Minggu, 20 Sep 2020 20:37
  • Home
  • Ragam
  • Camat dan Kepala Puskesmas diminta perkuat koordinasi tangani Covid-19

Camat dan Kepala Puskesmas diminta perkuat koordinasi tangani Covid-19

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 13 Agu 2020 17:33
Istimewa
Selain seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan harus terus mensosialisasikan dan mengawasi pelaksanaan Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Virus Corona (Covid-19) di Medan, Camat beserta Kepala Puskesmas se Kota Medan juga diminta untuk saling berkoordinasi dalam mensosialisasikan dan mengawasi pelaksanaan Perwal No 27 Tahun 2020 tersebut di lingkungan masing-masing.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setdako Medan Renward Parapat saat memimpin Rapat Evaluasi Implementasi Perwal Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Medan pada wilayah kecamatan yang ada di Kota Medan di Posko Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Medan di Gedung Serba Guna TP PKK Kota Medan Jalan Rotan Proyek Petisah Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, Kamis (13/8/2020).

Asmum yang didampingi Kadis Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan Arjuna Sembiring, dan Kepala Satpol PP Kota Medan M Sofyan, mengatakan pentingnya meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik.

"Koordinasi antara Camat dan Kepala Puskesmas harus tetap terjalin dengan baik. Camat melalui 3 pilar yaitu Danramil dan Polsek di kecamatan juga harus berjalan dengan baik. Sehingga dengan berkoordinasi dan komunikasi yang dilakukan, pencegahan dan penanganan Covid-19 akan berjalan dengan baik pula," kata Asmum.

Di hadapan Camat dan Kepala Puskesmas se Kota Medan, Asmum berharap sosialisasi dan pengawasan Perwal No 27 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Medan terus dilakukan, terutama kewajiban menggunakan masker saat melakukan berada diluar rumah. Sebab, akibat dari masyarakat yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan adalah meningkatnya jumlah pasien positif di Kota Medan

"Masih banyaknya masyarakat yang menganggap situasi saat ini biasa saja seperti tidak ada wabah Covid-19 di Kota Medan. Oleh sebab itu, kita harus terus melakukan penertiban terhadap masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Salah satu protokol kesehatan yang paling penting dilakukan adalah memakai masker saat beraktivitas diluar rumah. Selain itu protokol kesehatan lainnya yang juga harus dijalankan adalah mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak, serta kalau bisa hindari kerumunan," harapnya.

Senada, Kadis Kesehatan Medan Edwin Effendi mengungkapkan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di Medan relatif tinggi. Sampai Rabu (12/8) kemarin, jumlah konfirmasi Covid-19 sebanyak 3.073 dan suspek sebanyak 289. Disebutkannya pula, persentase warga positif setelah pemeriksaan sebanyak 18.7 persen. Artinya, dari 100 orang yang periksa, sebanyak hampir 20 positif.

Karena itu, lanjutnya, saat ini sangat diperlukan koordinasi yang baik antara camat dan puskesmas untuk dapat mengajak dan mendorong masyarakat dengan sadar ikut memutus mata rantai penyebaran pandemi ini. "Sederhana saja sesungguhnya. Terapkan dengan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan," tegasnya.
Editor: Budi

T#g:Puskesmas
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Agu 2020 08:26

    Prajurit Pamtas Yonif 125 Gotong Royong Bangun Puskesmas Pembantu

    Tingkatkan kebersamaan dan semangat gotong royong, Prajurit Batalyon Infanteri 125/Simbisa (Yonif 125/SMB) yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG melaksanakan k

  • Rabu, 15 Jul 2020 10:15

    Satgas Yonif 125 Gelar Pelayanan Kesehatan Terpadu Bagi Balita

    Bekerja sama dengan Puskesmas Sota dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, Satgas Yonif 125/Simbisa menggelar pelayanan kesehatan terpadu bagi Balita di Balai Kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten M

  • Senin, 01 Jun 2020 07:01

    Petugas Medis di Sragen diancam warga, Ganjar: Jangan aneh-aneh, kita lagi sulit

    Ganjar Pranowo meminta polisi menindak tegas pelaku pengancaman dan intimidasi terhadap seorang tenaga medis di UPTD Puskesmas Kedawung, Kabupaten Sragen.

  • Sabtu, 30 Mei 2020 15:40

    Akhyar Kunjungi Raja, Anak Kurang Gizi di Medan Amplas

    Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kunjungi Raja Triwardana (7) yang mengalami kekurangan gizi, Sabtu (30/5/2020).

  • Senin, 18 Mei 2020 14:58

    Puskesmas Diperkuat Untuk Uji Sampel dan Penelusuran Kasus Covid-19

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta fasilitas kesehatan di tingkat pertama yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus diperkuat untuk uji sampel dan penelusuran kasus Covid-19.

  • Jumat, 17 Apr 2020 17:27

    Dir Binmas Polda Sumut Beri Bantuan APD Kepada Petugas Medis Puskesmas Bromo

    Dir Binmas Polda Sumut melalui Kasubdit Bin Polmas, melaksanakan kegiatan dengan memberikan sumbangan APD (Alat Pelindung Diri) kepada petugas medis di Puskesmas Bromo, Jumat (17/4/2020) Jalan Rotary No.5 Kota Medan.

  • Jumat, 17 Apr 2020 01:17

    Muspika dan Puskesmas Jelbuk screening santri yang akan pulang liburan

    Seperti yang dilakukan di tempat- tempat lainnya di Kabupaten Jember dalam rangka pencermatan terhadap warga, guna memutus meluasnya rantai penularan covid-19, Muspika Jelbuk bersama Puskesmas melakuk

  • Selasa, 07 Apr 2020 18:27

    Bhayangkari Cabang Polrestabes Medan Bantuan Alat Medis Puskesmas Helvetia

    Bhayangkari Cabang Polrestabes Medan yang diketuai Ny.Astrid Alice Parera Issir, di tengah Pandemi Covid 19, memberikan bantuan alat-alat medis dan cairan Desinfektan serta buah kurma kepada Puskesmas

  • Sabtu, 28 Mar 2020 23:28

    Babinsa dan Petugas Puskesmas cek kesehatan warga yang pulang dari luar kota

    Tindakan antisipasi benar-benar dilakukan secara ketat, tidak hanya melakukan upaya sosialisasi kebersihan dan kesehatan, penyemprotan disinfektan di tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat berkumpu

  • Rabu, 11 Des 2019 01:11

    Puskesmas Gumukmas Periksa Kesehatan Personel Koramil dan Purnawirawan

    Bertempat di Makoramil 0824/20 Gumukmas pada Selasa (10/12/2019), dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh 5 orang petugas dari Puskesmas Gumukmas dipimpin dr. Dini S, dan kegiatan seperti ini akan dil

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak