Selasa, 19 Mar 2019 17:48
  • Home
  • Politik
  • Peringatan Hari Pahlawan Di Rantauparapat, Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menteri Sosial RI

Peringatan Hari Pahlawan Di Rantauparapat, Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menteri Sosial RI

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 10 Nov 2018 20:10
Junaidi
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT, bertindak sebagai Inspektur dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan tahun 2018, dengan tema "Semangat Pahlawan Di Dadaku", sekaligus pembacaan amanat Menteri Sosial RI, di lapangan Ika Bina En Pabolo jalan HM Thamrin kelurahan Kota Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (10/11/18).

Dalam pembacaan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang pada peringatan hari Pahlawan tahun 2018, Plt Bupati Labuhanbatu menyampaikan. 

"Saudara sebangsa dan setanah air yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT-Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, bangsa Indonesia pada hari ini memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018.

Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Saudara sebangsa dan setanah air, prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan Cipta Secara Serantak Selama 60 Detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia.
.
Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah: 'Semangat Pahlawan Di Dadaku' mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insann tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilandi bidangnya. Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan Indonesia.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0. 

Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita."

Editor: Boraspati

T#g:hutPahlawan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Mar 2019 15:57

    Peringati Hari Jadi Pamagar Labuhanbatu, Ketua Zulkarnain Siregar Ajak Untuk Tidak Golput di Pemilu 2019

    Parsadaan Marga Siregar Kabupaten Labuhanbatu memperingati Hari jadinya yang ke-1. Kegiatan ini dilaksanakan di Sopo Godang, jalan Perisai, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten L

  • Kamis, 14 Mar 2019 01:14

    Panglima TNI: Terima Kasih Atas Dedikasi Prajurit Mengatasi Karhutla di Riau

    Perjuangan para prajurit untuk memadamkan api yang telah membakar lahan dan hutan tidaklah mudah, karena dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar."Terima kasih atas dedikasi prajurit ya

  • Rabu, 13 Mar 2019 18:43

    Tinjau Penanganan Karhutla di Riau, Kapolri dan Panglima TNI: Sudah Tidak Ada Titik Api

    Masih dalam rangkaian kunjungan kerja bersama di Pulau Sumatera, pada Rabu siang, (13/3/2019), Kapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi pasca penanganan kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat, Bengk

  • Senin, 11 Mar 2019 18:01

    Potong Tumpeng, Isi Acara HUT PTPN III (Persero) ke 23

    PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) merayakan HUT ke 23, pada hari Senin, 11 Maret 2019, di halaman Kantor Direksi Medan.

  • Selasa, 05 Mar 2019 18:35

    Komsos Babinsa Koramil 12/LP, Himbau Masyarakat Agar Tidak Membakar Lahan

    Cuaca kemarau, Babinsa Koramil 12/LP Kodim 0209/LB, Serka Darwis Siregar, melaksanakan kegiatan Komsos dengan Warga di Warung Kopi Mahmud di Desa Ujung Gading Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labusel,

  • Minggu, 03 Mar 2019 09:03

    Menko Luhut: Pemerintah Bangun Danau Toba, Masyarakat Harus Jaga

    Bank Dunia, IMF, WEF, dll mengatakan Indonesia akan masuk ke empat besar ekonomi dunia pada tahun 2030 atau 2045. "Itu zaman kalian semua", kata Luhut.

  • Sabtu, 02 Mar 2019 06:22

    Panglima TNI Sebagai Pembicara Peluncuran Buku "Komandan Siluman Merah"

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sebagai salah satu pembicara pada acara peluncuran buku Letjen TNI (Purn) Achmad Wiranatakusumah : "Komandan Siluman Merah", di Gedung Serba Guna Galer

  • Rabu, 27 Feb 2019 19:57

    Hutang Bagi Hasil Pemrov Sumut ke 33 Kab/Kota Telah Lunas

    Hutang pembagian hasil Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada 33 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara telah lunas dibayar.

  • Sabtu, 23 Feb 2019 22:23

    Panglima TNI Pantau Karhutla di Pulau Rupat

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Pangkoopsau I Marsda TNI Fadjar Prasetyo dan Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Pangli

  • Kamis, 14 Feb 2019 19:14

    Kapolrestabes Medan Rayakan Hari Pers Nasional Bersama Media Elektronik

    Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN)2019 di ruang kerjanya, Jalan H.M Said No 1 Medan, Kamis (14/2/2019).Dalam acara ini dihadiri

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak