Jumat, 03 Jul 2020 20:16
  • Home
  • Ragam
  • Babinsa Sumbersalak Koramil 0824/06 Ledokombo Dampingi Panen Padi

Babinsa Sumbersalak Koramil 0824/06 Ledokombo Dampingi Panen Padi

Jember (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 20 Sep 2018 11:20
Sis24
Babinsa Serka Ida Bagus Arnawa, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dan anggota poktani lainnya 10 orang mengikuti panen padi varietas IR-64 seluas 1 Hektare di lahan milik H Ridwan anggota Poktani Karya Tani Dsn Jurejo Ds Sumbersalak Kec Ledokombo Kab Jember, Rabu (19/09/2018).

H Ridwan saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan menyampaikan bahwa panennya saat ini relatif lebih bagus dari panen sebelumnya yang menghasilkan 5,5 Ton per hektar saat ini hasil ubinannya sekitar 6 ton per hektar gabah kering sawah. "Dengan dilaksanakannya pendampingan Babinsa dan PPL ini petani cukup terbantu karena sering mendapatkan arahan baik tehnis maupun non tehnis sehingga hasil panen kami selalu baik dan serangan hama relatif tidak ada," kata H Ridwan.

Serka Ida Bagus Arnawa bersama PPL juga menghimbau kepada H Ridwan dan petani lainnya untuk menjual hasil panennya kepada petugas serapan gabah atau Bulog Sub Divre Jember untuk mendukung persediaan stock pangan pemerintah, kemudian melakukan percepatan tanam dengan memanfaatkan alat mesin pertanian dalam pengolahan lahan dan tanamnya nanti.

Danramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut sebagai bagian dari tugas pendampingan, untuk wilayah Ledokombo ini memang petani tidak melaksanakan tanam serentak sehingga ada yang masih tanam, ada yang pertengahan tanam bahkan ada yang sudah panen seperti ini.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menanggapi kegiatan pendampingan tersebut menyampaikan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan implementasi dari kerjasama antara Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD pada upaya Khusus Program Ketahanan Pangan Nasional dalam mewujudkan swa sembada pangan nasional.

"Terkait dengan himbauan Babinsa tersebut memang harus dilakukan dan harus mampu mempengaruhi petani di samping untuk optimalisasi serapan gabah petani dan target luas tambah tanam, tentunya hal tersebut akan menguntungkan petani karena dengan pemanfaatan alat mesin pertanian tersebut akan mampu menghemat waktu dan biaya olah lahan hingga 40 %, hal tersebut tentunya sangat menguntungkan petani," tambah Letkol Inf Arif Munawar.

Editor: Erickson

T#g:padiPanen
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Jun 2020 17:06

    Ketum Dharma Pertiwi Hadiri Panen Raya di Mako Puspomal

    Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri panen raya sayuran dan ikan Patin dalam rangka HUT Ke-74 Jalasenastri di Mako Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) Jl. Bo

  • Selasa, 02 Jun 2020 23:22

    Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Panen Semangka Bersama Warga Perbatasan Sota

    Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, melaksanakan kegiatan panen buah Semangka, hasil kebun bersama warga masyarakat Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua.

  • Jumat, 29 Mei 2020 22:29

    Wabup Sergai Panen Semangka Bersama Gapoktan Seiya Sekata

    Wabup H Darma Wijaya SE memuji Gapoktan Seiya Sekata yang telah berhasil memanfaatkan lahan tak terpakai (nganggur) usai panen padi dan menyulapnya menjadi lahan yang menguntungkan.

  • Selasa, 28 Apr 2020 16:28

    Bantu Panen Warga Papua, Satgas 411 Kostrad Jaga Ketersediaan Pangan Di Tengah Corona

    Dalam rangka meringankan beban dan memastikan tersedianya bahan pangan di tengah pandemi virus corona, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membantu panen padi di sawah warga binaan bertempat di Kampung Kuler.

  • Selasa, 14 Apr 2020 21:34

    Panen Raya di Desa Batu 13, Bupati Soekirman Minta Petani Tetap Kerja Siapkan Logistik Untuk Masa Darurat Covid-19

    Bupati Sergai Ir. H. Soekirman melaksanakan Panen Raya di Desa Batu 13 Kecamatan Dolok Masihul, sekaligus mengikuti video konferensi dengan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH.M.H., Selasa (14/4).

  • Selasa, 14 Apr 2020 16:54

    Prajurit Kostrad Bantu Petani Warga Binaan Panen Padi

    Prajurit Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu petani warga binaan melaksanakan panen padi di Kampung Sipias, Distrik Eligobel, Kab. Merauke, Provinsi Papua, Senin (13/4/2020).

  • Selasa, 07 Apr 2020 08:17

    Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan RI-PNG Panen Rambutan

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG, membantu salah satu warga binaannya panen buah Rambutan di Kampung

  • Minggu, 22 Mar 2020 05:22

    Personel Pamtas Yonif 411 Kostrad Bantu Warga Binaan Menumbuk Padi

    Guna meringankan beban warga binaan sekaligus mempererat tali silaturahmi, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo, membantu Mama Rosiana Banggu (32 th) menumbuk padi agar menjadi beras.

  • Kamis, 13 Feb 2020 13:13

    Prajurit Kostrad di Perbatasan Ajak Warga Panen Kacang Tanah Bersama

    Setelah sukses memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun, sebagai wujud ungkapan rasa syukur para prajurit Kostrad di perbatasan yakni Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad mengajak warga panen

  • Selasa, 11 Feb 2020 17:21

    Prajurit Kostrad Bantu Warga di Tapal Batas Panen Sagu

    Indonesia menyimpan keberagaman pangan lokal di berbagai daerah, salah satunya adalah sagu. Di beberapa daerah sagu dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras serta sebagai bahan pangan lainnya.S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak