Minggu, 08 Des 2019 08:08
  • Home
  • Ragam
  • Akhyar Ingatkan Masyarakat Kota Medan Agar Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan

Akhyar Ingatkan Masyarakat Kota Medan Agar Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 15 Nov 2019 18:55
Istimewa
Guna mewujudkan "Medan Rumah Kita" bebas dari sampah, Pemko Medan kembali menggelar gotong royong bersama di Jalan Jermal I Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai, Jumat (15/11).

Gotong royong ini juga dilakukan bersama Coca Cola Amatil Indonesia. Selain menggelar gotong royong, Pemko Medan bersama dengan Coca Cola Amatil Indonesia membagikan tempat sampat, tumbler serta keranjang sampah kepada para petugas gotong royong.

Kegiatan gotong royong yang dimulai pukul 07.00 wib, diawali dengan apel yang dipimpin Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi dengan melibatkan unsur OPD dilingkungan Kota Medan, jajaran Kecamatan Medan Denai, masyarakat serta petugas P3SU. Selain manual, gotong royong juga dilakukan dengan menggunakan cangkul serta alat pemotong rumput.

Usai memimpin apel, Plt Wali Kota selanjutnya memantau pelaksanaan gotong royong serta  memberikan instruksi agar pelaksanaan gotong royong berjalan dengan lancar dan maksimal. Berkat kerjasama yang dilakukan, drainase maupun kawasan yang menjadi tempat gotong royong tersebut terbebas dari sampah dan rumput liar.

Di sela-sela gotong royong, Plt Wali Kota juga menyempatkan diri berkunjung ke SDN 067241 yang berdekatan dengan lokasi gotong royong untuk mengecek dan mengingatkan kepada para guru agar menghimbau seluruh murid mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai dan lebih baik agar menggunakan tumbler serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. Plt Wali Kota juga mengapresiasi sekolah tersebut karena lingkungannya yang bersih dari sampah.

Dikatakan Plt Wali Kota, semangat goyong royong harus dilakukan. Wujud yang paling sederhana dari gotong royong yakni jangan membuang sampah sembarangan. Ia juga meminta kepada kepala lingkungan (kepling) agar terus memantau lingkungannya jangan sampai ada sampah yang berserakan karena itu merupakan tugas kepling. Jika masih ada sampah yang berserakan atau tidak diwadahi, SK penpanjangan masa tugas kepling yang bersangkutan tidak akan diterbitkan.

"Mari kita mulai dari diri kita sendiri bergerak untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampah. Sepanjang jalan saya menuju kesini, saya masih melihat sampah yang berserakan di setiap gang. Hal tersebut merupakan tugas kepling jangan ada lagi sampah berserakan di sepanjang jalan, jika masih ada sampah yang tidak diwadahi maka kepling tersebut tidak bisa mengatur masyarakatnya," kata Plt Wali Kota saat memimpin apel gotong royong.

Di samping itu, Akhyar meminta kepada Kepling agar mengawasi para pedagang yang berjualan menggunakan gerobak pada malam hari untuk menyediakan tempat sampahnya masing-masing karena hal tersebut memang sudah menjadi tanggung jawab mereka.

"Jangan hanya mengandalkan para petugas kebersihan saja, mari kita bergerak untuk selalu menjaga kebersihan. Mari kita wujudkan Medan bersih dari sampah tahun 2020. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga kebersihan kota inia," tegas Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar juga menghimbau kepada masyarakat Kota Medan agar mengurangi penggunaan sampah plastik dan wadah sekali pakai lainnya. Hal ini dilakukan guna mengurangi bertambahnya volume sampah yang ada. Selain itu, juga akan mengurangi beban negara pasalnya bahan dasar plastik masih diimpor dari luar Indonesia.

"Saya juga tidak bosan-bosannya mengingatkan kalian semua jangan pernah lagi menggunakan wadah sekali pakai. Dengan pengurangan sampah plastik tersebut secara tidak langsung banyak yang kita sumbangkan untuk negara Indonesia ini. Kita semua pasti bisa mewujudkan Medan bebas sampah," pungkas Akhyar.
Editor: Budi

T#g:Kebersihan
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Nov 2019 19:40

    Plt Wali Kota Medan: Tanamkan Budaya Bersih Sejak Dini

    Menanamkan peradaban bersih bagi seluruh masyarakat Kota Medan khususnya kepada para siswa/i salah satunya dilakukan dengan cara menimbulkan budaya bersih dan menjaga kelestarian lingkungan hidup seja

  • Minggu, 10 Nov 2019 20:20

    Plt Wali Kota Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Medan

    Sebagai wujud apresiasi dan rasa terima kasih atas upaya mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Medan, Pelaksanan tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi me

  • Jumat, 22 Feb 2019 11:42

    Medan Produksi 2.000 ton Sampah Sampai Predikat Kota Terkotor, Ini Penyebabnya

    Sampah yang dihasilkan Kota Medan setiap hari berkisar 2.000 ton, dimana sebagian besar adalah sampah rumah tangga.

  • Jumat, 11 Jan 2019 14:41

    Jaga Keindahan Dan Kebersihan Pegawai Puskesmas Kota Rantauprapat Gelar Jum'at Bersih

    Puluhan Staf pegawai Dinas Kesehatan Puskesmas Kota Rantauprapat melaksanakan kegiatan gotong royong Jum'at bersih di lingkungan kerjanya untuk selalu menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman d

  • Minggu, 19 Apr 2015 20:27

    Pansus LKPj DPRD Medan Pertanyakan Anggaran dan Armada Dinas Kebersihan

    Dinas Kebersihan kota Medan akui alami keterbatasan armada dan petugas untuk melakukan pengutipan dan pembersihan sampah. Walau demikian, Dinas Kebersihan akan melakukan database untuk mengejar pening

  • Sabtu, 31 Jan 2015 07:42

    Launching Program Medan Petisah Peduli Lingkungan

     Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH melaunching Program Petisah Peduli Lingkungan. Acara ini digelar bersamaan dengan program PKK Kota Medan yakni Gotong Royong Jumat Barokah (GRJB), Jum

  • Kamis, 25 Des 2014 13:55

    Camat Medan Helvetia Sinergikan Bestari Dan Melati Agar Bekerja Maksimal

    Untuk meningkatkan pelayanan kebersihan sampah, khususnya di wilayah Medan Helvetia, Edy Matondang mengumpulkan Mandor Kebersihan, sekitar 40 an lebih petugas bestari dan melati, para -Lurah se-kecama

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak