Senin, 23 Sep 2019 19:07
  • Home
  • Politik
  • Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

Presiden Jokowi Bertemu dengan PM Australia di Viet Nam

Viet Nam (utamanews.com)
Oleh: John
Sabtu, 11 Nov 2017 19:31
Biro Setpres
Presiden Jokowi dan PM Australia di Viet Nam

Mengawali kegiatan hari kedua berada di Da Nang, Viet Nam, Sabtu, (11/11/2017), Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull di Furama Resort Da Nang. 

Pertemuan yang dihelat pada pukul 08.05 waktu setempat diawali dengan bincang santai keduanya di balkon tempat pertemuan berlangsung. Setelah berbicara selama lima menit, keduanya kemudian memasuki ruang pertemuan.

Saat pertemuan bilateral, Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala BKPM Thomas Lembong, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Desra Percaya, serta Duta Besar Indonesia untuk Viet Nam Ibnu Hadi.

Usai pertemuan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan kepada para jurnalis bawa PM Turnbull selalu ingin bertemu dengan Presiden Jokowi di dalam setiap pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri keduanya, baik KTT APEC maupun KTT G20.

"Ini menunjukkan hubungan yang sangat erat dan sangat akrab kedua negara," ucap Pramono. 

Dalam pertemuan tersebut PM Turnbull meminta Indonesia berperan aktif mengatasi konflik di Rakhine State, Myanmar.

"PM Turnbull meminta Indonesia berperan aktif karena memang seperti yang diketahui bersama yang berkomunikasi secara langsung dengan Rakhine State adalah Indonesia, baik Presiden sendiri maupun melalui Ibu Menteri Luar Negeri," ujar Pramono.

Sementara itu, Presiden Jokowi meminta kepada PM Turnbull agar pemerintah Australia turut serta memulihkan kota Marawi setelah dilanda peperangan. Seperti diketahui, saat ini kota Marawi telah kembali dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah Filipina. 

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa Indonesia akan mengirimkan ulama-ulama untuk menyebarkan Islam yang moderat ke Marawi.

"Untuk memberikan edukasi kepada teman-teman di Marawi karena Indonesia dianggap sebagai big brother sehingga dengan demikian Indonesia bisa berperan serta dalam hal tersebut," ujar Pramono.

Selain itu, PM Turnbull juga mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri KTT ASEAN-Australia yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018 mendatang.

"PM Turnbull meminta secara khusus kepada Presiden Jokowi untuk berkenan bersedia memberikan pidato kepada para eksekutif di Australia," ucap Pramono. 

Editor: Budi

T#g:AustraliaJokowiVietnam
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Sep 2019 20:47

    Panglima TNI Dampingi Jokowi Tinjau Lokasi Karhutla di Riau

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Merbau, Kecamatan Bunu

  • Selasa, 17 Sep 2019 13:27

    Panglima TNI Bersama Presiden RI Sholat Istighosah Atasi Karhutla Riau

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan sejumlah pejabat negara melaksanakan Sholat Istiqhosah, di Masjid Amrullah Kompleks Pangkalan Udara (Lanud)

  • Selasa, 10 Sep 2019 17:50

    Presiden Jokowi Akan Tempatkan 1.000 Sarjana Muda Papua di BUMN

    Presiden Joko Widodo pada Selasa, 10 September 2019, bertemu dengan 61 tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, para tokoh Papua menyampaikan usulan dan aspirasi mereka langsun

  • Jumat, 16 Agu 2019 20:36

    Wali Kota Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

    Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda 'Mendengar Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI ke 74 Tahun 2019', di Gedung DPRD

  • Senin, 19 Agu 2019 03:19

    Pemindahan Ibukota Percepat Pemerataan Pembangunan Nasional

    Presiden Jokowi mengakui bahwa Ibu Kota Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Kalimantan. Pengumuman resmi tentang rencana ibu kota pindah ini akan Ia sampaikan pada bulan Ag

  • Jumat, 02 Agu 2019 09:22

    Panglima TNI dan Pangab Australia Kunjungi Lanud Adi Sucipto

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia General Angus Campbell, AO, DSC mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Adi Sucipto, Yogyakarta, Kamis (1/8/2019).

  • Jumat, 02 Agu 2019 10:22

    Panglima TNI: AUSINDO HLC Refleksikan Semangat Kebersamaan TNI dan ADF

    Pelaksanaan forum Tahunan ke-7 AUSINDO HLC tahun 2019 merefleksikan semangat kebersamaan di antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Australia defense Force (ADF), serta diharapkan bahwa suasana pe

  • Kamis, 01 Agu 2019 20:01

    Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Pangab Australia

    Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia General Angus Campbell, AO, DSC di Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, Kamis (1/8/2019).

  • Kamis, 01 Agu 2019 15:31

    Presiden Jokowi Kunjungi Geosite Sipinsur dan Peternakan di Humbang Hasundutan

    Presiden RI Ir Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi

  • Kamis, 01 Agu 2019 07:51

    Panglima TNI Laksanakan Jamuan Santap Malam Dengan Pangab Australia

    Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. melaksanakan jamuan santap malam dengan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia General Angus Campbell, AO, DSC di Kasultanan Room, Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Rabu (31/7/2019).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak