Minggu, 13 Jun 2021 04:29
  • Home
  • Ragam
  • Bangun Benteng Cegah Rob, Bobby Ingin Warga Kampung Nelayan Bersuka Cita Rayakan Idul Fitri

Bangun Benteng Cegah Rob, Bobby Ingin Warga Kampung Nelayan Bersuka Cita Rayakan Idul Fitri

Belawan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 11 Mei 2021 10:51
Istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dan Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi, mengunjungi warga Lingkungan VII, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (10/05/2021).

Kunjungan suami Kahiyang Ayu itu untuk melihat langsung kondisi daerah Kelurahan Nelayan Indah atau yang sering disebut sebagai Kampung Nelayan yang selama ini selalu terdampak banjir.

Pada kunjungan itu, warga langsung menyampaikan keluhan mereka terkait banjir yang disebabkan air pasang atau banjir rob.


Dengan wajah penuh semangat, warga berharap agar Wali Kota dapat mengatasi persoalan banjir tersebut. Pasalnya, dua bulan sekali rumah mereka selalu menjadi langganan banjir karena benteng yang ada cukup rendah, sehingga setiap kali pasang, air langsung melimpah dan menggenangi rumah warga dengan ketinggian lebih dari 1 meter.

Warga juga memprediksi, air pasang akan terjadi pada malam takbiran. Meski sudah membuat tanggul seadanya, warga khawatir tidak kuat untuk menahan air pasang.

"Warga disini secara gotong-royong membuat benteng dengan tanah guna mengantisipasi jika air laut pasang. Apalagi ini mau mendekati Lebaran, agar mencegah naiknya air laut seminggu yang lalu warga membuat benteng. Dalam sebulan di wilayah ini air laut pasang dua kali per enam jam, sehingga warga waspada dan siaga," jelas Kamal (56) warga Kampung Nelayan yang juga Ketua LPM Kampung Nelayan.

Namun demikian, Kamal menambahkan, upaya warga membuat benteng dalam mencegah banjir rob tidak maksimal, karena benteng yang didirikan tidak tinggi dan kuat sehingga mudah jebol. Untuk itu Warga Kampung Nelayan berharap Pemko Medan memberikan bantuan untuk membuatkan benteng yang lebih kuat dan kokoh.


"Benteng yang kami buat tidak maksimal, Pak. Karena tidak tinggi dan tidak kuat, makanya mudah jebol. Kami berharap Pemko Medan bisa memberikan bantuan pembuatan benteng yang kuat dan kokoh, Pak," harap Kamal.

Usai mendengar keluhan warga, Bobby langsung meninjau tanggul yang telah dibangun warga seadanya sepanjang lebih kurang 700 meter tersebut. Setelah melihat kondisi, ia pun tak yakin tanggul tersebut akan kuat menahan air pasang.

Sebagai solusinya, Wali Kota langsung menginstruksikan kepada Camat Medan Labuhan untuk berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan guna membangun tanggul yang lebih kuat lagi. Pembangunan itu akan dibantu dengan alat berat.


Wali Kota minta dasar tanggul yang dibangun nanti lebarnya 6 meter, kemudian dari dasar dibangun lagi tanggul dengan lebar 4 meter sehingga diyakini dapat menahan air pasang agar rumah warga tidak tergenang air lagi. Selain itu, Wali Kota mengatakan pengerjaan akan dimulai, Selasa (11/05/2021).

"Insyaallah besok saya akan menurunkan alat berat untuk mengerjakan benteng. Nantinya sementara benteng akan dibuat dengan tanah, tetapi kita akan buat tingginya 4 meter, jadi dapat mengantisipasi jika air laut pasang sehingga warga tidak mengalami terjadinya banjir rob. Saya harapkan warga disini dapat merayakan hari raya idul Fitri dengan suka cita," ujar Wali Kota Medan.
Editor: Budi

T#g:banjirbelawanRob
Berita Terkait
  • Minggu, 06 Jun 2021 16:36

    Panglima TNI Pantau Kasus Covid-19 di Grobogan dan Tinjau Serbuan Vaksinasi

    Usai memimpin rapat di Kabupaten Kudus, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsit

  • Sabtu, 29 Mei 2021 09:29

    Pemko Minta Konsultan ESP Berikan Gambar Teknis Penanganan Banjir di Medan

    Pemko Medan mengharapkan konsultan Engineering Services Project (ESP) memberikan gambaran teknis penanganan banjir berikut titik-titik pembebasan lahan yang harus dilakukan di Daerah Aliran Sungai Bedera dan Babura.

  • Senin, 24 Mei 2021 16:14

    Pemko Medan Patroli Protkes di Pajak Kapuas dan Pajak Baru, Belawan

    Pemko Medan bersama aparat TNI dan Polri melakukan patroli protokol kesehatan dalam rangka Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di pajak Kapuas dan Pajak Baru Kec. Medan Belawan, Senin (24/5/2021).

  • Kamis, 20 Mei 2021 15:50

    Terkait Banjir Di Parapat, Warga: Jangan Hanya Jadi Ajang Kunjungan Seremonial Pejabat

    Warga Parapat, Kabupaten Simalungun meminta agar pejabat pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan pejabat pemerintah kabupaten Simalungun serta DPRD Provinsi Sumatera Utara agar tidak menjadikan banjir sebagai ajang kunjungan seremonial.

  • Selasa, 18 Mei 2021 09:07

    Wali Kota dan BWS Bertemu Bahas Solusi atasi Permasalahan Banjir di Medan

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM melakukan pertemuan dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Ruang Khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota, Senin (17/5/2021).

  • Senin, 17 Mei 2021 16:57

    Antisipasi Banjir Bandang di Tebingtinggi, Pemko Himbau Warga Untuk Tetap Waspada

    Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunadi Hasibuan ketika dimintai keterangannya oleh beberapa awak media tentang pengendalian banjir di Kota Tebingtinggi di Lantai 4 Gedung Balai Kota Jalan Sutomo Kota Tebi

  • Jumat, 14 Mei 2021 07:04

    Polisi Lakukan Pembersihan Sisa Banjir di Parapat

    Personil Polres Simalungun bersama Polsek Parapat dibantu petugas TNI melakukan pembersihan sisa luapan banjir yang terjadi di Jalan Anggarajim dan Sisingamangaraja Kelurahan Parapat Kecamatan Girsang

  • Minggu, 02 Mei 2021 12:01

    Wali Kota Medan Dampingi Menteri Perdagangan dan Gubsu Tinjau Pasar Tradisional Belawan

    Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Muhammad Lutfi dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau pasar tradisional Belawan di Jalan Jawa, Kelurahan Bahari II, Sabtu (1/5/2021) pagi.

  • Jumat, 30 Apr 2021 07:50

    Sungguh Miris, Lapak Jualan Hingga Ruas Jalan Dilanda Banjir Rob di Batu Bara

    Sungguh miris melihat lapak jualan hingga sepanjang ruas jalan dilanda banjir rob. Keberadaan pasar bak seperti berjualan di atas air sungai atau danau. Ironisnya warga penjual buah sampai menggunakan perahunya untuk bertransaksi.

  • Rabu, 28 Apr 2021 07:56

    PD IPM Tanjungbalai: Mari Berbenah, Kita Siaga Bencana Banjir

    Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM ) kota Tanjungbalai mengatakan bahwa saat ini kita sedang dalam darurat bencana banjir.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak