Minggu, 19 Sep 2021 09:48
  • Home
  • Politik
  • Usai Datangi MTs Negeri, Hendro Silaturahmi ke MAN Binjai

Usai Datangi MTs Negeri, Hendro Silaturahmi ke MAN Binjai

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Jumat, 18 Jun 2021 17:58
Istimewa
Usai mendatangi Sekolah MTs Negeri Binjai, yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini selanjutnya Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai, Jumat (18/6).

Di MAN Binjai yang tepat berada di sebrang MTs Negeri Binjai, Legislator yang santun kepada awak media ini diterima oleh beberapa tenaga pendidik yang berada di Sekolah tersebut.

Ia juga mengatakan jika kedatangannya tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus melihat perkembangan Pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah jenjang Pendidikan menengah pada Pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan Sekolah Menengah Atas itu.

"Alhamdulillah, walau kita tidak bertemu dengan Kepala Sekolah (Evi Zulinda Br Purba S.Pdi-red) namun kita disambut baik oleh tenaga pendidik disini," kata Hendro.

Sebelum tiba di MAN Binjai, Hendro mengakui kalau ia sebelumnya sudah menghubungi Kepala Sekolah MAN Binjai, serta sudah berdiskusi dengan Kakan Kemenag Binjai, Ainul Aswad.

"Kemarin saya sudah diskusi dengan Pak Ainul, serta maksud kedatangan saya kesini juga sudah saya beritahu ke Kepala Sekolah," kata Hendro dihadapan awak media, seraya menegaskan bahwa silaturahmi yang dilakukannya itu tegak lurus dan tidak macam macam, hal itu dikarenakan ingin memberikan informasi yang terbaik pada masyarakat.

Sebagai Wakil Rakyat, Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga menambahkan, masyarakat mempunyai hak untuk menanyakan bagaimana proses berlangsungnya seleksi PPDB, hingga pengumuman penerimaan calon Siswa didik baru.

"Publik dan masyarakat berhak menanyakan ketika ada anggota keluarga atau pun anaknya menanyakan kepada pihak terkait bagaimana proses yang sebenarnya. Itu merupakan hak masyarakat dan juga di lindungi oleh Undang Undang," tegasnya.

Untuk itu, kata Hendro, sebagai anggota Dewan yang diamanahkan rakyat menjadi wakilnya, ia menegaskan jika dirinya wajib merespon itu semua, baik keluhan ataupun dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Tim Seleksi PPDB di Sekolah Sekolah yang ada.

"Salahsatunya mungkin ada ketidakpuasan dari hasil PPDB," ungkapnya.

Hendro juga mengakui, setibanya di Sekolah MAN Binjai, dirinya langsung berdiskusi terkait Proses PPDB di Sekolah tersebut dengan salah seorang tenaga Pendidik.

"Benar, tadi kami berdiskusi terkait PPDB, baik melalui jalur Prestasi dan segala macam. Artinya, saya ingin tegaskan kalau saya sebenarnya belum puas, karena saya belum bertemu dengan Ibu Evi, selaku pemimpin di Sekolah ini," beber Pria berkacamata ini.

Lebih lanjut dikatakan Pria berfostur tinggi ini, menurut keterangan dari salah seorang tenaga Pendidik, untuk proses PPDB di MAN Binjai, tidak ada kendala. "Menurut guru yang ada, di MAN Binjai, Clear. Ini yang perlu kita garis bawahi, seandainya ada anak atau calon siswa yang tidak lulus karena gagal dalam konteks tes akademiknya. Karena memang ada beberapa ujian ujian yang dilakukan dan segala macam. Inilah peran kita sebagai anggota Dewan, yaitu mendudukkan permasalahan dan menyampaikan sebenarnya itu seperti apa," beber Hendro ketika disoal seleksi PPDB.

Lanjutnya, dengan datang ke Sekolah Sekolah dan mengetahui proses PPDB, serta kendala apa yang terjadi, hal itu dikarenakan pihaknya menginginkan kualitas Pendidikan, khususnya di Kota Binjai, menjadi lebih baik lagi.

"Kta ingin kualitas pendidikan di Binjai bisa lebih bagus. Baik yang di lakukan oleh Institusi Kemenag atau Institusi Kemendikbud. Artinya, harus memberikan dampak positif dan pembentukan karakter bagi kualitas pendidikan kita," pungkasnya.

Dirinya juga menambahkan, suatu Negeri, suatu kaum, suatu wilayah (Kabupaten Kota) mempunyai hak untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas. "Artinya, semua anak anak punya kesempatan yang sama untuk masuk dan belajar di Sekolah. Maka sesungguhnya Pemerintah, Pemimpin, baik itu Kepala Sekolah, Bupati, Gubernur, Walikota, hadir untuk memberikan porsinya sebagai Leader atau sebagai seorang pemimpin," ujar pria berkacamata ini.

Diakhir pembicaraannya, Pria yang sebelumnya pernah belasan tahun menjadi Staf ahli di DPR RI ini menegaskan bahwa salah satu fungsi dirinya sebagai anggota DPRD ialah melalukan Pengawasan. 

"Hari kami melakukan sebagai fungsi pengawasan kami, karena itu dijamin Undang Undang. Kami selalu siap ketika masyarakat melaporkan. Jadi bukan PPDB saja. Namun masih banyak hal lainnya seperti Dukcatpil, tanah longsor dan sebagainya. Itulah tugas kami untuk cepat merespon terhadap aspirasi dan masukan masyarakat," tutur Hendro Susanto.

Usai mengunjungi Sekolah MTs Negeri dan MAN Binjai, Hendro selanjutnya akan berangkat ke Medan, untuk ikut menghadiri Paripurna.

"Ada Paripurna. Agendanya terkait jawaban Gubsu terhadap pandangan Fraksi Fraksi tentang laporan pertanggung jawaban tahun 2020. Sebelum ke Medan, saya sempatkan dulu kemari sebagai bentuk kepedulian kami pada masyarakat yang juga memang merupakan tugas kami untuk melayani masyarakat," tutupnya. 
Editor: Herda

T#g:dprdsuMANPPDB
Berita Terkait
  • Minggu, 19 Sep 2021 06:19

    AKP Janpiter Napitupulu Tinjau Kegiatan Vaksin di Puskesmas Kenanga

    Sebanyak 200 masyarakat lakukan vaksinasi di Puskesmas Kenanga Jalan Tiung Raya, Kecamatan Percut Sei Tuan, Sabtu (18/09/21).Sesuai arahan Presiden, target 2,3 juta jiwa penduduk Indonesia harus menda

  • Sabtu, 18 Sep 2021 20:28

    Kasal Wakili Panglima TNI Tinjau Vaksinasi di Kabupaten Kotabaru Kalimantan

    Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahtanjo, S.I.P bersama-sama dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP

  • Jumat, 17 Sep 2021 12:37

    Polres Binjai belum pastikan dugaan penyerangan oleh preman bayaran mafia tanah

    Kasus pembacokan terhadap Suyanto (43) warga Dusun Ban Rejo, Desa Kwala Mencirim, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, yang terjadi pada Selasa (14/9) lalu, hingga saat ini masih dalam penyelidik

  • Jumat, 17 Sep 2021 13:17

    Kapolri Perintahkan Polisi Humanis Sikapi Warga Sampaikan Aspirasi

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Telegram (TR) berupa perintah kepada jajaran Polda dan Kasatwil di seluruh Indonesia untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden dengan

  • Kamis, 16 Sep 2021 04:16

    Polres Sergai Menerima Kunjungan Ombudsman Dalam Rangka Laporan Masyarakat

    Polres Serdang Bedagai (Sergai) menerima kunjungan Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dalam rangka koordinasi penyelesaian laporan masyarakat terhadap laporan Polisi Nomor : LP/370/IX/2020/S

  • Sabtu, 11 Sep 2021 14:41

    DPRD Sumut sambangi penjual pecal yang viral ditagih pajak Rp3 Juta

    Setelah viral karena menagih retribusi Pajak konsumen kepada pedagang Bakso sebesar Rp6.000.000 (Enam Juta Rupiah) per bulan, kini Pemko Binjai kembali diviralkan dengan menagih Pajak kepada seorang P

  • Rabu, 08 Sep 2021 10:07

    Wagub Musa Rajekshah Sampaikan Nota Keuangan dan Rancangan P-APBD TA 2021

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menyampaikan Nota Keuangan dan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2021, dalam Rapat Paripur

  • Rabu, 08 Sep 2021 06:58

    Dengar ditolak rumah sakit, Wakil Wali Kota jenguk dan antar langsung warganya ke RS. Pirngadi Medan

    Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman menjenguk warga yang sakit, di Jalan Bridjend Hamid, Gg. Tapian Nauli, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Anak dari pasangan Julidar (53) dan Zulkarn

  • Senin, 06 Sep 2021 19:16

    Antonius Tumanggor Kembali Realisasikan Permintaan Warga

    Wakil Rakyat dari Dapil 1 (satu) Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos kembali menepati janjinya merealisasikan permintaan konstituennya yang tinggal di Jalan Danau Batur/Speksi Komplek Bea Cu

  • Senin, 06 Sep 2021 10:26

    Tim Wampu Squad Amankan 2 Preman Peras Sopir Truk

    Tim Wampu Squad Polres Langkat berhasil menangkap dua preman yang kerap melakukan tindak pemerasan terhadap sopir truk di Perbatasan Sumut- Aceh. Kedua pelaku berinisial ZH dan rekannya RR,"Ya kedua p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak