Minggu, 13 Jun 2021 03:55
  • Home
  • Ragam
  • Apel Gelar Pasukan Di Polres Asahan Dalam Rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2021

Apel Gelar Pasukan Di Polres Asahan Dalam Rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2021

Asahan (utamanews.com)
Oleh: Marshal
Rabu, 05 Mei 2021 15:55
Istimewa
Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Asahan yang berlangsung di Lapangan apel depan halaman Mapolres Asahan, Rabu pagi (05/05/2021).

Sebagai Perwira Upacara AKP Jodi Indrawan, S.I.K (Kasat Lantas Polres Asahan), dan Komandan Upacara Ipda Aldo Fahrezi Raja Muda, S.Tr.K (Kanit Rengident Sat Lantas Polres Asahan).

Thema dalam Apel Gelar Pasukan yaitu "Melalui apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba - 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait, dalam rangka memberikan rasa aman, dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H di Wilayah Kabupaten Asahan."


Turut hadir dalam kegiatan apel tersebut Bupati Asahan H. Surya, Bsc, Danyon 126 Kala Cakti Letkol Inf. Dwi Widodo, Dandim 0208 AS diwakili oleh Danramil Kota Kisaran Kapten Inf. Nuryanto, Dan Sub Denpom 1/1-4 Kisaran Kapten Zulkifli Panjaitan, Danki Brimob Tanjung Balai diwakili oleh Danton Brimob Tanjung Balai Ipda B. Ginting, Ketua PN Kisaran Dr. Ulina Marbun, S.H.,M.H, Kajari Asahan Aluwi, S.H., Waka Polres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar, S.H., Kabag Ops Polres Asahan Kompol RD. Firman D, S.H.,M.H, Para Kasat Polres Asahan, Para Kapolsek Jajaran Polres Asahan jajaran Polres Asahan, Kadis Perhubungan Kabupaten Asahan M. Yusuf Lubis, Kasat Pol PP Kabupaten Asahan Sofyan Manullang, Kadis BPBD Asahan Asrul Wahid, Kadis Kesehatan Asahan, dr. Elvina Br Tarigan, MKT), Jasa Raharja Kisaran Abdul Bar, Kepala UPT Samsat Kisaran, Ketua MUI Asahan H. Salman A.Tanjung, MA), Kakan Kemenag Asahan, DR H. Hayatsyah, M.Pd, Ketua FKUB Asahan H. Humaidi Syamsuri Pane), Ketua Pemuda Pancasila Asahan Donal Panjaitan, Ketua KBPPP Kab Asahan Agus Jaka Putra Ginting, Pengusaha Derek Kisaran Akuang.


Adapun kesatuan yang mengikuti apel terdiri dari Sub Den Pom AD I-1/4 Kisaran 1 Regu, Kodim 0208 / As 1 SST, Yonif 126 / KC 1 SST, Lanal Tanjung Balai Asahan 1 Regu, Kompi Brimob Tanjung Balai 1 SST, Sat Sabhara 1 SST, Sat Lantas : 1 SST, Staf Polres Asahan 1 SST, Bhabinkamtibmas 1 SST, Sat Intel/Res/Narkoba 1 SST, Sat Pol PP 1 SST, Dishub Asahan 1 SST Damkar 1 SST, BPBD Asahan 1 SST, Dinkes 1 Regu, Saka Bhayangkara 1 SST, Tonsik Pol PP 1 SST serta unsur pendukung semua kendaraan Dinas Polres Asahan dan instansi terkait.

Dalam kesempatan Apel Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K membacakan amanat dari pimpinan Polri yang menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta apel dan hadirin sekalian. "Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir di tempat ini dalam rangka apel gelar pasukan operasi "Ketupat Tahun 2021" yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan," tuturnya.


Menginjak tahun 2021 kita telah dihadapkan oleh berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia, baik dari permasalahan penanganan Covid-19, pengamanan tahapan Pilkada tahun 2020 yang masih menyisakan beberapa agenda maupun aksi krminalitas, aksi terorisme, hingga bencana alam, syukur alhamdulilah penanganan terhadap permasalahan tersebut dapat berjalan dengan baik meskipun belum dapat dikatakan sempurna, hal ini berkat kerjasama seluruh masyarakat indonesia dan sinergisitas kementerian/ lembaga terkait.

"Pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan di masa pandemi Covid-19, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi "Ketupat-2021" dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti tni, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.
Operasi Ketupat-2021 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan idul fitri dengan rasa aman dan nyaman", ujar Bupati.


Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat-2021, akan melibatkan 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari satuan polisi pamong praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja, dll.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 Pos Penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 Pos Pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 596 Pos Pelayanan dan 180 Pos Terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dan lainnya.


Terdapat beberapa hal yang perlu mendapat atensi kita bersama pada saat digelar Operasi Ketupat-2021 ini, khususnya terkait warga masyarakat yang telah mudik mendahului dan pelaksanaan vaksinasi yang harus tetap berjalan. substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh pemerintah adalah mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, dimana setiap pelaksanaan libur panjang selalu terjadi peningkatan penyebaran Covid-19 yang cukup signifikan. 

Kenyataan bahwa masyarakat telah melaksanakan mudik sebelum tanggal pelarangan, harus dilakukan langkah-langkah konkrit di setiap wilayah tujuan mudik misalnya dengan penerapan isolasi dalam jangka waktu tertentu dengan pengawasan

Di sisi lain pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus tetap berjalan dan diamankan, pro dan kontra terkait pelaksanaan vaksinasi pada saat puasa harus kita sikapi sesuai Fatwa MUI bahwa vaksin tidak membatalkan puasa.

"Peningkatan aktifitas masyarakat pada bulan ramadhan, menjelang, pada saat dan sesudah Idul Fitri tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19, guna mengantisipasi hal tersebut, polri menggelar pelaksanaan operasi terpusat "Ketupat-2021" dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 dimasa pandemi Covid-19", pungkasnya.

Acara tersebut juga dirangkai dengan penyematan Pita tanda Ops Ketupat Toba 2021 oleh Kapolres Asahan.
Editor: Budi

T#g:Asahanmudik
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Jun 2021 08:11

    Sadis, Jasad Khairil Anwar Ditemukan Dengan Tangan, Kaki dan Mulut Dilakban di Air Joman

    Diduga jadi korban perampokan, jasad Khairil Anwar (57), warga Dusun II, Desa Pasar Lembu, ditemukan anaknya, Irwansyah Putra (27), telungkup di atas tempat tidur dengan kondisi tangan, kaki dan mulut

  • Senin, 07 Jun 2021 15:57

    Forkopimda Tinjau Vaksinasi Massal Di Asahan

    Pemkab Asahan hari ini, Senin (07/06/2021), melaksanakan vaksinasi massal Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik serta lansia untuk mengurangi resiko dan menekan jumlah korban  akibat virus Covid-19.

  • Rabu, 02 Jun 2021 20:02

    Bupati Buka Musrenbang RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026

    Bupati Asahan H. Surya, BSc membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026 yang bertempat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (02/06/2021).

  • Rabu, 02 Jun 2021 16:32

    AKBP Putu Promosi Jadi Kapolres Asahan

    Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah Perwira tinggi dan menengah di lingkungan Polri.

  • Minggu, 23 Mei 2021 17:03

    Jemput Bola, Polsek Pasar Minggu Gelar Swab Antigen Di Pemukiman Warga

    Polsek Pasar Minggu terus mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca perayaan Idul Fitri 1442 H tahun ini. Upaya tersebut dimaksimalkan dengan melakukan swab antigen kepada warga eks-pemudik di lingkungan mereka tinggal.

  • Kamis, 20 Mei 2021 13:20

    Cegah Pemudik, Polsek Beringin Pantau Akses Jalur Rakit

    Polsek Beringin Polresta Deli Serdang eksis laksanakan patroli ke daerah perbatasan Kabupaten Deli Serdang- Kabupaten Serdang Bedagai guna cegah pemudik yang nekat melaksanakan mudik, Rabu (19/05/2021).

  • Rabu, 19 Mei 2021 05:19

    Tiga Pilar Tanjung Duren 'Jemput Bola', Swab Warganya Usai Mudik Lebaran

    Tiga Pilar Tanjung Duren jemput bola untuk lakukan swab antigen kepada warga baru kembali dari kampung halamannya di Jalan Gelong Baru Utara RT 15/07, Tomang, Gropet, Jakarta Barat pada Selasa (18/5/2021).

  • Minggu, 16 Mei 2021 16:06

    Polsek Tanjung Duren Sediakan 300 Swab Test Gratis

    Sebanyak 244 warga Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat meninggalkan Jakarta untuk berlebaran di Kampung Halamannya beberapa waktu lalu.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 22:15

    Antisipasi lonjakan Covid-19, Warga Jakarta Barat yang mudik akan di-3T

    Tiga Pilar Jakarta Barat akan bersinergi untuk mengantisipasi warganya yang baru saja melakukan aktifitas mudik ke kampung halaman pasca perayaan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1442 H.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 20:55

    Lebaran Tiba, Koramil Selakau Laksanakan Pengawasan Dan Larangan Mudik Di Posko Penyekatan

    Berlokasi di Desa Semelagi Besar, Kecamatan Selakau tepatnya di perbatasan Sambas- Singkawang, anggota satuan Koramil 06/Selakau  menggelar operasi kemanusiaan dan pengawasan penanganan Covid 19

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak