Minggu, 13 Jun 2021 02:37
  • Home
  • Ragam
  • Bobby: Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Bobby: Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 06 Apr 2021 19:46
Istimewa
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SW MM menekankan penanganan pandemi Covid-19, baik yang terkait masalah kesehatan maupun pemulihan ekonomi, membutuhkan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran.

"Penggunaan anggaran penanganan pandemi Covid-19 harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Wali Kota saat membuka webinar "Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Penanganan dan Pencegahan Covid-19 yang Bersumber dari APBD", Selasa (6/4/2021) di Gedung TP PKK Kota Medan.

Dalam webinar yang digelar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Sumut itu, Wali Kota juga menekankan pentingnya pendataan dalam penanganan Covid-19. Melalui pendataan yang baik dan terhubung dengan pemerintah pusat, program penanganan Covid, termasuk soal penggunaan anggaran, dapat dikelola dengan baik.


Pada perhelatan yang dihadiri antara lain oleh Ketua IAI Sumut, Prof. Erlina, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, Eydu Oktan Panjaitan, Kepala Perwakilan BPKP Sumut, Yono Adi Atmoko, Sekda Medan Ir Wiriya Alrahman MM. itu, Wali Kota mengingatkan agar usaha pemulihan ekonomi juga jadi perhatian. Pandemi ini, lanjut Wali Kota, menyerang sendi perekonomian masyarakat. Perputaran ekonomi pun terganggu. Hal ini pula menjadi alasan Pemko Medan mengembalikan kembali besaran honor PHL yang sempat diturunkan untuk memicu perputaran ekonomi.

Pada bagian lain, Wali Kota menyampaikan apresiasi atas digelarnya webinar ini di Medan. Menurutnya, kegiatan ini sebuah langkah baik dalam hal penanganan Covid-19, termasuk pengelolaan anggaran.

"Karena itu, saya minta camat maupun pimpinan OPD mengikuti kegiatan ini dengan serius. Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini," ucapnya.


Sebelumnya, Ketua IAI, Prof. Erlina mengungkapkan terima kasih atas dukungan Pemko Medan, BPK RI, BPKP untuk kelancaran acara ini.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Wali Kota Medan yang telah mendukung dan memfasilitasi acara ini dengan sangat baik dan terbuka. Semoga kami dapat memberikan pemikiran dan saran serta terobosan bermanfaat bagi Medan," ucapnya.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini, akan terwujud akuntabilitas penggunaan dan pertanggungjawaban dana penanganan dan pencegahan Covid-19 dan meminimalisir terjadinya potensi kerugian negara.

Pembukaan webinar ini juga diwarnai pemberian cindera mata dari Ketua IAI Sumut kepada Wali Kota Medan, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut. Saat itu jug Wali Kota memberikan cindera mata kepada Ketua IAI Sumut kepada Wali Kota Medan, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut.

Bertindak sebagai narasumber dalam webinar ini Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, Eydu Oktan Panjaitan dengan materi "Pemeriksaan BPK terhadap Penggunaan Dana Penanganan Covid-19" dan Kepala Perwakilan BPKP Sumut, Yono Adi Atmoko yang mempresentasikan tentang "Pengelolaan Dana Penanganan dan Pencegahan Covid yang Akuntabel".
Editor: Budi

T#g:pemko medanVaksin
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Jun 2021 20:20

    Tim Kementerian Kominfo Evaluasi Program Smart City Pemko Medan

    Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika melakukan tinjauan lapangan (field evaluation) secara dalam jaringan (daring) ke Pemko Medan, Kamis (10/6/2021).S

  • Kamis, 10 Jun 2021 21:20

    Sekda Medan Ikuti Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kelembagaan

    Sekda Medan, Ir. Wiriya Alrahman, M.M., mengikuti Sosialisasi Peraturan Perundangundangan Bidang Kelembagaan yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (lur

  • Kamis, 10 Jun 2021 17:10

    AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di 2 Lokasi

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia (lansia) dan Tenaga Pendidik di Yayasan Perguruan Sultan Agung Jalan Surabay

  • Kamis, 10 Jun 2021 15:00

    LSM BARAAPI Indonesia Tuding Anggaran Di Dinas Pariwisata Kota Medan TA 2020 Sarat Mark Up

    Ada dugaan penyimpangan atau mark-up beberapa kegiatan di Dinas Pariwisata Kota Medan. Nilai kegiatan tersebut mencapai empat miliar rupiah lebih.Dugaan itu diungkap Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka

  • Kamis, 10 Jun 2021 12:50

    Panglima TNI Tinjau Serbuan Vaksinasi di Kota Bandung

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., melaksanakan peninjauan Serbuan

  • Selasa, 08 Jun 2021 17:28

    Wakil Walikota Gunungsitoli Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Bagi Tenaga Pendidik

    Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, SE., M.Si meninjau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 bagi tenaga Pendidik Kota Gunungsitoli bertempat di Auditorium STT Sunderman Gunungsitoli, Selasa (08/06/2021).

  • Senin, 07 Jun 2021 21:47

    Tiga Ratusan Pedagang Pasar di Binjai Disuntik Vaksin Covid-19

    Polres Binjai bersama TNI dan Pemko Binjai, melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang Pasar di seluruh wilayah hukum Polres Binjai, Senin (7/6).

  • Senin, 07 Jun 2021 20:07

    Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Sumut

    Anggota DPRD Provinsi Sumut memberikan apresiasi terhadap lima program prioritas Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM. Menurut anggota dewan, program yang telah ditetapkan tersebut dapat membawa perubahan untuk kota Medan.

  • Senin, 07 Jun 2021 19:57

    Wali Kota Medan Sampaikan Nota Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

    Pemko Medan tahun ini meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sumatera Utara.

  • Senin, 07 Jun 2021 15:57

    Forkopimda Tinjau Vaksinasi Massal Di Asahan

    Pemkab Asahan hari ini, Senin (07/06/2021), melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik serta lansia untuk mengurangi resiko dan menekan jumlah korban  akibat virus Covid-19.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak