Sabtu, 17 Apr 2021 12:36
  • Home
  • Politik
  • Pemko Medan Dukung Rencana Penyekatan 110 Titik Ruas Jalan Jelang Malam Takbiran

Pemko Medan Dukung Rencana Penyekatan 110 Titik Ruas Jalan Jelang Malam Takbiran

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 12 Mei 2020 16:22
Istimewa
Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Polrestabes Medan menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Malam Takbiran Perayaan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang berlangsung di Ruang Rapat Rupatama Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said Medan, Selasa (12/5/2020).

Adapun agenda rapat yakni rencana penyekatan beberapa ruas jalan di Kota Medan dan Deli Serdang guna menghindari adanya pawai atau konvoi takbiran yang kerap dilakukan masyarakat  sehingga tidak menimbulkan keramaian. 

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM hadir dalam rapat yang dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir diwakili Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji tersebut.

Diharapkan pengamanan yang nanti dilakukan dapat meminimalisir keramaian warga terlebih di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda.

Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji mengatakan perlunya kesiapsiagaan dari semua unsur untuk mempersiapkan pengamanan jelang malam takbiran. Oleh karenanya, Wakapolrestabes berharap kerjasama  yang melibatkan unsur TNI, pemuka agama terutama pemerintah.

"Kami menyadari bahwa Polri tidak bisa kerja sendiri. Tentu dibutuhkan bantuan dan dukungan dari kita semua. Mengingat, tantangan tugas kita saat ini lebih besar karena adanya wabah Covid-19. Namun, apa yang kita lakukan dasarnya adalah demi kepentingan masyarakat," kata Wakapolrestabes.

Usai rapat dibuka, Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Siregar memaparkan sejumlah rencana penyekatan jalan yang akan dilakukan.  Tercatat sebanyak 110 titik jalan yang meliputi wilayah Kota Medan dan Deli Serdang akan dilakukan penyekatan dengan total jumlah personil 770 orang. 

Dengan rincian, setiap titik penyekatan berjumlah 7 orang terdiri dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan petugas dari Dinas Kesehatan. Waktu penyekatan dimulai dari malam takbiran pukul 20.00 hingga keesokan harinya pukul 06.00 WIB.

Terkait rencana tersebut, Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Naaution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengaku Pemko Medan mendukung penuh rencana penyekatan jalan tersebut. 

Hal ini juga bilangnya, sejalan dengan penegakan Perwal No.11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan.

"Pemko Medan mendukung penuh rencana penyekatan jalan jelang malam takbiran ini. Apalagi, masyarakat sudah terbiasa mengadakan konvoi dan pawai takbiran. Namun, kondisi saat ini berbeda. Kita tengah dihadapkan dengan wabah penyakit yang tidak terlihat dan bisa menjangkit siapa dan kapan saja.

"Maka hal ini penting agar penerapan social dan physical distancing benar-benar berjalan. Tujuan kita bersama adalah menghambat penyebaran Covid-19," kata Sekda.

Selanjutnya, Sekda menekankan bahwa perlu pemahaman jelas di masyarakat agar rencana penyekatan jalan ini tidak menimbulkan persepsi yang salah. Artinya, bukan takbirannya yang dilarang, namun kegiatan konvoi dan pawainya yang dihindari untuk dilakukan.

"Kami berharap kita semua dapat menyampaikan dengan jelas maksud dari rencana penyekatan ini. Kumandang takbir bisa disuarakan melalui masjid atau dari rumah masing-masing agar tidak menimbulkan keramaian di jalan raya," jelasnya didampingi Kadis Perhubungan Iswar Lubis dan Kabag Tata Pemerintahan Ridho Nasution.

Terakhir, Sekda mengungkapkan akan melakuka  koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS terkait hal tekhnis di lapangan termasuk mempersiapkan petugas di titik penyekatan.

"Semoga upaya kita ini memberi dampak positif demi kenyamanan dan keamanan masyarakat," harapnya di hadapan jajaran Polrestabes Medan, perwakilan dari kabupaten Deli Serdang, Kodim 0201/BS, Ketua MUI Kota Medan M. Hatta dan Kakan Kemenag Kota Medan Impun Siregar yang turut di kesempatan tersebut.
Editor: Budi

T#g:pawaitakbiran
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Agu 2019 22:17

    Ribuan Peserta Antusias Ikuti Pawai Obor

    Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad NasutIon mengikuti pawai obor yang digelar dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 tah

  • Minggu, 11 Agu 2019 20:21

    Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso Hadiri Pelepasan Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 1440 H/ 2019 M

    Pawai Takbiran hari raya Idul Adha 1440 Hijriah/ 2019 Masehi, gelaran rutinitas setiap tahun yang dilaksanakan Pemerintah kabupaten Labuhanbatu, dalam rangka menyemarakkan malam hari raya Idul Adha, S

  • Minggu, 11 Agu 2019 07:41

    Ratusan Santri Aljumhuriyah Pawai Obor

    Sedikitnya 400-an santri Pondok Pesantren (Ponpes) Aljumhuriyah, Desa Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), terlibat dalam kegiatan pawai obor, pada malam takbiran Hari Raya Idul

  • Rabu, 05 Jun 2019 06:35

    Saat Malam Takbiran, Warga Rantauprapat Tewas Gantung Diri

    Diduga depresi, seorang pemuda lajang nekat bunuh diri di malam takbiran hari raya idul fitri 1440 Hijriah 2019 Masehi, di jalan Wr Supratman lingkungan Bangsal Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Ran

  • Selasa, 04 Jun 2019 22:44

    Plt Bupati Labuhanbatu Lepas Pawai Takbir Idul Fitri 1440 Hijriah 2019 Masehi

    Suara gema takbir merdu berkumandang seiring dentuman beduk dari seluruh masjid, di suasana malam Idul Fitri 1440  Hijriah tahun 2019 Masehi, di Kabupaten Labuhanbatu.Plt Bupati Labuhanbatu H.And

  • Minggu, 30 Sep 2018 21:30

    Pawai Bendera Merah Putih HUT ke-73 TNI Tiba Yogyakarta

    Pawai Bendera (Flag Relay) Merah Putih dari Sabang sampai Merauke dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI tahun 2018, tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (30/9/2018).Setibanya di Lanud Adisutji

  • Selasa, 11 Sep 2018 17:01

    Danramil 0824/17 Sumberbaru Hadiri Pawai Obor Peringati Tahun Baru Islam

    Camat Sumberbaru M Yusuf, Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno dan Kapolsek Sumberbaru AKP Subagio serta Kepala Desa Pringgowirawan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tokoh agama dan tokoh masy

  • Selasa, 21 Agu 2018 23:51

    Plt Bupati Labuhanbatu Lepas Pawai Takbiran Malam Hari Raya Idul Adha

    Momentum Idul Adha adalah untuk meningkatnya Ketaqwaan dan Keimanan kita kepada Allah SWT, sebagai wujud syukur atas kurnia yang dilimpahkan kepada kita semua, maka sepantasnya pada malam ini kita ter

  • Rabu, 22 Agu 2018 09:32

    H. Andi Suhaimi: Momentum Idul Adha, Mari Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

    Momentum Idul Adha adalah untuk meningkatnya ketaqwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT, sebagai wujud syukur atas kurnia yang dilimpahkan kepada kita semua, maka sepantasnya pada malam ini kita ter

  • Jumat, 17 Agu 2018 09:17

    Plt Bupati Lepas Ribuan Peserta Pawai Obor di Labuhanbatu

    Pelaksanaan pelepasan pawai di halaman pendopo Labuhanbatu dilanjutkan dengan pengukuhan pengerek bendera pusaka (Paskibraka) yang dilaksanakan di pendopo aula rumah Bupati Labuhanbatu, Kamis (16/8/20

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak