Sabtu, 17 Apr 2021 12:50
  • Home
  • Politik
  • Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana : Tindakan Tegas TNI Terhadap Separatis Papua Sesuai Peraturan dan UU

Pakar Hukum Internasional Hikmahanto Juwana : Tindakan Tegas TNI Terhadap Separatis Papua Sesuai Peraturan dan UU

Jakarta Timur (utamanews.com)
Oleh: Tony
Jumat, 05 Mar 2021 17:25
Puspen TNI
Prof Hikmahanto Juwana
Dalam mempertahankan kedaulatan Negara dan keutuhan wilayah, tindakan tegas TNI terhadap separatis Papua telah sesuai dan didukung peraturan dan undang-undang, sehingga tidak perlu ragu untuk bertindak di lapangan.

Demikian disampaikan Prof. Hikmahanto Juwana, S.H, LL,M, Ph.D selaku Keynote Speakers dalam webinar bertajuk "Peran Militer Mengatasi Gerakan Separatis Bersenjata dalam Konflik Bersenjata Internal Menurut Hukum Humaniter" yang berlangsung di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Jakarta Timur, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, TNI sebagai alat pertahanan negara dalam menghadapi separatis tidak hanya dapat menggunakan UU TNI namun juga dapat menggunakan UU Terorisme, karena kelompok separatis tidak hanya menyasar personel TNI dan Polri saja namun juga rakyat sipil dan sarana publik lainnya. "Tidak boleh ada keraguan karena sudah didukung sesuai peraturan dan UU," kata Hikmahanto.


Selanjutnya Pakar Hukum dan Guru Besar Hukum Internasional di Universitas Indonesia itu mengatakan terkait tindakan tegas yang diambil akan menimbulkan resiko kemungkinan menghadapi ekpose nasional dan internasional, dihadapkan pada isu HAM. "Para institusi atau lembaga pendukung NKRI tidak perlu takut akan kritikan-kritikan dari luar terutama jika kritikan tersebut datangnya dari kelompok separatis," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Prof. Dr. FX. Adji Samekto, S.H., M.Hum sebagai pembicara pada webinar tersebut. Dikatakannya secara historis gerakan separatis Papua ingin melepaskan diri dari kedaulatan Indonesia, sehingga langkah menghadirkan TNI sebagai penegak kedaulatan negara dalam penyelesaian di Papua sudah tepat, karena merupakan hasil analisa atas fakta dan niat dari permasalahan serta telah disepakati secara bersama antara eksekutif dan legislatif.

"Langkah tepat lainnya yang dilakukan untuk penyelesaiannya melalui pendekatan Otsus di Papua," pungkas Adji Samekto. 
Editor: Tessa

T#g:KKB
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Apr 2021 16:36

    Biadab, Seorang Pelajar Tewas Dibunuh KKB di Papua

    Aksi biadab Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi, kali ini KKB menembak mati seorang pelajar SMA, Ali Mom (16 tahun) di kampung Wuloni Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (15/4

  • Kamis, 15 Apr 2021 07:15

    Sadis, KKB Kembali Tembak Warga Sipil di Papua

    Setelah minggu lalu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membunuh 2 orang guru, kali ini KKB kembali melakukan aksi biadabnya dengan menembak seorang tukang ojek bernama Udin (suku Bugis) di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kab. Puncak, Papua, Rabu (14/3).

  • Selasa, 13 Apr 2021 18:23

    Wagub Klemen Tinal: Pelaku Penembakan Guru di Papua, Biadab

    Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, S.E., M.M. mengaku kesal terhadap para pelaku penembakan dua orang guru di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.Bahkan, Wagub Klemen menegaskan b

  • Senin, 12 Apr 2021 21:02

    Tidak Hanya Ancam Dunia Pendidikan, KKB Teror Dunia Penerbangan Di Papua

    Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter mil

  • Minggu, 11 Apr 2021 20:11

    Front Bersenjata OPM (KKB) Teror Dunia Pendidikan, Tidak Ingin Masyarakat Papua Maju

    Aksi teror kembali dilakukan oleh KKB dan kali ini sasarannya adalah dunia pendidikan. Selain membunuh guru sebagai ujung tombak pendidikan, KKB juga menculik Kepala Sekolah, membakar sekolah dan ruma

  • Sabtu, 10 Apr 2021 17:10

    KKB Teror Kembali Dunia Pendidikan, 1 Guru Kembali Tewas Ditembak

    Teror terhadap dunia pendidikan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan membunuh guru di Distrik Beoga Kabupaten Puncak, terus berlanjut. Setelah membunuh Oktavianus Rayo yang ditembak saat be

  • Jumat, 09 Apr 2021 20:49

    Setelah Bunuh Guru, Kebiadaban KKB Berlanjut Dengan Bakar Gedung Sekolah

    Kebiadaban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Beoga Kabupaten Puncak pada hari Kamis (8/4/2021), tidak hanya menghilangkan nyawa dari seorang tenaga pendidik atau guru bernama Oktovianus Rayo (43).

  • Selasa, 06 Apr 2021 15:26

    Mantan OPM Pernah Usulkan KKB Sebagai Teroris

    Nick Messet, mantan pejuang Organisasi Papua Merdeka (OPM) pernah mengusulkan supaya KKB ditetapkan sebagai kelompok teroris karena pergerakannya membahayakan masyarakat sipil. Masyarakat Papua pada u

  • Jumat, 02 Apr 2021 21:12

    Pendataan Keluarga Serentak Nasional di Kota Binjai Dimulai Dari H Amir Hamzah

    Plt Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, mengawali pencanangan pendataan Keluarga Serentak Nasional di Kota Binjai oleh petugas dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Binjai.

  • Jumat, 02 Apr 2021 10:32

    Bupati Sergai Terima Petugas Pendataan Kependudukan 2021 BKKBN

    Program Pendataan Keluarga tahun 2021 yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kabupaten Sergai mulai dilaksanakan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak