Kamis, 09 Jul 2020 16:02
  • Home
  • Politik
  • Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan dan Jembatan, Edy Rahmayadi Minta Dinas Bina Marga Bentuk Pokja

Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan dan Jembatan, Edy Rahmayadi Minta Dinas Bina Marga Bentuk Pokja

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 29 Agu 2019 06:49
Istimewa
Edy Rahmayadi menerima kunjungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan.
Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan yang ada di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta Dinas Bina Marga segera membentuk kelompok kerja (Pokja) dengan melibatkan berbagai unsur. Pokja antara lain bertugas menyelesaikan berbagai permasalahan tentang pembebasan lahan.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menerima kunjugan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, di Ruang Rapat EWP Tambunan, Lantai 10, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan, Rabu (28/8). Hadir di antaranya, Kepala BBPJN II Medan Selamet Rasidy Simanjuntak, Kabid Peservasi Jalan Mula Tua Sinaga, Kasatker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah IV Zamzami, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Meinilayanti dan Kadis Bina Marga Sumut Effendi Pohan.

"Urusan pembebasan tanah itu masalah kelompok kerja yang saya yakin bisa mempercepat. Bina Marga harus segera membentuk itu, ambil dari berbagai unsur. Saya ingin cepat, lebih cepat lebih baik," ucap Edy Rahmayadi.


Mengenai pembiayaan untuk pembebasan lahan, Edy menyampaikan, hal itu harus dibahas di dalam Pokja, apakah bisa menggunakan dana APBD Pemprov Sumut. "Saya akan cari jalan keluarnya. Ikutkan dalam rapat Pokja, evaluasi pembahasan ini nantinya. Bila perlu APBD. Masalahnya boleh atau tidak," ucap Edy.

Sebelumnya, Kepala BBPJN II Medan Selamet Rasidy Simanjuntak menyampaikan ada 11 program kerja pembangunan di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deliserdang, dan Kabupaten Karo (Mebidangro) yang fasilitas pembiayaan pembangunan tersebut dari pemerintah pusat.

Sebanyak 11 program kerja tersebut di antaranya, Peleberan Jalan di Sumarsono, Pembangunan Jembatan Parit Busuk di Cemara, Pelebaran Jalan Simpang Gobi, Pelebaran Jalan Pinang Baris, Pembangunan Fly Over Gatot Subroto, Pembangunan Fly Over Simpang Kayu Besar, Pelebaran Jalan Lingkar Luar Selatan Medan, Pembangunan Jalan Lingkar Barat dan Lingkar Barat 1, serta pembangunan Lingkar Pantai Utara.

Namun menurut Selamet, terdapat permasalahan perihal pembebasan tanah yang masih belum terselesaikan. Pemerintah pusat menginginkan sharing dari pemerintah daerah untuk membebaskan lahan. "Kami melapor pada Pak Gubernur, bagaimana cara mengatasinya, karena Jakarta pada umumnya mau menyediakan dana fisik, tapi untuk pembebasan lahan menginginkan sharing dari daerah," ucap Selamet.

Permasalahan pembebasan lahan itu diantaranya yakni Pelebaran Jalan dan Pembangunan Jembatan Parit Busuk di Cemara Medan. Pihak BBPJN II Medan mengkhawatirkan bila lelang pembangunan ini tetap dilaksanakan akan menghalangi pengerjaan nantinya.

"Kami sudah mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan parit busuk yang arah terusan ke Cemara. Di sana pembebasan tanah masih belum clear, jadi kami takut nanti kalau lelang mendahului di bulan Oktober atau bulan November, kalau belum terbebas kami terhalang untuk bekerja," katanya.

Editor: Budi

T#g:Cemaraganti rugiInfrastruktursungai
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Sabtu, 27 Jun 2020 16:27

    Prajurit TNI Satgas Yonif 754 Ajari Anak Pedalaman Papua Cara Mandi Bersih

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Yonif 754/ENK/20/3 mengajari anak pedalaman Papua menjaga kebersihan diri dengan cara mandi bersih. Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak selalu terb

  • Sabtu, 27 Jun 2020 07:47

    Diduga Akibat Pemasangan Tiang Pancang Jalan Tol, Rumah Warga Sei Bamban Retak

    Warga Dusun X Desa Bakaran Batu kecamatan Sei Bamban kabupaten Serdang Bedagai, Bangun Butar-butar, 55 tahun, menuturkan kepada awak media ini bahwa banyak rumah warga yang retak akibat pengerjaan pro

  • Rabu, 17 Jun 2020 20:47

    Untuk Kenyamanan Masyarakat, Satgas 754 Kostrad Bantu Perbaiki Jalan

    Dalam menciptakan kenyamanan pada setiap aktivitas masyarakat, Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 754/ENK/20/3 Kostrad perbaiki jalan papan yang rapuh dan rusak di kampung Senggo Distrik C

  • Jumat, 05 Jun 2020 12:55

    1000 Lubang di Jalan Perintis Kemerdekaan Dusun IV Hamparan Perak "Siap Makan Korban'

    Hampir sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan Dusun IV, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang mengalami kerusakan serta dipenuhi lubang besar yang menganga 'siap makan korban," selain me

  • Kamis, 04 Jun 2020 13:04

    Akibat Pandemi Covid-19, Perbaikan Jalan Pancing dan Martubung Tertunda

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan bahwa proses perbaikan Jalan Pancing dan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan akan mulai dikerjakan tahun depan.

  • Senin, 01 Jun 2020 08:01

    Progres PSN Rusun Pasar Jumat Sudah 88,12%

    Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan infrastruktur perumahan yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

  • Senin, 18 Mei 2020 16:18

    Rakyat kesal, jalan sepanjang 3 Kilometer di Hamparan Perak kupak kapik

    Masyarakat Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang merindukan adanya perbaikan infrastruktur jalan dari pemerintah.

  • Minggu, 03 Mei 2020 22:43

    Ini Alasan Masyarakat Menolak Normalisasi Di Sungai Aek kanopan

    Muhammad Irwan (38), warga Sukarame Baru merasa keberatan jika normalisasi sungai Kualuh masih juga dilaksanakan pada titik perbatasan mengarah ke hulu sungai Aek Kanopan. Hal ini disebutkannya sewakt

  • Jumat, 01 Mei 2020 13:01

    Baru beberapa bulan siap dikerjakan, jalan rabat beton di Parmeraan- Nabonggal sudah rusak

    Jalan rabat beton yang dikerjakan oleh PT. OGM dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Anggaran 2019, tampak sudah rusak.

  • Minggu, 26 Apr 2020 12:36

    Sungai Aek Natas meluap, Lalulintas di Jalan Lintas Sumatera sempat terputus

    Bupati Labuhanbatu Utara H. Khairuddin Syah, SE bersama Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK., MH bersama Dandim 0209/LB Letkol. Inf. Santoso terjun langsung ke lokasi banjir tahunan di jalan L

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak