Selasa, 28 Sep 2021 21:00
  • Home
  • Politik
  • Pelaku UMKM Penyedia Makan dan Minum Di Lingkungan Pemko Medan

Pelaku UMKM Penyedia Makan dan Minum Di Lingkungan Pemko Medan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Kamis, 09 Sep 2021 22:09
Istimewa
Guna memberdayakan dan membantu pelaku UMKM sektor kuliner dapat berkembang di tengah pandemi covid-19, Pemko Medan menjalin kerjasama dengan para pelaku UMKM sektor kuliner dalam pengadaan makan dan minum di lingkungan Pemko Medan.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kontrak payung katalog elektronik lokal Kota Medan dalam pengadaan makan dan minuman di tahun 2021 antara Pemko Medan dengan para pelaku UMKM di sektor kuliner, Kamis (9/9/2021).

Penandatangan yang dilakukan di Kantor Wali Kota Medan ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution beserta para pimpinan OPD dan Camat sekota Medan.

Adapun pelaku UMKM yang melakukan penandatanganan kontrak payung tersebut diantaranya ialah Rumah Kue PWS, Dapur Reuni, RM. Dinda, Aneka Kue Tasya, Rumah Kue Fachri, Danau Siombak Catering, RM. Tisya, dan Mayang D'Litle Box.

Dalam sambutannya, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan pandemi covid-19 yang sampai sekarang masih melanda kota Medan memberikan dampak yang cukup besar baik dari segi kesehatan, ekonomi dan sosial.

Dari sisi ekonomi sendiri, Bobby Nasution memandang para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini. Artinya ialah para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan digitalisasi.

Di sisi lain Pemko Medan juga memiliki peran dalam membantu pelaku UMKM agar dapat bertahan dan berkembang ditengah situasi saat ini. Untuk itulah anggaran yang dimiliki Pemko Medan harus dimanfaatkan untuk membantu pelaku UMKM dengan cara menggunakan produk dari UMKM untuk makan dan minum di seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan.

"Untuk mewujudkanya Pemko Medan menggunakan katalog elektronik lokal Kota Medan dalam penyediaan makan dan minum di Pemko Medan, oleh karena itu pelaku UMKM dapat mendaftarkan produknya ke e-katalog Kota Medan sehingga produk tersebut dapat kami beli," kata Bobby Nasution.

Bagi para pelaku UMKM yang telah mendaftarkan produknya ke dalam e-katalog, Bobby Nasution menyebutkan Pemko Medan juga akan memberikan bantuan modal sebesar Rp2.5 juta.

"Dalam kondisi saat ini kami ingin terus membantu pelaku UMKM, kami akan memberikan bantuan modal sebesar Rp2.5 juta bagi para pelaku UMKM yang telah terverifikasi dan masuk ke system e-katalog Kota Medan," sebutnya.

Bobby Nasution juga mengingatkan kepada OPD terkait agar membantu pelaku UMKM agar dapat terdaftar ke e-katalog.

"Bagi OPD saya berpesan agar membantu pelaku UMKM kita untuk melengkapi persyaratan agar dapat masuk ke e-katalog kita," pesan Bobby Nasution.

Sebelumnya Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Topan OP Ginting menyampaikan bahwa Pemko Medan berinisiatif untuk melakukan penguatan dan modernisasi UMKM diantaranya melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan UMKM bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan, serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya. UMKM harus dapat masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan lokal, dimana salah satunya adalah pencantuman etalase, kategori dan atribut produk makanan dan minuman kedalam katalog elektronik lokal Kota Medan.

"Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Medan telah melaksanakan proses pemilihan penyedia katalog elektronik lokal dengan berpedoman pada Perpres 12/2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Peraturan LKPP No 9/2021 tentang Toko Daring dan Katalog Elektronik dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah," ungkap Topan.

Terkait dengan katalog elektronik lokal Kota Medan, Topan menjelaskan, produk yang diusulkan untuk dicantumkan terdiri dari makanan dan minuman seperti prasmanan, nasi kotak, nasi bungkus, makanan dan minuman "coffe break", buah keranjang diwrapping, kue kotak, kue tampah, aneka jus, aneka makanan sarapan pagi (dibungkus), aneka mie dan jajanan pasar.

"Keseluruhan produk tersebut merupakan kebutuhan rutin untuk penyediaan makanan dan minuman untuk kegiatan perayaan hari besar, serta jamuan makan yang berada di OPD pada unit kerja Pemko Medan. Kepada para pelaku UMKM yang ingin masuk kedalam katalog elektronik tersebut, kami masih membuka pendaftaran hingga tanggal 31 Desember 2021," jelasnya.
Editor: Budi

T#g:pemko medanUMKM
Berita Terkait
  • Jumat, 24 Sep 2021 07:24

    Ruko Diduga Menyalahi Aturan Menjamur di Kota Medan

    Lagi-lagi ruko yang diduga tanpa memiliki SIMB berdiri dan merajalela dikawasan Kota Medan. Dalam hal ini, Instansi terkait juga disinyalir memberi lampu hijau alias main mata dengan para pengembang,

  • Kamis, 23 Sep 2021 22:53

    Walikota Buka FGD Pemasaran Produk UMKM Secara Digital

    Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. membuka FGD (Forum Group Discussion) pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) secara digital dan Peluncuran Laku Pandai Simpana

  • Senin, 20 Sep 2021 05:20

    Bobby Nasution Perhatikan Pemberdayaan Masyarakat

    Kerja keras terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam.menangani pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi. Keduanya harus diselaraskan ibarat gas dan rem, dimana formulasi dan langkah penceg

  • Jumat, 10 Sep 2021 10:10

    Menko Perekonomian Salurkan KUR  untuk Pemulihan Ekonomi Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (K

  • Rabu, 08 Sep 2021 16:58

    Pemko Binjai Gelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

    Mewakili Walikota Binjai, Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Jonner Lumbantoruan, membuka kegiatan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku usaha UMKM yang dilaksana

  • Rabu, 25 Agu 2021 15:55

    Temui Walikota Binjai, Grab & Gojek Tawarkan Bantuan Untuk Pemberdayaan UMKM

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah, menerima audiensi dari PT Grab Indonesia Regional Sumatera dan PT Gojek Indonesia Regional Sumatera di Ruang Rapat Walikota Binjai, Jalan Jendral Sudirman No.6, Rabu

  • Selasa, 24 Agu 2021 19:34

    Pelaku Usaha Harus Bisa Beradaptasi dengan Kondisi Pandemi Covid-19

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, pelaku usaha harus bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19."Aktivitas perekonomian yang diinginkan masyarakat saat ini adalah yang aman dari penyeb

  • Rabu, 18 Agu 2021 12:08

    Momen Dirgahayu ke-76 RI, Bobby Nasution Luncurkan Mobil Vaksinasi Keliling

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menjadi inspektur upacara peringatan Dirgahayu ke-76 RI di Stadion Teladan, Selasa (17/8/2021) pagi."Dengan momen hari kemerdekaan ini saatnya kita akhiri

  • Jumat, 13 Agu 2021 20:33

    PPKM diperpanjang, pedagang kuliner di Medan 'menjerit'

    Para pedagang kuliner di Mega Park Medan merasa kesulitan mempertahankan usahanya, dampak PPKM yang terus diperpanjang. Bukan hanya pedagang, Andi Cristop Simanjuntak, dari Forum Pedagang Kuliner

  • Jumat, 13 Agu 2021 20:13

    Bobby Nasution Ambil Sumpah dan Janji 197 ASN Pemko Medan

    Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengambil sumpah dan janji 197 ASN Pemko Medan secara hibrid (luring dan daring), Jumat (13/8/2021). Mereka yang diambil sumpah ini merupakan CPNS pengangkatan 2019 yan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak