Senin, 19 Apr 2021 10:46
  • Home
  • Politik
  • Moeldoko pastikan lokasi tapak rumah dan lahan petani Simalingkar dan Mencirim yang pernah jalan kaki ke Istana

Moeldoko pastikan lokasi tapak rumah dan lahan petani Simalingkar dan Mencirim yang pernah jalan kaki ke Istana

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dian
Sabtu, 06 Mar 2021 22:36
Facebook/ Sulaeman Sembiring
Moeldoko bersama masyarakat petani yang sempat demo jalan kaki ke Istana beberapa waktu lalu, Sabtu (6/3).
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menemui perwakilan para petani Simalingkar- Mencirim di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (6/3/2021), untuk mengecek persoalan tanah yang sempat didemo oleh para petani ini di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Dikutip dari detikcom, pertemuan dengan perwakilan petani Simalingkar dan Mencirim. Kemudian juga pihak dari Kanwil BPN Sumut, BPN Deli Serdang, serta pihak direksi PTPN ini berlangsung di Kenanga Garden, Jalan Jamin Ginting, Kecamatan, Medan Tuntungan.

"Ya ini persoalan yang sudah sangat lama ya, dan ini pada saat teman-teman jalan kaki ke Jakarta dan diterima oleh Presiden. Presiden memerintahkan KSP untuk membereskan ini. Dan kita buat surat keputusan melibatkan seluruh pihak yang berkaitan dengan ini, termasuk juga daerah ya. Kita empat kali rapat, alhamdulillah sudah menemukan rumusan yang konkret. Pada siang hari ini saya datang untuk mengecek," kata Moeldoko kepada wartawan seusai pertemuan di lokasi.


Moeldoko mengatakan pemerintah sudah bicara mengenai keluhan-keluhan petani. Moeldoko juga memastikan pemerintah sudah menyiapkan langkah konkret untuk petani, yakni memberikan lahan usaha untuk petani.

"Yang kedua, saya ingin memastikan bahwa tapak untuk rumah yang 150 meter untuk 707 itu di mana tempatnya. Tadi sudah disampaikan, disposisinya, di mana lokasinya, dan saya harapkan nanti agar ada peninjauan oleh PTP, masyarakat, dan BPN. Saya harapkan secepatnya untuk bisa segera mendapat sertifikat," sebut Moeldoko.

"Yang ketiga, penentuan tempat usaha mereka. Para petani ini diberi lahan usaha masing-masing 2.500 meter, ini nanti PTP juga akan menunjukkan inilah lokasi bersama. Nanti untuk apa mereka bertanam itu tergantung kesepakatan mereka," lanjutnya.

Dalam kunjungannya, dia menegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan setiap keluhan masyarakat, termasuk para petani. Dia juga berharap bantuan lahan ini bisa menjadi solusi masalah bagi petani di Medan.


Sementara itu, perwakilan petani Simalingkar-Sei Mencirim, Aris Wiyono, mengatakan pertemuan pada hari ini adalah tindak lanjut dari aksi jalan kali dari Medan ke Jakarta. Saat itu, para petani melakukan aksi di depan Istana Negara.

"Pertemuan pada hari ini prinsipnya adalah tindak lanjut dari pada hasil perjuangan kawan-kawan Simalingkar dan Sei Mencirim yang jalan kaki dari Medan ke Jakarta. Sebagai tindak lanjut, Pak Moeldoko sendiri selaku ketua tim pengarah dari pusat, untuk kemudian meng-cross-check langsung sudah sejauh mana tahapan yang berjalan dan memastikan agar petani segera bercocok tanam sehingga secara ekonomi mereka pada saat COVID ini terselesaikan," sebut Aris.

"Dan yang pasti dan penting adalah, Pak Moeldoko selaku tim pengarah dari pada penyelesaian konflik atas dasar perintah Pak Presiden meminta agar PTPN II, Kakanwil BPN Sumut, dan semua jajaran untuk minggu depan ini menyelesaikan semuanya termasuk menunjuk lahan pertaniannya dan petani segara bisa bertani di dalamnya," ujar Aris.

Aris berharap program bantuan lahan pertanian yang dijanjikan pemerintah segera terealisasi, sehingga para petani bisa langsung bercocok tanam.

"Ya tadi sudah disampaikan di dalam rapat Selasa itu sudah penunjukan lokasi pertanian. Artinya, setelah ditunjukkan, ya sudah bisa segera bercocok tanam," sebut Aris.

Editor: Budi

T#g:KSPMoeldokoEks HGU
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Apr 2021 14:29

    Pemkab Deli Serdang Segel Diskotik SG

    Setelah akan didemo oleh Aliansi Aksi Penyelamat Umat dan Generasi Bangsa yang berasal dari 3 Kabupaten Kota (Langkat, Binjai dan Deli Serdang) akhirnya, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan pe

  • Senin, 05 Apr 2021 22:05

    Diskusi Kesiapan PON XX 2021, Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Kerja Deputi V KSP RI

    Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. menerima kunjungan kerja Deputi V Kepala Staf Presiden RI Ibu Djaleswari Pramodhawardani dan rombongan, bertempat di Ruang Cyclops Makodam XVI/Cenderawasih, Senin (05/04/2021).

  • Rabu, 31 Mar 2021 21:31

    Gubernur Edy Rahmayadi Buka Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria di JW Marriott Hotel

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan persoalan tanah di daerah ini segera selesai. Karena, selain untuk pastian hukum, hal tersebut juga berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.H

  • Rabu, 31 Mar 2021 13:41

    Pengesahan Pengurus Partai Demokrat Kubu Moeldoko, Ditolak

    Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menko Polhukam Mahfud MD dan Menkumham Yasonna Laoly menegaskan menolak mengesahkan kepengurusan Partai Demokrat hasil KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara.Hal it

  • Jumat, 26 Mar 2021 10:26

    Gubsu Edy Buka Forum OPD Bidang Industri dan Perdagangan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menekankan pentingnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pembangunan. Karena itu, SDM menurutnya, merupakan salah satu penentu majunya sebuah bangsa

  • Senin, 08 Mar 2021 09:58

    Marzuki: Hari Ini, Demokrat Versi KLB Sibolangit Daftar ke Kemenkumham

    Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat versi KLB Sibolangit, Marzuki Alie menyampaikan rencananya, akan mendaftarkan kepengurusannya ke Kementerian Hukum dan HAM pada Senin hari ini, 8 Maret 2021."Senin

  • Jumat, 05 Mar 2021 18:15

    KLB Demokrat Tetapkan Moeldoko Jadi Ketum!

    Perhelatan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum terpilih. Hal ini berdasarkan voting yang dilakukan dalam KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

  • Sabtu, 27 Feb 2021 13:47

    Pemerintah Siap Perjuangkan Nikel Indonesia Lawan Gugatan Uni Eropa

    Pemerintah Indonesia siap memperjuangkan dan melakukan upaya pembelaan terhadap gugatan Uni Eropa (UE) atas sengketa kebijakan terkait bahan mentah (DS 592).

  • Kamis, 25 Feb 2021 13:25

    KPK Dukung Polri Bongkar Mafia Tanah di Indonesia

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan mendukung Polri membongkar kasus mafia tanah di Indonesia."KPK tentu sangat memberikan dukungan untuk penyelesaian masalah pertanahan," kata Ketua KP

  • Sabtu, 13 Feb 2021 15:53

    Wagub Musa Rajekshah Lepas Ekspor Perdana melalui Pelabuhan Sibolga

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah melepas ekspor barang perdana melalui Pelabuhan Kota Sibolga milik PT Pelindo 1, Sabtu (13/2). Barang perdana yang diekspor adalah komoditi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak