Rabu, 23 Jan 2019 05:03
  • Home
  • Politik
  • Peringatan Hari Pahlawan Di Rantauparapat, Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menteri Sosial RI

Peringatan Hari Pahlawan Di Rantauparapat, Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menteri Sosial RI

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 10 Nov 2018 20:10
Junaidi
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT, bertindak sebagai Inspektur dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan tahun 2018, dengan tema "Semangat Pahlawan Di Dadaku", sekaligus pembacaan amanat Menteri Sosial RI, di lapangan Ika Bina En Pabolo jalan HM Thamrin kelurahan Kota Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (10/11/18).

Dalam pembacaan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang pada peringatan hari Pahlawan tahun 2018, Plt Bupati Labuhanbatu menyampaikan. 

"Saudara sebangsa dan setanah air yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT-Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, bangsa Indonesia pada hari ini memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018.

Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

Saudara sebangsa dan setanah air, prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan Cipta Secara Serantak Selama 60 Detik seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia.
.
Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah: 'Semangat Pahlawan Di Dadaku' mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insann tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara.

Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat Indonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri.

Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pegetahuan dan keterampilandi bidangnya. Sadar bahwa negerinya memiliki beragam agama, suku, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia. Bukan justru untuk memanfaatkan perbedaan demi kepentingan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan Indonesia.

Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan Negara lain khususnya ketika negeri ini memasuki era revolusi industri 4.0. 

Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita."

Editor: Boraspati

T#g:hutPahlawan
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 23 Des 2018 15:23

    Ketua Umum Dharma Pertiwi Hadiri Puncak Acara Peringatan Hari Ibu Ke-90

    Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri puncak acara Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kem

  • Kamis, 13 Des 2018 03:13

    Menelusuri Arah Utang Pemerintah Era Kepemimpinan Joko Widodo

    Selama masa pemerintahan Presiden Jokowi, rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) berada pada kisaran 30 persen atau meningkat dari 24,7 persen pada 2014. Namun, berdasarkan UU Keu

  • Jumat, 30 Nov 2018 13:00

    Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Seminar Sehari HUT GOW Ke-2

    Keberhasilan laki-laki tidak terlepas dari dorongan perempuan yang ada disampingnya, semoga GOW terus memberikan inovasi-inovasi yang baru, selanjutnya GOW harus dapat lebih baik lagi kedepannya. Insy

  • Selasa, 20 Nov 2018 05:20

    Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kota TebingTinggi

    Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan bersama unsur Forkopimda dengan inspektur upacara Dandim 0204/DS Letnan Kolonel Kav Syamsul Arifin berlangsung khidmat, Sabtu (10/11/2018), diawali dengan

  • Jumat, 16 Nov 2018 21:16

    1.000 PNS TNI Ikuti Olahraga Bersama HUT ke-47 Korpri

    Dalam rangka memeriahkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2018 mendatang, sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabes TNI, TNI A

  • Kamis, 15 Nov 2018 17:25

    HUT Pemuda Pancasila Ke 59 Di Bandar Huluan, "Tunjukkan Aksimu"

    Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemuda Pancasila ke 59, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Bandar Marsilam, Kabupaten Simalungun, akan menggelar turnamen Volly

  • Senin, 12 Nov 2018 20:12

    Pasukan Perdamaian Indobatt Upacara Hari Pahlawan di Lebanon

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) misi Pasukan Perdamaian Dunia di bawah naungan Perserikatan Bang

  • Senin, 12 Nov 2018 10:12

    Dandim 0824: Kita Mewarisi Semangat dan Nilai-nilai Perjuangan Para Pahlawan

    Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, pada Sabtu (10/11/2018), dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif dan dilaksanakan di

  • Minggu, 11 Nov 2018 17:11

    Pangdam I/BB: Bangsa Besar adalah Bangsa yang Mengingat Jasa Pahlawan

    Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah memimpin ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2018 di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan, Pada Sabtu (10/11/2018).Ziarah Na

  • Minggu, 11 Nov 2018 05:11

    Panglima TNI Upacara dan Ziarah Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D. mengikuti Upacara Hari Pahlawan dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir.H. Joko Widodo, bert

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak