Jumat, 14 Mei 2021 12:03
  • Home
  • Ragam
  • Bobby: Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Bobby: Anggaran Penanganan Covid-19 Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 06 Apr 2021 19:46
Istimewa
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SW MM menekankan penanganan pandemi Covid-19, baik yang terkait masalah kesehatan maupun pemulihan ekonomi, membutuhkan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran.

"Penggunaan anggaran penanganan pandemi Covid-19 harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan," tegas Wali Kota saat membuka webinar "Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Penanganan dan Pencegahan Covid-19 yang Bersumber dari APBD", Selasa (6/4/2021) di Gedung TP PKK Kota Medan.

Dalam webinar yang digelar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Sumut itu, Wali Kota juga menekankan pentingnya pendataan dalam penanganan Covid-19. Melalui pendataan yang baik dan terhubung dengan pemerintah pusat, program penanganan Covid, termasuk soal penggunaan anggaran, dapat dikelola dengan baik.


Pada perhelatan yang dihadiri antara lain oleh Ketua IAI Sumut, Prof. Erlina, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, Eydu Oktan Panjaitan, Kepala Perwakilan BPKP Sumut, Yono Adi Atmoko, Sekda Medan Ir Wiriya Alrahman MM. itu, Wali Kota mengingatkan agar usaha pemulihan ekonomi juga jadi perhatian. Pandemi ini, lanjut Wali Kota, menyerang sendi perekonomian masyarakat. Perputaran ekonomi pun terganggu. Hal ini pula menjadi alasan Pemko Medan mengembalikan kembali besaran honor PHL yang sempat diturunkan untuk memicu perputaran ekonomi.

Pada bagian lain, Wali Kota menyampaikan apresiasi atas digelarnya webinar ini di Medan. Menurutnya, kegiatan ini sebuah langkah baik dalam hal penanganan Covid-19, termasuk pengelolaan anggaran.

"Karena itu, saya minta camat maupun pimpinan OPD mengikuti kegiatan ini dengan serius. Banyak informasi dan pengetahuan yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini," ucapnya.


Sebelumnya, Ketua IAI, Prof. Erlina mengungkapkan terima kasih atas dukungan Pemko Medan, BPK RI, BPKP untuk kelancaran acara ini.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Wali Kota Medan yang telah mendukung dan memfasilitasi acara ini dengan sangat baik dan terbuka. Semoga kami dapat memberikan pemikiran dan saran serta terobosan bermanfaat bagi Medan," ucapnya.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini, akan terwujud akuntabilitas penggunaan dan pertanggungjawaban dana penanganan dan pencegahan Covid-19 dan meminimalisir terjadinya potensi kerugian negara.

Pembukaan webinar ini juga diwarnai pemberian cindera mata dari Ketua IAI Sumut kepada Wali Kota Medan, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut. Saat itu jug Wali Kota memberikan cindera mata kepada Ketua IAI Sumut kepada Wali Kota Medan, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumut.

Bertindak sebagai narasumber dalam webinar ini Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumut, Eydu Oktan Panjaitan dengan materi "Pemeriksaan BPK terhadap Penggunaan Dana Penanganan Covid-19" dan Kepala Perwakilan BPKP Sumut, Yono Adi Atmoko yang mempresentasikan tentang "Pengelolaan Dana Penanganan dan Pencegahan Covid yang Akuntabel".
Editor: Budi

T#g:pemko medanVaksin
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 01:12

    AKBP Robin Cek Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 di Perbaungan, Sergai

    Mendukung program pemerintah dalam percepatan Vaksin Covid19, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, S.H, M.Hum memantau pelaksanaan Vaksinasi Covid19 kepada Masyarakat Serdang Bedagai, di Puskesmas K

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:47

    Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak Cek Vaksinasi di Kampung Kelahirannya

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Irjen Pol Drs Panca Putra Simanjuntak MSi melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Toba, Jumat (7/5/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 22:45

    Pemko Medan Telah Siapkan Posko Pengawasan Peniadaan Mudik

    Pemko Medan telah mempersiapkan posko-posko pengawasan untuk menjalankan kebijakan peniadaan mudik. Hal ini untuk mengantisipasi adanya warga dari luar kota selain kawasan Medan Binjai Deliserdang Karo (Mebidangro) yang tidak mematuhi kebijakan tersebut.

  • Selasa, 04 Mei 2021 14:24

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Cek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melaksanakan pengecekan persediaan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (4/5).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:54

    Tangkal Pandemi, Bupati Sergai Gelar Roadshow di Kecamatan Pegajahan

    Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan mensosialisasikan larangan mudik lebaran 2021 ditunjukkan oleh Bupati Se

  • Senin, 03 Mei 2021 22:03

    Kapoldasu Tinjau Vaksinasi Bagi Lansia di Kabupaten Samosir

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi meninjau vaksinasi Lansia sekaligus melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir, Senin (3/5/2021).

  • Sabtu, 01 Mei 2021 07:00

    Tingkatkan Perekonomian, Pemko Medan Wujudkan Masjid Mandiri

    Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Hal ini dikarenakan jumlah masjid yang banyak di Kota Medan sehingga kedepannya masjid akan memiliki ba

  • Selasa, 27 Apr 2021 18:07

    Kahiyang Ayu hadiri vaksinasi Lansia yang digelar TP PKK Provinsi Sumut

    Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution berharap seluruh masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di kota Medan bersedia untuk divaksin Covid-19.

  • Sabtu, 24 Apr 2021 08:04

    Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan, Wong Chun Sen: Itu Sudah Pas

    Akibat dianggap kurang respon perintah perbaikan penanganan masalah Covid-19, akhirnya, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mencopot Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi, Jumat (23/4/2021).

  • Sabtu, 24 Apr 2021 03:24

    Wartawan Polda Sumut Ikuti Vaksinasi

    Sejumlah wartawan yang bertugas di Mapolda Sumut menerima suntikan vaksin kekebalan Covid-19 yang dilaksanakan di ruangan Biddokkes Polda Sumut, Jumat (23/4/2021).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak