Selasa, 11 Agu 2020 17:01
  • Home
  • Ragam
  • Bupati Labuhanbatu Berangkatkan Pengurus Karang Taruna Studi Banding Tentang Pengelolaan Sampah

Bupati Labuhanbatu Berangkatkan Pengurus Karang Taruna Studi Banding Tentang Pengelolaan Sampah

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 05 Des 2019 07:45
Junaidi
H. Sofyan Efendy Harahap, SP saat melepas Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep, NS, MKM untuk studi banding ke Kota Bandung Jawa Barat.
Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT memberangkatkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu untuk melaksanakan studi banding tentang Pengelolaan Sampah ke Bandung Provinsi Jawa Barat dari tanggal 3 s/d 7 Desember 2019 mendatang.

Pelepasan ini dilaksanakan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu H. Sofyan Efendy Harahap, SP, Selasa (3/12/2019) sore dari Kantor Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Jalan Gelugur No. 18 Rantauprapat.

H. Sofyan Efendy Harahap, SP dalam acara pemberangkatan tersebut menjelaskan, keberangkatan Pengurus Karang Taruna ke Bandung Jawa Barat ini adalah dalam rangka melaksanakan program pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial melalui kegiatan pemberdayaan Karang Taruna untuk melaksanakan studi banding tentang pengelolaan sampah, dalam hal ini daur ulang sampah.

"Seyogianya pemberangkatan ini akan langsung dilaksanakan oleh Bapak Bupati Labuhanbatu, namun karena bapak Bupati masih tugas luar dan agenda studi banding ini sudah terjadwal dengan Pemerintah Kota Bandung, maka atas izin bapak Bupati, para Pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu saya berangkatkan dari Rantauprapat menuju Kota Bandung malam ini, Selasa malam Rabu, 3 Desember 2019 dan rencananya akan kembali dari Kota Bandung pada hari Sabtu tanggal 7 Desember 2019", jelasnya.


"Dipilihnya Kota Bandung Provinsi Jawa Barat sebagai tujuan studi banding ini tidak lain karena sama-sama kita ketahui bahwa Karang Taruna Kota Bandung merupakan salah satu Karang Taruna terbaik di Indonesia dalam hal Pengelolaan Sampah, baik dari segi managementnya ataupun pelaksanaan 3R nya (Reuse/menggunakan kembali, Reduce/mengurangi segala yang mengakibatkan sampah, dan Recycle/mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat)", tambahnya.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Karang Taruna Kota Bandung melalui Dinas Sosial dan Pengentasan Kemiskinan Kota Bandung, nantinya rombongan Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu akan disambut oleh pihak Dinas Sosial dan Pengentasan Kemiskinan bersama Pengurus Karang Taruna Kota Bandung.

"Rombongan yang melaksanakan studi banding ini dikoordinir oleh Zufri, SE Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep, NS, MKM, kemudian saat mereka di Kota Bandung akan melihat secara langsung proses pengelolaan daur ulang sampah sampai dengan hasilnya ke Kecamatan Ranca Sari Kota Bandung bersama dengan Pengurus Karang Taruna Kota Bandung", jelas Sofyan Efendy.


Sebelum rombongan berangkat, Bupati Labuhanbatu berpesan kepada peserta studi banding agar dapat menjaga nama baik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan dapat mengadopsi ilmu ataupun teknologi tentang management dan tatacara proses Pengelolaan Sampah yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Kota Bandung sehingga sekembalinya ke Kabupaten Labuhanbatu ilmu yang didapat menjadi bekal ataupun modal dasar dalam pelaksanaan 3R tersebut oleh Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu di daerah ini.

Studi banding ini juga diharapkan dapat menguatkan komitmen Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu dalam hal Pengelolaan Sampah di Kabupaten Labuhanbatu melalui Bank Sampah yang ada sebagaimana MoU antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu dengan Karang Taruna tentang Pengelolaan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep, NS, MKM dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Labuhanbatu dan Kepala Dinas Sosial yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan terhadap Karang taruna Kabupaten Labuhanbatu untuk melaksanakan studi banding ke Kota Bandung dalam rangka melaksanakan program pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial melalui kegiatan pemberdayaan Karang Taruna.

"Semoga kepercayaan yang diberikan ini kiranya kita sama berharap ilmu yang didapat dalam melaksanakan studi banding ke Kota bandung Jawa Barat ini dapat kami aplikasikan dan kami laksanakan di Kabupaten Labuhanbatu, agar sampah yang dianggap tidak berguna itu dapat kami kelola dan bermanfaat bagi orang lain," kata Aswin Syahputra.
Editor: Budi

T#g:DinsosKarang TarunaSampah
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Jul 2020 12:47

    Gelar Sunatan Massal, Wakil Walikota Apresiasi Karang Taruna Tebing Tinggi

    Wakil Walikota Tebing Tinggi, Ir. H. Oki Doni Siregar menyampaikan apresiasi kepada Karang Taruna Tebing Tinggi yang melaksanakan kegiatan sunat massal dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Tebing Ti

  • Minggu, 05 Jul 2020 09:15

    Akhyar: Sampahku, Tanggungjawabku

    Sebanyak 289 siswa SMP dari berbagai sekolah di Kota Medan menerima sertifikat sebagai agent of public relation (PR) lingkungan. Sertifikat diserahkan langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir

  • Selasa, 23 Jun 2020 05:33

    Bupati Sergai Tinjau Pasar Pekan Sialang Buah, Sampah Berserakan

    Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE, melakukan peninjauan ke Pasar Pekan Sialang Buah dan di depan SD Negeri 102013 Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Seni

  • Rabu, 13 Mei 2020 10:13

    Karang Taruna Sumut, Kota Medan dan Kecamatan Medan Helvetia Laksanakan Bakti Sosial di Pasar Sei Sikambing

    Karang Taruna Taruna Sumut dan Kota Medan bersama Karang Taruna Se-kecamatan Medan Helvetia membagikan Takjil, Masker dan peletakan tempat air cuci tangan di wilayah pajak Sei Sikambing, Selasa (12/5/2020).

  • Jumat, 08 Mei 2020 19:18

    Pekan Depan, Pemko Medan Salurkan Bantuan Tahap Kedua

    Pemko Medan akan menyalurkan kembali bantuan tahap kedua terhadap warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pekan depan.

  • Kamis, 07 Mei 2020 11:57

    Wabah Corona, Karang Taruna Kecamatan Dolok Sigompulon Bagi-bagi Sembako

    Ketua Karang Taruna Kecamatan Dolok Sigompulon pimpin pelaksanaan penyerahan bantuan Sembako pada hari Selasa (05/05/2020), kepada masyarakat kurang mampu di Desa Tanjung Baru Silaiya dan di desa Sima

  • Rabu, 29 Apr 2020 12:59

    Pasar Ujung Batu Sosa Belum Miliki TPA, Sampah Berserak di Pinggir Jalinsum

    Pengelolaan sampah di lokasi bisnis tradisional Pasar Ujung Batu, yang terletak di Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas dinilai belum maksimal.

  • Senin, 13 Apr 2020 18:13

    Ridwan Kamil Ajak Karang Taruna Pastikan Warga Terdampak COVID-19 Dapat Bantuan

    Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengajak generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Jabar bergerak menanggulangi COVID-19.

  • Minggu, 12 Apr 2020 20:02

    Karang Taruna Simalungun Berpartisipasi Melindungi Negeri

    Berpartisipasi untuk melindungi negeri dan masyarakatnya adalah tanggung jawab seorang warga negara dimana pun dia berada.

  • Jumat, 10 Apr 2020 05:50

    Karang Taruna Simalungun Cegah Covid-19 Lewat Penyemprotan Disinfektan

    Bona Uli Rajagukguk Ketua Karang Taruna Kabupaten Simalungun terus berupaya untuk memutus dan mencegah penyebaran covid-19 dengan melakukan rutinitas di kecamatan- kecamatan melalui penyemprotan disinfektan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak