Minggu, 13 Jun 2021 04:12
  • Home
  • Politik
  • Prof Djohar Arifin: Sosialisasi Penerimaan "Satu Juta Guru Honorer" sangat minim

Prof Djohar Arifin: Sosialisasi Penerimaan "Satu Juta Guru Honorer" sangat minim

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 30 Des 2020 23:20
Istimewa
Prof Djohar Arifin Husin
Usulan formasi dari Pemerintah Daerah terkait pendaftaran rekruitmen "Satu Juta Guru Honorer" jelang satu hari batas masa pendaftaran, dinilai masih belum memuaskan.

Agar dapat mencapai hasil yang diharapkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diharapkan dapat memperpanjang masa pendaftaran hingga menggencarkan sosialisasi hingga pelosok daerah.

"Kami mendapat informasi hingga H-1 penutupan masa pendaftaran, pengajuan formasi kebutuhan guru dari Pemerintah Daerah, tergolong masih minim. Untuk itu, kami meminta perpanjangan masa pendaftaran sehingga makin banyak peluang bagi guru honorer untuk berkesempatan memperbaiki masa depan mereka," pinta Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, Anggota Komisi X DPR RI, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (30/12).

Politisi dari Partai Gerindra ini juga mengatakan, hingga pertengahan Desember lalu, adapun jumlah usulan formasi Guru dari Pemerintah Daerah dinilai masih relatif rendah, yaitu 174.077 formasi dari 1.000.0000 target rekrutmen guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


"Pemerintah daerah sepertinya masih ragu untuk mengajukan formasi kebutuhan guru, karena dikhawatirkan akan membebani keuangan daerah," bebernya.

Tidak hanya itu, Tokoh Nasional berdarah Melayu ini juga mengatakan, selama ini beban gaji dan tunjangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Daerah, baik dari unsur PNS maupun PPPK, memang menjadi beban Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, pada saat ada pembukaan rekruitmen Satu Juta Guru Honorer menjadi PPPK, Pemerintah Daerah khawatir hal itu akan memperberat beban APBD. 

"Padahal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menegaskan jika sejuta guru honorer yang direkrut dengan skema PPPK, yang nantinya akan ditanggung oleh Pemerintah Pusat, baik dari segi gaji dan tunjangannya," tegas Prof Djohar Arifin.

Sebagai Anggota Komisi X DPR RI yang salah lingkup tugasnya adalah Pendidikan, Djohar menilai minimnya sosialisasi tentang rencana rekruitmen Sejuta Guru Honorer sebagai PPPK, menjadi pemicu keengganan Pemerintah Daerah untuk mengajukan formasi kebutuhan Guru ke Pemerintah Pusat. 
Editor: Herda

T#g:DPR RIPPPKGuruHonorer
Berita Terkait
  • Kamis, 10 Jun 2021 17:00

    Honorer di Lingkungan Dinas Disporapar Tanjungbalai Keluhkan Pemotongan Honor

    Kepala Dinas Pemuda dan olahraga Pariwisata Kota Tanjungbalai, diduga melakukan Pemotongan Gaji Puluhan Staf Honorer di Lingkungan Dinas Disporapar Tanjungbalai. Tidak tanggung-tanggung, pemotongan Ga

  • Selasa, 08 Jun 2021 17:28

    Wakil Walikota Gunungsitoli Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Bagi Tenaga Pendidik

    Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa'a Laoli, SE., M.Si meninjau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 bagi tenaga Pendidik Kota Gunungsitoli bertempat di Auditorium STT Sunderman Gunungsitoli, Selasa (08/06/2021).

  • Sabtu, 05 Jun 2021 18:45

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Tinjau Vaksinisasi Tenaga Pendidik Kota Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo Sik, meninjau langsung pemberian Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Binjai, untuk tenaga pendidik. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Gedun

  • Sabtu, 05 Jun 2021 16:05

    Kapolda Sumut Sambut Kunjungan Komisi III DPR RI

    Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra S MSi menyambut rombongan Komisi III DPR RI yang baru tiba di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di KNIA Deli Serdang, Jumat (04/06/2021).

  • Jumat, 04 Jun 2021 05:04

    Pemko Medan Gelar Vaksinasi Massal, Target Terlampaui

    Pemko Medan bekerja sama dengan Poldasu dan Kodam I BB menggelar vaksinasi massal di Eks Bandara Polonia, Kamis (3/6/2021). Target 1.000 dosis vaksin yang digunakan pada kegiatan ini terlampaui, karena masyarakat begitu antusias untuk divaksin.

  • Rabu, 02 Jun 2021 15:22

    Panglima TNI, Menhan dan Kepala Staf Angkatan Laksanakan Rapat Kerja Dengan Komisi I DPR RI

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Menhan RI Prabowo Subianto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono., S.E. M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasety

  • Selasa, 25 Mei 2021 20:45

    360 Guru Sekolah Dasar Kota Tanjung Balai Divaksin Covid-19

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H. Waris Thalib meninjau penyuntikan vaksin bagi 360 guru sekolah dasar (SD) yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan di Gedung Serbaguna Wira Satya, Polres Tanjungbalai, Senin (24/5/2021).

  • Senin, 24 Mei 2021 23:24

    Bupati Sergai Sidak di Kantor Camat Sipispis dan Tebing Syahbandar

    Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan para ASN serta melihat kinerjanya khususnya pada pelayanan publik, Bupati Sergai H. Darma Wijaya melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Camat Sipispis, Senin (24/5/2021) pagi.

  • Selasa, 18 Mei 2021 16:38

    Viral Polisi Sabar Hadapi Cacian Warga di Pos Penyekatan, Komisi III: Sesuai Program Presisi

    Media sosial (medsos) viral atau banyak memperbincangkan dari sikap aparat kepolisian yang bertindak penuh dengan kesabaran dan mengedepankan pendekatan humanis saat menghadapi masyarakat yang melonta

  • Minggu, 02 Mei 2021 21:32

    Ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, Antonius D Tumanggor: Pendidik Harus Jadi Teladan

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor S.Sos menyampaikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional bagi para tenaga pendidik baik formal dan non formal. Te

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak