Rabu, 26 Feb 2020 07:48
  • Home
  • Politik
  • Total Dukungan Pembangunan Transportasi di Kawasan Danau Toba Rp644,6 miliar, Ini daftarnya

Total Dukungan Pembangunan Transportasi di Kawasan Danau Toba Rp644,6 miliar, Ini daftarnya

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Selasa, 30 Jul 2019 13:50
Kemenhub RI
Jokowi meninjau pembangunan pelabuhan Muara, Tapanuli Utara
Setelah meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Senin (29/7) malam.

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi langsung meninjau pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Muara, dan mendapatkan penjelasan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Pembangunan Pelabuhan Muara ini sudah berlangsung, dan ditargetkan selesai tahun 2020 mendatang.

Kepada wartawan Menhub Budi Karya Sumadi mengemukakan, Presiden Jokowi memberikan arahan perlunya suatu bentuk arsitektur Pelabuhan yang maju, modern dan yang bisa menimbulkan inspirasi bagi generasi muda dan dapat menarik minat wisatawan untuk datang.

"Jadi kita akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR terkait desain bangunan arsitektur Pelabuhan- pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba," kata Basuki usai mendampingi Presiden meninjau Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.


Menteri PUPR menjelaskan, dari 12 Pelabuhan Penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yang dibangun Kementerian Perhubungan, 4 (empat) diantaranya telah dilakukan pengembangan hingga tahun 2019 dan akan selesai pada tahun 2020 yaitu, Pelabuhan Simanindo, Ambarita, Muara, dan Tigaras.

Sementara 3 (tiga) Pelabuhan lainnya yang mulai dibangun pada tahun 2019 dan akan selesai pada 2020 yaitu Pelabuhan Marbun Toruan, Tongging, dan Balige. Ada 1 (satu) pelabuhan yang mulai dibangun pada tahun 2018 dan telah selesai pada tahun 2019 yaitu Pelabuhan Ajibata.

Sedangkan 4 (empat) pelabuhan lainnya yang akan mulai dibangun pada tahun 2020 yaitu Pelabuhan Silalahi, Sipinggan, Onan Runggu dan Porsea.

Total investasi untuk pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba sampai dengan tahun 2020 mencapai Rp469 miliar yang berasal dari APBN.


Selain membangun pelabuhan Penyeberangan, Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) juga memberikan dukungan melalui pembangunan 5 kapal sampai tahun 2020, dengan total investasi 122 Milyar Rupiah (APBN), diantaranya 1 (satu) Kapal Motor Penyeberangan Ihan Batak dengan bobot 546 GT yang telah selesai dibangun pada tahun 2018. Kemudian, 2 (dua) Kapal Penyeberangan masing-masing 300GT dan 200 GT yang akan selesai pada tahun 2019 dan 2020, dan 2 (dua) Bus Air yang akan selesai pada tahun 2020.

Lalu, Pemberian Subsidi operasional angkutan penyeberangan dan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sampai tahun 2020 dengan total alokasi anggaran sebesar 4,7 Milyar Rupiah, pada rute sebagai berikut : Ambarita- Ajibata, Ajibata- Onan Runggu, Balige- Onan Runggu, Muara- Nainggolan, dan Muara- Sipinggan.

Pemberian fasilitas perlengkapan jalan (25,2 Milyar Rupiah) pada beberapa ruas jalan yaitu, Jalan Nasional KSPN Danau Toba (Lingkar dalam Pulau Samosir), Jalan Kabanjehe-Sidikalang (KM.121), Jalan P. Siantar-Balige (KM 47-48), Jalan Nasional di Kab. Simalungun, dan Jalan Dolok Merangir- P. Siantar-Parapat (064-065-066).


Kemudian pemberian subsidi angkutan multimoda sampai tahun 2020 (23,8 Milyar Rupiah) dengan beberapa lintasan yaitu, lintasan Silangit-Ajibata, Silangit-Tarutung, Silangit-Dolok Sanggul, Ajibata-Pematang Siantar (Stasiun Kereta), Teluk Nibung-Ajibata, pelayanan Shuttle Bus Balige, Parapat, dan Tapanuli Utara (Huta Ginjang).

Total dukungan investasi Kementerian Perhubungan dari sektor Perhubungan Darat untuk pengembangan KSPN Danau Toba sampai dengan tahun 2020 mencapai Rp644,6 miliar.

Selain dari sektor perhubungan darat, di sektor perhubungan udara, Kemenhub juga akan memperpanjang runway Bandara Sibisa yang menjadi pintu masuk Kawasan Danau Toba dari 1200 Meter menjadi 1900 Meter, sehingga dapat didarati pesawat jenis ATR-72.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Pelabuhan Muara itu di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Editor: Mario Matthew

T#g:Danau Toba
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Feb 2020 18:46

    Dimana Lahan 150 Hektar untuk Pariwisata Danau Toba yang dijanjikan Bupati Samosir pada Jokowi?

    Kabupaten Samosir adalah kabupaten yang memiliki teritorial dikelilingi Danau Toba dengan tagline, Negeri Indah kepingan Surga.

  • Kamis, 05 Des 2019 17:35

    Pesta Danau Toba Digelar 9-12 Desember 2019 Di Pantai Bebas Parapat

    Festival Danau Toba (FDT) tahun 2019 akan digelar di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Ria Nofida Telaumbanua m

  • Rabu, 13 Nov 2019 14:33

    Raja Belanda Akan Kunjungi Sumut & Danau Toba

    Raja Belanda Willem-Alexander rencananya akan mengunjungi Indonesia, 10-12 Maret 2020. Selain akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, juga akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk

  • Selasa, 15 Okt 2019 11:35

    Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp.4,04 Triliun Bangun Insfratuktur & Utilitas Dasar Danau Toba

    Presiden RI Joko Widodo meminta pembangunan insfratuktur di kawasan Danau Toba untuk dapat diselesaikan sesuai target yang ditentukan. Juga berpesan agar rumah yang berdiri di kawasan Danau Toba dikem

  • Senin, 23 Sep 2019 15:33

    YPDT Sampaikan Berbagai Persoalan Danau Toba Kepada Presiden

    Berbagai persoalan di Kawasan Danau Toba (KDT) masih belum mampu diselesaikan secara tuntas oleh Pemerintah Daerah (Pemda), baik itu di tingkat kabupaten (ada 7 kabupaten di KDT) maupun di tingkat pro

  • Rabu, 04 Sep 2019 14:34

    Kerukunan Puak Batak Bersaudara Minta Wartawan "Sejukkan" Polemik Wisata Halal di Danau Toba

    Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan meminta masyarakat bersikap positif terhadap statemen Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi soal "wisata halal" di danau Toba.

  • Senin, 02 Sep 2019 20:22

    Kaldera Danau Toba, Sumatera Utara Masuk Jaringan Taman Bumi UGG

    Melalui perjuangan yang panjang, akhirnya Kaldera Danau Toba yang berada di Provinsi Sumatera Utara, diusulkan dan diterima masuk dalam jaringan Taman Bumi, UNESCO Global Geopark (UGG). Pembicara

  • Rabu, 14 Agu 2019 20:54

    AMAN: Tidak Benar TPL Melindungi Masyarakat Adat

    Merespon berita klarifikasi pihak PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk., yang disampaikan Mulia Nauli terkait aksi Masyarakat Adat Tano Batak di Kantor Kementerian LHK di Jakarta, dengan tegas Ketua AMAN Ta

  • Kamis, 08 Agu 2019 19:28

    Doni Monardo: Membuang limbah ke danau Toba adalah kesalahan besar

    Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan marah dan kecewa begitu mengetahui dugaan perusahaan seperti PT Allegrindo yang bergerak di bidang peternakan babi, membuang limbah ke Danau Toba."Pak Luhut marah

  • Selasa, 30 Jul 2019 06:40

    Jokowi: 28 Destinasi Wisata Sekitar Danau Toba Akan Ditata

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (29/7) sore. Di sini, Presiden menyimak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak