Jumat, 19 Apr 2024 13:52
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Seskab Pramono Anung Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

Jakarta (utamanews.com)

Oleh: Ahmad

Senin, 01 Jun 2020 20:01

Setkab RI
Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung, mengikuti acara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari Senin, 1 Juni 2020 dengan khidmat, dari kediaman, di Provinsi DKI Jakarta.

Penyelenggaraan peringatan hari lahir Pancasila kali ini mengangkat tema, "Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju," menjadi sangat relevan dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Menyikapi kondisi itulah, acara peringatan hari lahir Pancasila tahun ini digelar melalui telekonferensi serta turut dihadiri oleh para pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri, dan sejumlah kepala daerah.

Urutan acara dalam peringatan kali ini yakni dimulai lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani. Selanjutnya, amanat Presiden dan diakhiri dengan doa oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Sebagaimana informasi, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila karena pada tanggal tersebut Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno, berpidato di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Untuk itu, Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Dasar pertimbangan dalam Keppres tersebut, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan penetapan Keppres tersebut, sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.
Editor: Budi

T#g:Pramono Anung
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️