Jumat, 29 Mar 2024 12:59
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Bakamla RI Kunjungi Pemkab Asahan Untuk Bentuk Desa Maritim

Asahan (utamanews.com)

Oleh: Marshal

Senin, 26 Okt 2020 17:56

Istimewa
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Asahan, Senin (26/10/2020). Dalam kunjungan tersebut, Bakamla RI tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ketika rapat di Aula Mawar Kantor Bupati Asahan.

Pada kunker tersebut, Plh. Bupati Asahan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Bambang Hadi Suprapto, mengucapkan selamat datang kepada Bakamla RI yang dipimpin oleh Direktur Kerjasama, Laksma TNI Retiono Kunto.

"Atas arahan dari pihak Bakamla, kami Pemerintah Kabupaten Asahan memfasilitasi pertemuan pada hari ini guna menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Bakamla RI dengan Pemkab Asahan tentang pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim di wilayah Perairan Asahan Nomor: SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan Nomor 523/3505 tanggal 18 September 2019," kata Bambang.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung kegiatan ini dalam menyikapi wabah Covid-19 dan guna percepatan ekonomi nasional sebagaimana program pemerintah pusat," jelasnya.
Selain itu dirinya mengatakan Pemkab Asahan melalui Dinas Perikanan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Kecamatan Silau Laut tahun 2013 dan RZWP3K Kabupaten Asahan tahun 2014 yang mana rencana zonasi tersebut telah masuk ke dalam RZWP3K Provinsi Sumatera Utara dan disahkan melalui Perda Provinsi Sumatera Utara.

"Kiranya RZWP3K tersebut dapat menjadi masukan masterplan pengembangan selanjutnya dari Bakamla RI selaku badan pembina teknis Desa Maritim Silau Baru," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Laksma TNI Retiono Kunto mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut, Bakamla merupakan lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden. "Dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia," sebutnya.

Guna optimalisasi tugas pokok Bakamla dalam hal menjaga keamanan dan keselamatan di laut, dukungan dan kerjasama serta sinergitas dengan instansi lain, termasuk pemerintah daerah serta masyarakat pesisir dan perbatasan sangat diperlukan. "Wujud dari perhatian kami dalam kegiatan fasilitas kerjasama pengembangan Desa Maritim Bakamla RI di Desa Silau Baru antara lain penyuluhan kesehatan lingkungan dan upaya pencegahan penyebaran Covid-19," sambung Retiono.

"Pelatihan pengolahan hasil laut oleh praktisi UKM dan pelatihan kreativitas mudah dari tim kreatif Anak Sumut Production, penyerahan bantuan buku untuk taman literasi sebagai tindak lanjut kerjasama Bakamla RI dengan Perpusnas dan sebagai pendukung kegiatan akan diberikan lima buah blender dan lima buah sealer kepada perwakilan masyarakat beserta dengan dua buah rak buku untuk literasi Desa Maritim Silau Baru," ujarnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini warga Desa Maritim Silau Baru dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

Direktur Kerjasama Bakamla RI juga menyerahkan bantuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara simbolis berupa buku kepada Pemkab Asahan yang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan disaksikan oleh tim Bakamla RI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Camat Silau Laut serta Kepala Desa Silau Baru.
Editor: Budi

T#g:AsahanBakamlaDesa Maritim
makeup remover
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Mar 2024 15:49

    Tiba di Ambon, Kepala Bakamla RI Disambut Tari Lenso

    Hendak membuka Patroli Bersama Tahun 2024, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla beserta rombongan tiba di Ambon dan disambut dengan tarian khas daerah Tari Lenso, Ambon, Sela

  • Selasa, 27 Feb 2024 20:57

    Bakamla RI Gelar Bimtek SPIP dan Manajemen Risiko

    Inspektorat Bakamla RI mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Manajemen Risiko Bakamla RI Tahun 2024. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Bakamla RI Laksdy


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️