Selasa, 22 Jun 2021 09:13
  • Home
  • Politik
  • Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan, Wong Chun Sen: Itu Sudah Pas

Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan, Wong Chun Sen: Itu Sudah Pas

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 24 Apr 2021 08:04
Istimewa
Akibat dianggap kurang respon perintah perbaikan penanganan masalah Covid-19, akhirnya, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mencopot Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi, Jumat (23/4/2021).

Menurut Bobby, penyelesaian masalah kesehatan terutama Covid-19 merupakan program utama Pemkot Medan. Bahkan setelah dilantik beberapa waktu lalu, Bobby sudah mengingatkan jajarannya agar fokus di masalah kesehatan.

Baca juga, Mulai Hari ini, Pemko Medan Bayar Insentif Nakes Perawat Pasien Covid-19 Untuk Mei- September 2020

"Sudah selalu kita ingatkan masalah Covid, sudah disampaikan berkali-kali," kata Bobby Jumat (23/4) sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.

Bobby Nasution menambahkan lagi, Covid-19 ini penyelesaiannya adalah menjadi program utama. "Kemarin juga beberapa hari setelah saya dilantik kita sama sama tahu masalah kesehatan ini terus menggunung, menumpuk," ujarnya.


Bobby pun mengaku selalu meminta Kepala Dinas Kesehatan Medan Edwin Effendi agar melakukan perbaikan untuk penanganan Covid-19.

Sambung Bobby lagi, dirinya, selalu meminta perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan mulai pendataan sampai penanganan. Tapi itu belum bisa terjadi.

Bobby ingin memastikan Covid-19 tak lagi menjadi momok di Kota Medan. Meski saat ini Kota Medan telah memasuki zona orange atau risiko sedang, Bobby ingin Medan secepatnya bebas dari penularan virus corona.

"Kita harus bisa ke zona hijau secepatnya. Seluruh lingkungan di Kota Medan harus segera terbebas dari Covid-19," papar Bobby.

Pasca-pencopotan Edwin, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dijabat oleh Syamsul Nasution yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur RSUD Pirngadi.


Diketahui, Kota Medan sendiri termasuk daerah yang menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi sempat menegur Bobby terkait keramaian di Kesawan City Walk yang dinilai telah melanggar aturan PPKM Mikro.

Pengunjung yang datang tidak menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti tidak menjaga jarak, diadakan pertunjukan Barongsai. Bobby pun mengakui ada kelebihan jam operasonal.

Kawasan pusat nongkrong ini sempat tetap buka hingga pukul 24.00 WIB. Sedangkan dalam aturan PPKM Mikro yang dikeluarkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, tempat usaha hanya boleh buka hingga pukul 21.00 WIB.


Terkait pencopotan Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy, anggota DPRD Kota Medan dari komisi II Drs. Wong Chun Sen Tarigan MPd.B menyebutkan, bahwa pencopotan Edwin selaku kepala dinas Kesehatan sudah tepat. Wong mengatakan hal ini bukan tidak berasalan. 

Menurut Wong, Dinas Kesehatan Kota Medan adalah counterpart di komisi II DPRD Kota Medan, namun berdasarkan pengalaman dari anggota DPRD Kota Medan yang telah dua periode duduk menjadi wakil rakyat kota Medan ini, kinerja Edwin Effendi saat menjadi Kadis Kesehatan Medan tidak ada yang dapat dibanggakan.

"Kinerjanya kurang baik dan waktu kami RDP, Kadis Kesehatan tidak datang karena diperiksa BPK," kata Wong.

Wakil Rakyat dari Partai PDI Perjuangan Kota Medan ini juga mengaku, oleh Komisi II, selalu menasehati tentang kinerja kesehatan supaya diperbaiki dalam menangani kesehatan terutama Covid-19 maupun dalam Pansus Covid-19. "Tetapi nyatanya tidak ada perbaikan dan juga masalah Vaksin untuk masyarakat Medan juga tidak maksimal", pungkas Wong.
Editor: Budi

T#g:DPRD MedanKadis kesehatanVaksin
Berita Terkait
  • Sabtu, 19 Jun 2021 14:49

    Camat, Lurah, Kepling hingga staf ikuti vaksinasi Covid-19 di Binjai

    Ratusan warga yang ingin melaksanakan penyuntikan Vaksinasi Covid-19, mulai pagi hari tampak berkumpul di Gedung Olahraga (GOR) Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Sabtu (1

  • Sabtu, 19 Jun 2021 11:09

    SPBU Jalan Sudirman Ujung Dilaporkan Terkait Perizinan

    Pembangunan SPBU di Jalan Sudirman akhirnya dilaporkan ke Komisi IV DPRD Kota Medan, oleh DPD LSM Penjara Sumut, Selasa, (15/6/2021).Hal ini dilakukan karena menurut LSM Penjara, pembangunan SPBU di J

  • Jumat, 18 Jun 2021 20:38

    Pemko Binjai Lanjutkan Vaksinisasi Covid-19 untuk guru dan tenaga Pendidik

    Penyuntikan Vaksinasi lanjutan untuk seluruh guru dan tenaga Pendidik, kembali dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jumat (18/6).Kali ini, Vaksinasi Covi

  • Kamis, 17 Jun 2021 15:17

    Panglima TNI: TNI-Polri Dukung Program Vaksinasi Nasional, 1 Juta Vaksin Perhari

    Melonjaknya kasus positif Covid-19 yang saat ini melanda di Indonesia, tentunya memerlukan keseriusan dari setiap pihak untuk segera memutus mata rantai Covid-19 di tanah air, dengan mendukung Pr

  • Kamis, 17 Jun 2021 10:47

    Kapolresta Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Masal Sinovac di Kabupaten Deli Serdang

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi massal pencegahan virus covid-19 di P3UD Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.Dengan didampingi Waka Polr

  • Rabu, 16 Jun 2021 21:16

    Duma minta Satpol PP tindak tegas bangunan yang tidak memiliki SIMB dan menyimpang

    Satu unit bangunan berlantai 4 yang berada di Jalan Surau Gang Cik Ditiro No.6 Kelurahan Sei Putih Timur, Kecamatan Medan Petisah, diketahui izin bangunan telah menyimpang dari permohonan SIMB yang di

  • Rabu, 16 Jun 2021 18:56

    David Sinaga, Dinas Sosial Kota Medan dan RSU Pirngadi Selamatkan Ibu Hamil Terlantar Dari Toba

    Kolaborasi antara Anggota Legislatif DPRD Medan David Roni Ganda Sinaga dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal ini Kepala Dinas Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis yang telah menyelamatkan se

  • Selasa, 15 Jun 2021 21:05

    Pemkab Sergai Gelar Vaksinasi Massal dengan Target 25.000 Peserta

    Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi Lansia, kali ini Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) berkolaborasi dengan Polres Sergai, Polres Tebing Tinggi dan Forkopimd

  • Senin, 14 Jun 2021 16:04

    Sidang Lanjutan Paripurna DPRD Kota Medan Terkait Ranperda

    Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman mengikuti sidang lanjutan Paripurna DPRD Kota Medan terkait dengan Ranperda kota Medan tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD TA 2020, di Gedung DPRD Kota Medan,

  • Kamis, 10 Jun 2021 17:10

    AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di 2 Lokasi

    Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia (lansia) dan Tenaga Pendidik di Yayasan Perguruan Sultan Agung Jalan Surabay

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak