Selasa, 26 Mei 2020 13:04
  • Home
  • Politik
  • Plt Wali Kota Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Medan

Plt Wali Kota Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Medan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Minggu, 10 Nov 2019 20:20
Istimewa
Sebagai wujud apresiasi dan rasa terima kasih atas upaya mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Medan, Pelaksanan tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah rumah sakit, lembaga kesehatan, yayasan serta perbankan yang telah berkontribusi pada dunia kesehatan.

Dengan demikian, upaya pemerataan kesehatan dapat terwujud dan terlaksana guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan madani.

Penghargaan tersebut diberikan Plt Wali Kota ketika memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota Medan, Minggu (10/11). Selain peringatan Hari Pahlawan, upacara juga sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang mengusung tema "Generasi Sehat Indonesia Unggul".

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Camat, Lurah dan ASN di lingkungan Pemko Medan.

Adapun institusi yang menerima tersebut diantaranya Palang Merah Indonesia (PMI), RS Stela Maris, RS Mitra Medika, PT Bank Sumut dan Yayasan Nurani.

Diharapkan Plt Wali Kota, ke depan semakin banyak pihak yang menaruh kepeduliannya terhadap dunia kesehatan lewat program-program yang langsung menyentuh ke masyarakat. 

"Momentum peringatan Hari Pahlawan sejalan dengan dedikasi seluruh komponen masyarakat dalam bidang kesehatan. Mereka menjadi pahlawan bagi orang lain karena telah berbuat dan melakukan yang terbaik dalam memberi kontribusi nyata bagi kesehatan masyarakat. Sebab, mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan menjadi tanggung jawab kita semua," kata Plt Wali Kota.

Memaknai Hari Pahlawan, Plt Wali Kota mengungkapkan bahwa momentum ini menjadi titik balik dan pengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi merebut kemerderkaan Indonesia.

Untuk itu, Plt Wali Kota berharap, hendaknya peringatan Hari Pahlawan dimaknai dengan sungguh-sungguh diantaranya dengan senantiasa berbuat kebajikan bagi sesama. "Siapapun bisa menjadi pahlawan. Hal itu dapat diwujudkan dengan senantiasa menolong orang lain, tidak menyebarkan berita bohong (hoax) yang dapat merusak kerukunan dan kedamaian bangsa serta menjadi motor penggerak membawa perubahan signifikan bagi Kota Medan termasuk dalam hal kebersihan. Terlebih kita terus concern menciptakan Medan bersih, asri dan nyaman," ungkapnya.

Mengusung tema "Aku Pahlawan Masa Kini", Plt Wali Kota juga mengajak seluruh insan khususnya para generasi muda agar dapat menjadi pahlawan masa kini lewat kemampuan dan bidangnya masing-masing. "Isilah hari-hari dengan bekerja dan bekerja. Bangkitkan semangat inovasi dan kreasi. Jadilah pahlawan masa kini," serunya.

Selanjutnya, di hadapan seluruh peserta upacara dan ASN, Plt Wali Kota kembali mengingatkan dan menghimbau agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. "Kebersihan adalah tanggung jawab kita semua. Tanamkan dan gelorakan dalam diri semangat dan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sebab, jika lingkungan bersih, saya optimis kita semua mampu mewujudkan visi misi Kota Medan menjadi kota multikultural, humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius," tambahnya.

Di sela-sela upacara, Plt Wali Kota kemudian memanggil petugas kebersihan dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (P3SU) maju ke tengah-tengah lapangan upacara. Plt kemudian mengajak peserta upacara untuk memberikan apresiasi lewat tepuk tangan sebagai bentuk penghormatan karena mereka dianggap sebagai pahlawan atas kinerjanya dalam membersihkan Kota Medan.

"Hari ini di hadapan kita semua berdiri orang-orang yang berjasa untuk menjaga dan memastikan jalan-jalan dan lingkungan kita bersih dari sampah. Tanpa mereka, kita akan resah. Namun, membantu tugas mereka juga menjadi tanggungjawab kita dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mewadahi sampah masing-masing. Bapak Ibu, kalian adalah pahlawan kebersihan. Tugas kalian adalah tugas mulia. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan meridhoi setiap pekerjaan kalian," bilangnya dengan mata yang tampak berkaca-kaca.

Sebelum meninggalkan lapangan upacara, Plt Wali Kota memberikan uang tali asih, tumbler (botol minum isi ulang) serta keranjang sebagai bentuk ucapan terima kasih dan edukasi untuk mengurangi penggunaan plastik. "Semoga kita semua dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan Kota Medan yang bestari," pungkasnya. 
Editor: Budi

T#g:KebersihanPahlawan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Mei 2020 12:55

    Petugas Dinas Kebersihan Tebing Tinggi Terima Santunan Lebaran

    Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM didampingi Sekretaris Daerah M Dmiyathi S.Sos,Mtp, Kadis Kominfo Dedi Parulian S.STP Msi Kadis Perkimsi Muhammad Hasbye Ashshiddiqi beserta para Ka

  • Rabu, 25 Mar 2020 21:25

    Personel TNI Ajari Anak-Anak Pedalaman Papua Mandi Bersih

    Personel TNI dari Kodim 1707/Merauke yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-107 mengajari anak-anak pedalaman mandi bersih.

  • Rabu, 11 Mar 2020 09:11

    Belanda Kembalikan Keris Pangeran Diponegoro, Menlu: Prosesnya Panjang

    Pengembalian Keris Pangeran Diponegoro prosesnya sudah cukup lama dan selama proses berlangsung, Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Kerajaan Belanda melakukan penelitian bersama untuk betul-betul

  • Jumat, 31 Jan 2020 16:31

    Prajurit TNI Ajarkan Pelajar di Perbatasan RI-PNG Cinta Kebersihan Lingkungan

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG

  • Senin, 13 Jan 2020 18:13

    Ajarkan Cinta Kebersihan, Satgas Yonif 411 Kostrad Ajak Siswa Perbatasan Peduli Lingkungan

    Sebagai pasukan penjaga perbatasan RI-PNG, kehadiran Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad tidak hanya menjaga keutuhan NKRI, namun juga memiliki peran sebagai agen dalam membentuk karakter pelajar yang ber

  • Rabu, 20 Nov 2019 19:40

    Plt Wali Kota Medan: Tanamkan Budaya Bersih Sejak Dini

    Menanamkan peradaban bersih bagi seluruh masyarakat Kota Medan khususnya kepada para siswa/i salah satunya dilakukan dengan cara menimbulkan budaya bersih dan menjaga kelestarian lingkungan hidup seja

  • Jumat, 15 Nov 2019 18:55

    Akhyar Ingatkan Masyarakat Kota Medan Agar Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan

    Guna mewujudkan "Medan Rumah Kita" bebas dari sampah, Pemko Medan kembali menggelar gotong royong bersama di Jalan Jermal I Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai, Jumat (15/11).Gotong royong ini juga

  • Senin, 11 Nov 2019 22:11

    Bakamla RI Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

    Seluruh personel Bakamla RI yang berdinas di Jakarta melaksanakan upacara Hari Pahlawan ke-74, dengan Inspektur Upacara Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Dwi Aris Priyono, S.T., di Lapangan A

  • Senin, 11 Nov 2019 06:41

    Bupati Labuhanbatu Bacakan Amanat Tertulis Mensos RI, Hari Pahlawan 10 November 2019

    Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT sampaikan atau bacakan amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia pada upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 di Lapangan Ikabina

  • Minggu, 10 Nov 2019 20:00

    Sekda Ajak Masyarakat Kota Medan Kobarkan Semangat Para Pahlawan

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengikuti jalannya upacara nasional dalam rangka memperingati Hari Pahwalan,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak