Jumat, 14 Mei 2021 10:59
  • Home
  • Politik
  • Pemkab Sergai Siap Dukung Gerakan Membangun Desa Menata Kota

Pemkab Sergai Siap Dukung Gerakan Membangun Desa Menata Kota

Medan (utamanews.com)
Oleh: Erick Yoma
Jumat, 09 Apr 2021 17:49
Istimewa
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) siap mendukung rencana pembangunan yang dicanangkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara yakni Membangun Desa Menata Kota.

Demikian disampaikan Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan usai menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provsu tahun 2022 bertempat di Santika Dyandra Hotel Medan, Kamis (8/4/2021).

"Pemkab Sergai juga akan melakukan langkah-langkah rencana pembangunan sesuai dengan visi misi Pemprovsu. Sergai juga sangat mendukung kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini dengan harapan pembangunan yang dilakukan di Sumatera Utara dapat bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya.

Wabup Adlin Tambunan menambahkan bahwa apa yang tercantum dalam visi misi Pemprovsu tentunya telah sesuai dengan yang diinginkan oleh Bupati dan Wabup Sergai, yaitu menjadikan Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Maju Terus ; Mandiri, Sejahtera dan Religius.


"Kita sangat mendukung Musrenbang hari ini, karena kita juga membutuhkan perubahan kearah yang lebih baik. Pembangunan infrastruktur serta penguatan ekonomi kerakyatan dan pariwisata demi menekan angka kesenjangan sosial menjadi cita-cita bersama bangsa ini," jelasnya.

Masih kata Adlin, menurutnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat harus menjadi prioritas dalam rencana pembangunan di Sergai.

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa, situasi di tengah pandemi Covid-19 yang kini melanda hampir di seluruh dunia, berdampak pada perekonomian. 

Di tahun ini, ungkapnya lagi, kita hanya bisa menggunakan dana Rp3,4 triliun dari Rp13,4 triliun untuk pembangunan. "Pendapatan itu turun dibandingkan tahun 2019-2020 karena pandemi yang terjadi. Kedepan kita harus melakukan perencanaan yang matang. Membangun desa menata kota itu menjadi visi misi kita bersama demi Sumut bermartabat," ucap Edy.


Lebih lanjut disampaikan Gubsu, banyak daerah yang harus dibenahi. 34 kabupaten/kota yang ada di Sumut tentunya memiliki potensi di masing-masing daerah yang harus dikembangkan, baik di bidang ketahanan pangan, pariwisata, UMKM serta lainnya.

"Terkait dengan pencegahan stunting juga harus menjadi perhatian Bupati/Walikota se-Sumut, sebab ini menjadi salah satu tolak ukur dalam pembangunan daerah," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan pembangunan Hamdani mengatakan bahwa sasaran pembangunan daerah tahun 2022 adalah mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan kesejahteraan.

"Kita harapkan rencana pembangunan daerah Sumut dapat mengakomodir tujuan itu dengan fokus pada pengembangan wisata Danau Toba dan sekitarnya. Tantangannya adalah pengurangan pendapatan setelah pandemi yang mempengaruhi target sasaran rencana kerja itu sendiri," ungkap Hamdani.

Hamdani menyebut, Pemprov harus memiliki rencana agar belanja modalnya ditingkatkan dan menekan porsi belanja pegawai. Salah satunya dengan pembatasan pendanaan daerah dan mendukung pendanaan nasional.


"Selanjutnya melakukan pinjaman dana bank serta menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dan kerjasama antar daerah. Hal itu juga berlaku bagi Bupati dan Walikota," ujarnya.

Sedangkan Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dalam paparannya yang dilakukan secara virtual mengatakan kita harus siap sedia keluar dari pandemi Covid yang tengah melanda. Ini sebuah tantangan mengembalikan target pertumbuhan yang kita rencanakan sebelum pandemi hadir.

"Indonesia harus mampu melakukan transformasi ekonomi dengan melepas dari ketergangungan sumber daya alam yang selama ini jadi penopang ekonomi. Salah satunya memajukan ekonomi wisatanya demi keluar dari keterpurukan ekonomi yang ada," jelasnya.

Semangat RPJMD 2019-2024 mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan kesejahteraan harus dibuat. Pemulihan ekonomi dan reformasi struktural harus dilakukan.

"Meliputi bahan pangan, pariwisata, industri, UMKM, reformasi pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya," tutupnya.

Pelaksanan Musrenbang dilakukan dengan penerapatan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir seluruh Bupati dan Walikota se-Sumut serta para stakeholder terkait.

Editor: Donini Ari Rajagukguk

T#g:Musrenbangsergai
Berita Terkait
  • Jumat, 07 Mei 2021 21:17

    Kapolres Sergai Jumat Barokah, Beri Bantuan Sembako Kepada Jemaah Masjid Baihatul Islam Firdaus

    Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH M.Hum membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid19 di halaman Masjid Baihatul Islam, Dusun XIV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (07/05/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 16:25

    Bupati Sergai Sampaikan 15 Pesan Kapolri Pada Apel Gelar Pasukan Ketupat 2021

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2021 bertempat di Lapangan Apel Mapolres Sergai di Sei Rampah, Rabu (5/5/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 01:05

    Presiden Buka Musrenbangnas Tahun 2021 Bahas RKP 2022 Fokus Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural

    Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5), diiukuti seluruh kepala daerah secara virtual.

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:44

    Bupati Sergai Lepas Tim Safari Ramadan 1442 Hijriah

    Di penghujung Ramadan 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Safari Ramadan dengan mengunjungi Masjid di 17 kecamatan se-Sergai.

  • Minggu, 02 Mei 2021 23:02

    Pemkab Sergai Ikuti Upacara Hardiknas dan Serahkan Beasiswa Pendidikan

    Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Minggu (02/05/2021), diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dengan mengikuti upacara secara virtual di Aula Sulta

  • Jumat, 30 Apr 2021 15:50

    Dandim 0204/DS Kunjungi Tugu Merah Putih Di Tanjung Beringin

    Komandan Distrik Militer (Dandim) 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara dalam safari Ramadhan 1442 H melakukan kunjungan ke Koramil 11/Tanjung Beringin, Jum'at (30/4/2021).

  • Kamis, 29 Apr 2021 15:39

    Polres Sergai Kembali Grebek Lokasi Perjudian di Sei Bamban

    Polres Serdang Bedagai (Sergai) kembali menggrebek lokasi perjudian di wilayah Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (28/4/2021) sekira pukul 18:30 WIB.

  • Sabtu, 24 Apr 2021 16:44

    3 Rumah Milik Warga Dusun VI Desa Nagur Dihantam Angin Puting Beliung

    Derasnya hujan dan kencangnya yang terjadi pada Jumat (23/4) malam sekitar pukul 21.10 Wib membuat beberapa atap rumah warga berterbangan dan berserak.

  • Jumat, 23 Apr 2021 17:23

    Warga Dusun VIII Pelintahan Datangi Lokasi Proyek PT Niagatama Kencana

    Beberapa warga Dusun VIII Pelintahan Desa Sei Rampah Kec. Sei Rampah mengadakan aksi di depan PT. Niagatama Kencana berharap agar didengarkan oleh pihak-pihak terkait, Jumat (23/04/2021) Pukul 09.30 W

  • Kamis, 22 Apr 2021 09:42

    Laksanakan Pembahasan Ranwal RPJMD Dengan Cepat, Pemkab Sergai Apresiasi DPRD

    Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Nota Kesepakatan Bersama Substansi Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD 2021 -2026 dan Laporan Reses Masa Persidan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak