Jumat, 29 Mar 2024 12:23
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Babinsa dan PPL Desa Jatimulyo Dampingi Petani Panen Padi Jember

Jember (utamanews.com)

Oleh: Dito/rls

Kamis, 19 Apr 2018 04:09

Sis24
Panen di kelompok Tani Sumber Makmur Dusun Beringinsari, Selasa (17/04).
Padi seluas 2 hektar milik Nur Hanifan yang merupakan anggota kelompok Tani Sumber Makmur Dusun Beringinsari Desa Jatimulyo Kec. Jenggawah Kabupaten Jember, dipanen pada Selasa (17/04).

Pada panen sebelumnya membuahkan hasil sekitar 11 ton per hektar dan hasil terebut menurut Nur Hanifan mengalami peningkatan dari musim tanam sebelumnya yang menghasilkan 10,7 ton per hektar .

Nur Hanifan juga menyatakan bahwa peningkatan hasil panen ini tentunya tidak lepas dari serangan hama pada musim tanam yaitu Oktober 2017-Maret 2018 serta intensitas pendampingan Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang selalu mengecek tanaman bersama petani sehingga kalaupun ada serangan hama dapat terkendalikan dengan cepat dan tepat.

Babinsa Serda Iswahyudi dan PPL Didik S hadir dan melaksanakan pendampingan memberikan arahan. "Terkait dengan hasil panen ini hendaknya dijual kepada Bulog atau petugas serapan gabah petani dari Kodim 0824, serta percepatan tanam selanjutnya dengan menggunakan mesin pertanian", kata Babinsa Serda Iswahyudi dan PPL Didik S.

Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Ismianto membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan dirinya sudah memerintahkan kepada seluruh Babinsa dianggotanya untuk aktif turun ke lapangan bersama PPL serta petugas terkait, guna serapan gabah serta percepatan tanam tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar  mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh anggotanya tersebut, penampingan saat ini fokusnya memang pada kegiatan panen dengan mengoptimalkan serapan gabah serta mempercepat tanam para petani.

"Percepatan tanam itu sendiri tentunya dalam rangka mengefektifkan waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh petani karena dengan menggunakan alat mesin pertanian akan menghemat pengeluaran petani sekitar 35 % hal tersebut tentunya sangat menguntungkan petani," tambahnya.

Editor: Erickson

T#g:Panen
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️