Jumat, 29 Mar 2024 11:40
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Bawaslu Sumut: Temukan Kecurangan, Laporkan Lewat Panwas, Bawaslu atau Gakkumdu

MEDAN (utamanews.com)

Oleh: Sam

Minggu, 21 Apr 2019 07:21

Istimewa
Bawaslu Sumut
Soal informasi dugaan telah terjadi kecurangan Pemilu di sejumlah tempat, seperti yang marak disebut di media sosial, Komisioner Bawaslu Sumut Hardi Munthe, menyatakan agar semua pihak yang menemukan indikasi kecurangan segera melaporkan ke pihaknya.

"Kami berharap semua kecurangan yang ditemukan untuk dilaporkan ke Panwas, Bawaslu atau Gakkumdu. Tentu harus disertai bukti-bukti yang kuat terkait kecurangan yang dimaksudkan, sehingga bisa segera diproses dan dibuat alur penyelesaiannya," tutur Hardi lewat sambungan telepon, Sabtu (20/4/2019).

Proses demokrasi lewat Pilkada serentak yang baru saja selesai memiliki aturan dan prosedur hukum yang jelas untuk mengantisipasi maupun menangani permasalahan yang terjadi di lapangan. Sehingga diharapkan semua pihak jika menemukan kecurangan segera menempuh jalur yang sudah tersedia.
Apalagi masing-masing dari Kubu Capres, Partai Politik maupun Caleg telah memiliki saksi-saksi dan memegang formulir C1. Seperti saat ini sedang berlangsung rekapitulasi perhitungan suara di tingkat Kecamatan. Silahkan saksi-saksi bersuara, jika menemukan kecurangan karena disini juga petugas Panwas ada melakukan pengawasan.

Hardi menjelaskan, bahwa pihaknya telah menerima banyak laporan pengaduan dari masyarakat. Salah satunya yang sempat mencuat ke publik yaitu beredarnya video tentang indikasi kecurangan dalam pemungutan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) maupun berbagai kasus OTT terkait money Politik yang sedang diproses.

"Kita mendapati laporan dari masyarakat terkait adanya proses penghitungan suara yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh PKPU 3 maupun dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017. Kami sudah memerintahkan Bawaslu Tapteng untuk melakukan pengecekan di lapangan termasuk meminta keterangan dari pengawas TPS," pungkas Hardi.
Editor: Budi

T#g:Bawaslu
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Mar 2024 12:31

    Kuasa Hukum DPD Partai Golkar Binjai datangi Bawaslu

    Guna menindaklanjuti laporan Taufik Hidayah dan Fahri Manera yang dilayangkan ke Bawaslu Kota Binjai terkait banyaknya kejanggalan akibat ketidakprofesionalan PPK dan Panwascam Binjai Kota pada saat p

  • Rabu, 06 Mar 2024 22:16

    PAN: KPU dan Bawaslu Binjai tidak profesional

    Pelaksanaan rapat pleno serta Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk tingkat Kota, telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️