Senin, 19 Apr 2021 01:21
  • Home
  • Politik
  • Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lantik Muh Aris Marfai Jadi Kepala BIG, Ini 4 Pesan Khusus Untuknya

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lantik Muh Aris Marfai Jadi Kepala BIG, Ini 4 Pesan Khusus Untuknya

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Dito
Rabu, 27 Jan 2021 16:27
Istimewa
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menekankan pentingnya peran Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam mendukung program pemerintah. Hal itu disampaikan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah kepala BIG yang baru, Prof. Dr.rer.nat Muh Aris Marfai, M.Sc, pada Rabu (27/1) pagi.

"BIG adalah lembaga yang sangat strategis dalam mendukung program-program pemerintah. Produk utama BIG berupa informasi geospasial sangat dinantikan keberadaannya, tidak hanya oleh Kementerian/Lembaga, dan Pemda namun juga oleh dunia usaha dan masyarakat, informasi yang dibutuhkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan, namun juga oleh dunia usaha dan masyarakat," ujar Menteri Suharso.

Dalam sambutannya, Menteri Suharso menyampaikan empat pesan untuk kepala BIG baru. Pertama, percepatan peta dasar skala besar baik wilayah darat, laut maupun wilayah pantai menjadi prioritas utama yang tidak bisa ditawar-tawar lagi keberadaannya, termasuk infrastruktur dasar pendukungnya seperti jaring kontrol geodesi, CORS, stasiun pasang surut laut. Jadi selain mencari terobosan sumber anggaran, metodologi dan SDM yang kompatibel dengan ICT, otomasi harus terus di-upgrade.


Kedua, implementasi Satu Data Indonesia dan Kebijakan Satu Peta memerlukan upaya nyata. Hal ini sering dipesankan oleh Bapak Presiden dalam beberapa kesempatan Ratas. Peranan BIG sebagai Pembina Informasi Geospasial Tematik, diharapkan betul perannya sehingga integrasi seluruh peta tematik yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's) dapat terselesaikan pada waktunya. Untuk itu, Rakor tentang kebutuhan IGT perlu dilakukan sehingga tidak ada yang terlewat, atau redundant.

Ketiga, pelayanan kepada daerah dalam hal percepatan penyusunan rencana tata ruang, dan pembinaan berbagai pemanfaatan IG oleh Kementerian/Lembaga, seperti mitigasi bencana, rekonstruksi dan rehabilitasi, dan lain sebagainya juga menjadi tugas BIG yang diamanahkan dalam UU No. 4 Tahun 2011 tentang IG dan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Ini perlu dipercepat dengan menggunakan metode yang tepat. Misalnya, dalam masa COVID-19 konsultasi peta untuk tata ruang, kesepakatan batas wilayah desa/kelurahan bisa dilakukan dengan metode daring dan lainnya.

Keempat, pemenuhan kebutuhan SDM bidang geospasial yang mencukupi, terobosan iptek, standar yang lengkap merupakan aspek infrastruktur yang juga menjadi perhatian untuk meningkatkan pelayanan IG oleh BIG dengan struktur organisasi yang optimal. 

Menutup sambutannya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan harapannya kepada Kepala BIG baru. "Semoga Allah SWT memberikan bimbingan pada setiap langkah yang dilakukan, sehingga harapan kita melalui karya-karya BIG yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, Indonesia dapat semakin maju dan berdaya saing tinggi di dunia internasional," pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:BIGDataSuharso Monoarfa
Berita Terkait
  • Rabu, 31 Mar 2021 00:31

    Tingkatkan Akurasi Data, Dinas PPPA Sumut Gelar Pelatihan Sistem Informasi Online

    Akurasi data sangat penting dalam penanganan dan pencegahan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Ketidakakuratan data dapat menyulitkan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan terkait tinda

  • Kamis, 11 Mar 2021 13:11

    Transformasi Ekonomi, Menteri PPN dan Gubernur Papua Bahas Pengembangan 2 Bandara

    Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menerima audiensi dari Gubernur Papua Barat pada, Rabu 10 Maret 2021. Audiensi tersebut membahas Kebijakan dan Strategi Pembangunan Wilayah Provinsi Papua Bara

  • Jumat, 13 Nov 2020 20:23

    DPC PPP Kota Binjai Dukung Suharso Monoarfa di Muktamar IX di Makassar

    Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) direncanakan akan digelar di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 18 hingga 21 Desember mendatang.Beberapa nama kandidat Calon Ketua Um

  • Rabu, 30 Okt 2019 17:50

    Pemprov Sumut Komitmen Implementasikan Satu Data Indonesia

    Data dan informasi yang akurat sangat penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) kembali menegaskan komitmennya untuk mengimplementasikan program Satu

  • Sabtu, 30 Nov 2013 07:59

    Jusuf Kalla salah tentang pencairan dana Century

    "Pernyataan Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden, soal kejanggalan dalam penyaluran dana bailout Bank Century besar kemungkinan tidak akurat. Dua bukti yang kami peroleh mementahkan pernyataan tersebut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak