan umat Islam dalam penyaluran zakatnya yang dapat menimbulkan kerumunan.

Akan tetapi, cukup menunjuk perwakilan untuk membagikannya atau memberikannya kepada amil zakat, Baznas setempat.


Sesuai dengan Fatwa MUI Nomor : 24 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Bulan Ramadan dan Syawal 1442 H dan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor SE. 03 dan 04 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 maka pelaksanaan salat Idul Fitri bisa dilaksanakan.

"Umat Islam yang sedang sakit, khususnya flu, batuk, dan demam sebaiknya melaksanakan salat Id di rumah saja Bersama keluarga demi menjaga kesehatan diri dan kenyamanan serta kekhusyukan jamaah salat Id," ucapnya.

Imam dan Khatib hendaknya memperpendek isi khutbahnya dengan tetap memperhatikan keabsahannya secara syariat serta menjaga agar tidak kontak fisik dengan orang lain seperti bersalaman dan berpelukan.

Khatib Idul Fitri agar memanjatkan doa pada khutbah yang kedua untuk keselamatan bangsa dan negara khususnya terbebas dari pandemi Covid-19.

Pelaksanaan takbir dan salat Id dilaksanakan harus mematuhi protokoler kesehatan yang ketat dengan tetap memakai masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Demikian himbauan kami dari MUI Kabupaten Deli Serdang, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita dari segala bahaya khususnya wabah virus covid-19 ini. Semoga wabah ini juga dapat segera berakhir Amin ya Rabbal Alamin," tukasnya.
Editor: Herda

T#g:MUItakbiran
Berita Terkait
  • Sabtu, 12 Jun 2021 20:32

    Bobby Nasution Hadiri Rakerda MUI Kota Medan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM berharap MUI Kota Medan dapat menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan Pemko Medan guna mendukung dan mewujudkan Program Prioritas Kota Medan.Deng

  • Jumat, 04 Jun 2021 17:04

    MUI Minta Polresta Deli Serdang Tutup Lokasi Judi Tembak Ikan di Lubuk Pakam

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang mendukung sepenuhnya program Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dan DPRD Deli Serdang dalam menciptakan suasana religius di Kabupaten Deli Serdang.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 20:25

    Lebaran Aman, MUI Sumut Apresiasi Kapoldasu dan Pangdam

    Situasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wilayah Sumatera Utara yang merupakan tanggung jawab Polda Sumut dan Kodam I/BB, saat dan usai Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah berjalan aman dan kondusif.

  • Kamis, 13 Mei 2021 17:33

    Situasi Malam Takbiran di Sumut Kondusif

    Kapoldasu: Terimakasih Pemuka Agama dan Masyarakat Sumut

  • Kamis, 13 Mei 2021 14:33

    Kapolda Kepri Cek Pengamanan Malam Takbiran Di Batam

    Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si didampingi Pejabat Utama Polda Kepri dan Kapolresta Barelang langsung terjun ke lapangan dan memantau langsung pengamanan malam Takbiran di wilayah Kota

  • Rabu, 12 Mei 2021 20:32

    AKBP Romadhoni Sutardjo Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbiran di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, memimpin apel pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Binjai, Rabu (12/5) sore, dimulai Pukul 16.00 Wib sampai selesai.

  • Rabu, 12 Mei 2021 19:12

    Polres Dairi Bersama Tokoh Agama Islam Larang Pawai Takbiran Keliling

    Polres Dairi bersama tokoh agama Islam Kabupaten Dairi melarang pelaksanaan pawai takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia khusu

  • Rabu, 12 Mei 2021 17:32

    Tokoh Agama Serukan Sebaiknya Takbiran di Masjid Saja, Jangan Keliling!

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi bersama Waka Polda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, berkunjung ke kediaman Tokoh Agama Kota Medan di Jalan Bambu, Kecamatan Medan Timur, Rabu (12/5/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 12:05

    Wali Kota: Di Medan Ada 1.115 Lokasi Takbiran dan Salat Id, Mohon Protokol Kesehatan

    WaliKota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengingatkan agar umat muslim Medan takbiran dan Salat Id di masjid-masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

  • Minggu, 02 Mei 2021 09:31

    Belajar dari 'Tsunami' Covid-19 di India, Bobby tidak ingin ritual keagamaan nantinya 'dipersalahkan' di Medan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, setiap kebijakan yang dilahirkan harus menambah kebaikan agar dapat membawa keberkahan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak