Senin, 19 Apr 2021 09:55

PT PNM Bantu Turunkan Kemiskinan di Sumut

Wagub Sumut Apresiasi Program Mekaar

Medan (utamanews.com)
Oleh: Alfan Maulana
Kamis, 04 Mar 2021 12:34
Dinas Kominfo Sumut
Ijeck
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi kinerja PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM) yang telah melaksanakan program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) di Sumut. Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan PT PNM di Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, Rabu (3/3).

"Baru kali ini mendengar mengenai PT PNM dan Mekaar ini, dan ini luar biasa, PT PNM dalam kinerjanya membantu menurunkan angka kemiskinan di Sumut," ujar Wagub Musa Rajekshah.

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck, mengatakan, PT PNM tidak hanya melayani pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, dalam program yang dikenal dengan Mekaar, juga mendampingi para nasabah dengan melakukan pemberdayaan agar usaha yang dilakukan dapat berjalan lancar.


"Ini kita terima kasih, PT PNM mau masuk hingga ke pelosok untuk bisa membantu masyarakat kita yang secara ekonomi mungkin sulit. Saya apresiasi, karena tak hanya memberikan modal pinjaman saja, tapi di program Mekaar ini juga ikut mendampingi sampai nasabah tersebut usahanya mulai tumbuh, artinya tak semata-mata hanya memberi uang," puji ijeck.

Dikatakan Ijeck, kehadiran PT PNM di Indonesia, khususnya di Sumut juga menjadi salah satu usaha untuk mengurangi angka kemiskinan. Karena, dari apa yang dilakukan PT PNM, menurut Ijeck, sangat membantu pemerintah.

Ke depan, Ijeck berharap, PT PNM dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bisa meningkatkan sinergi untuk menggerakkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat. "Tentu kita Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat mendukung. Tolong sampaikan kepada kami, apa apa yang bisa kami bantu, tolong sampaikan. Kita akan segera follow up," jelas Ijeck.

Untuk itu, ia meminta Kadis Koperasi dan UKM Pemprov Sumut secapatnya bisa berkoordinasi dengan PT PNM dalam melaksanakan program kerjanya di Sumut.


Noer Fajriansyah, Direktur Kelembagaan PT PNM berharap bisa membangun sinergi dengan Pemprov Sumut, sebab keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni menyejahterakan rakyat.

"Kita punya visi yang sama yaitu bagaimana mengentaskan kemisikan di Sumatera Utara melalui program Mekaar, kita berharap ada sinergi antara PT PNM dengan pemerintah daerah dalam rangka mempercepat akselerasi bagi nasabah-nasabah pra sejahtera untuk bisa punya kesempatan akses pembiayaan sehingga dia bisa meningkat secara finansial yang akan berdampak pada perbaikan kesejahteraan keluarga nasabah," jelas Fajriansyah.

Dalam program Mekaar tersebut, dijelaskan Fajriansyah, menargetkan nasabah yang berasal dari keluarga pra sejahtera. Model pembiayaan nasabah tidak dilakukan secara individual, melainkan secara berkelompok. Bentuk pinjamannya pun berada di rentang angka Rp2 juta hingga Rp10 juta dengan model angsuran dibayar per minggu yang ditagih secara per kelompok.


Fajriansyah menjelaskan, PT PNM juga tidak hanya memberikan pinjaman modal, sekaligus juga memberikan pendampingan sampai usaha berjalan. Nantinya, setelah finansial nasabah bertumbuh, para nasabah bisa menigkatkan pinjaman modal seiring dengan berkembangnya usaha.

Dicky Fajrian, Kepala Divisi Bisnis Mekaar PT PNM, menjelaskan, di Sumut, program Mekaar telah berjalan sejak tahun 2016 dan saat ini total nasabah program Mekaar berjumlah sekitar 520.000 orang yang tergabung dalam 40.000 kelompok.

"Kita sudah berjalan di Sumut sejak tahun 2016 sampai dengan saat ini ada kurang lebih 520.000 nasabah yang tergabung dalam 40.000 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari sekitar 25 orang. karena kita memberdayakan dalam bentuk kelompok dan rata-rata saat ini setiap nasabah sudah mendapatkan pembiayaan sebesar Rp3 juta hingga Rp4 juta," jelas Dicky.

Ke depan, dikatakan Dicky, PT PNM menargetkan bisa meningkat pelayanan ke masyarakat dengan target 800.000 orang. "Tahun 2021, kita berharap bisa meningkatkan lagi jumlah pelayanan kita dengan target 800.000 nasabah," jelas Dicky.

Hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Suherman, Kepala Dinas Sosial Rajali, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Effendy Pohan, Kepala Cabang PT PNM Medan Alfian Langka Manik serta rombongan.
Editor: Herda

T#g:UMKM
Berita Terkait
  • Selasa, 13 Apr 2021 09:33

    Senyum Manis Pengusaha UMKM Kesawan City Walk

    Kesawan City Walk (KCW), membuahkan hasil positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu terlihat dari kebahagiaan para pegiat UMKM Kesawan City Walk saat mengungkapkan pendapatannya yang men

  • Sabtu, 10 Apr 2021 09:10

    Perluas Jangkauan Pasar, Nawal Minta UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

    Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung program des

  • Jumat, 09 Apr 2021 06:09

    Bupati Zahir Minta Para Pelaku UMKM Batu Bara Hadiri Acara Digital Entrepreneur Academy

    Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar, SH, meminta dan sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk menghadiri acara Digital Entrepre

  • Kamis, 08 Apr 2021 09:58

    Wali Kota Ingin Pemko Bisa Jadi Pasar Bagi Produk UMKM Medan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mengapresiasi perhelatan Pemasaran Produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM di Ground Floor Manhattan T

  • Rabu, 07 Apr 2021 13:07

    Berdayakan Ekonomi Perempuan, Pemprov Sumut Gelar Pelatihan Penguatan Industri Rumahan

    Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengadakan pelatihan penguatan

  • Sabtu, 03 Apr 2021 15:43

    UMKM Parapat Meriahkan Program Pariwisata Super Prioritas Utama Danau Toba

    Ada kemeriahan saat pameran produksi UMKM di Openstage, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Kemeriahan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan

  • Kamis, 01 Apr 2021 08:01

    Tak Ada Lapak Pedagang di Kesawan City Walk Di Atas Drainase

    Kawasan kuliner Kesawan City Walk telah resmi beroperasi di Kota Medan. Selain bisa menikmati aneka kuliner, pengunjung juga bisa menikmati wisata sejarah.Kesawan adalah kawasan yang masih menampilkan

  • Selasa, 30 Mar 2021 01:30

    Kahiyang Tinjau Pengusaha Tape di Tuntungan

    Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution akan membantu pelaku UMKM, khususnya pengus

  • Selasa, 23 Mar 2021 19:33

    Kahiyang Tinjau Pengrajin Rotan dan Usaha Pembuatan Kerupuk Jangek di Medan Helvetia

    Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, S.TP., M.M. meninjau usaha kerajinan rotan dan pembuatan kerupuk jangek di Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (23/3). Peninjauan ini m

  • Selasa, 23 Mar 2021 09:13

    TP PKK Kota Medan Dukung dan Wujudkan Program 1 Kelurahan 1 Sentra Usaha

    Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, meminta kepada seluruh anggota TP PKK Kota Medan untuk mendukung dan ikut mewujudkan program Pemko Medan yakni satu kelurahan satu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak