Rabu, 28 Jul 2021 01:22
  • Home
  • Ragam
  • ADD Di Kabupaten Taput Akan Terealisasi Minggu Depan

ADD Di Kabupaten Taput Akan Terealisasi Minggu Depan

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Sabtu, 19 Jun 2021 17:09
Istimewa
Masa pandemik Covid-19 sudah lebih setahun, menyerang seluruh dunia. Begitu halnya di Indonesia yang penyebaran Covid-19 ini sangat dahsyat. Namun, program pemerintah tetap berjalan. Sembari dengan 'hidup cara baru',dengan melakukan standart protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat dalam program pembangunan desa, yang tiap tahunnya mengalokasikan Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Begitu juga Pemerintah daerah mengalokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD yaitu minimal sebesar 10% dari Dana Alokasi Umum (DAU) ditambah DBH (Dana Bagi Hasil).

Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), di Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki 241 Desa di 15 kecamatan. Setiap tahunnya mendapatkan  dana ADD yang dialokasikan Desa untuk Belanja pegawai kantor kepala desa, pemberdayaan dan lainnya.

Dari informasi yang didapat UTAMANEWS, sampai sekarang ADD yang bersumber dari APBD ini belum direalisasikan ke Desa. Hal ini perlu penjelasan melalui Dinas terkait. 

Donny R Simamora, SIP, MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui pesan WhatsApp Sabtu (19/6) menerangkan masih banyak desa yang belum menyelesaikan persyaratan-persyaratan sebagai usulan penyerapan dana ADD ini.

"APBDdes (Anggaran Pendapatan dan Belanja desa), dan persyaratan lainnya belum selesai", jelas kadis PMD ini.

Realisasi ADD ini kemungkinan akan terealisasi minggu depan bagi desa yang sudah terverifikasi APBDdes dan syarat-syarat sebagai usulan ADD. Hal ini dijelaskan beliau kepada UTAMA NEWS.

"Bagi desa yang sudah melengkapi persyaratan pengajuan ADD akan secepatnya direalisasikan dan kemungkinan Minggu depan", tulisnya.

Di pihak lain, Chompey Sibarani sebagai pemerhati masyarakat desa, sangat menyesalkan keterlambatan para pemangku jabatan yang di pemerintahan desa.

"DD dan ADD ini, sudah lama dialokasikan ke desa. Dan tiap tahunnya Desa melakukan pengusulan untuk penyerapan dana DD dan ADD. Sangatlah disayangkan yang seharusnya peran kepala desa sudah lebih maksimal untuk percepatan usulan tersebut. Kita mengharapkan, kedepanya orang-orang yang andal, terampil dan berani membangun desanya dapat sebagai calon kepala desa. Masih kurang modal kejujuran, tapi intelektual dan kemampuan berkomunikasi sangat diharapkan", ucap Chompey Sibarani.
Editor: Robi

T#g:Dana Desa
Berita Terkait
  • Selasa, 06 Jul 2021 21:46

    Pemkab Sergai Gelar Workshop Dana Desa

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya mengikuti Workshop Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa untuk Penanganan Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro D

  • Kamis, 17 Jun 2021 22:17

    Gubernur Edy Rahmayadi Minta Dana Desa Tidak Hanya Untuk Bimtek

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para kepala desa agar menggunakan dana desa tidak hanya untuk bimbingan teknis (Bimtek), tetapi diprioritaskan untuk hal-hal yang lebih produktif.

  • Kamis, 17 Jun 2021 02:17

    Edy Rahmayadi Bakal Bantu Desa yang Serius Kembangkan Potensi Daerahnya

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus mendorong terwujudnya selogan membangun desa menata kota. Dihadapan seluruh Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Edy Rahma

  • Senin, 14 Jun 2021 23:14

    Wagub Musa Rajekshah Berharap UU tentang Desa Dorong Pemerataan Pembangunan

    Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap rencana revisi Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa, membawa perubahan yang baik dari segi kesejahteraan masyarakat pedesaan. Konsep pe

  • Rabu, 26 Mei 2021 15:26

    Audiensi Dengan Mendes PDTT, Kapolri Pastikan Pendampingan Edukasi Dana Desa

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima audiensi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2021).

  • Jumat, 21 Mei 2021 22:21

    Lakukan Percepatan Penyaluran Dana Desa, Kemendes Apresiasi Upaya Pemprov Sumut

    Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) yang terus berupaya mendorong percepatan peny

  • Senin, 15 Mar 2021 10:45

    Wamendes PDTT: KKB Tidak Berhak Terima Dana Desa

    Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, Transmigrasi, dan Daerah Tertinggal (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, mengatakan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak berhak mendapat Dana Desa

  • Rabu, 10 Mar 2021 16:00

    Kaum Milenial Angkat Bicara Tentang Rusaknya Jalan Desa di Taput

    Jalan menuju salah satu dusun di Desa Pariksabungan Kecamatan Siborong-borong Tapanuli Utara sangat memprihatinkan.

  • Sabtu, 20 Feb 2021 12:20

    LSM Ini Komentari Hasil Pembangunan Jalan Aspal Di Desa Aek Nauli lll, Sipahutar, Taput

    Pembangunan jalan Aspal di Desa Aek Nauli lll kecamatan Sipahutar Tapanuli Utara (Taput), yang baru-baru ini telah selesai dibangun menuai polemik. Hal ini, berawal dari postingan masyarakat di media

  • Jumat, 20 Nov 2020 11:20

    Gubernur Sumut Yakin Dana Desa Bisa Menjamin Kehidupan Layak Masyarakat

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi optimis apabila Dana Desa dikelola dengan baik, desa bisa menjamin kehidupan yang layak untuk masyarakatnya. Untuk itu, Dana Desa harus dioptimalkan untuk

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak